vps murah

Home / Satwa Liar

Selasa, 28 Februari 2012 - 10:38 WIB

Anaconda Ular Raksasa di Dunia

Fakta Tentang Anaconda
American Anaconda. Siapa yang tidak tahu Anaconda? Raksasa ular yang kadang-kadang datang dalam mimpi buruk di tengah malam.

Anaconda adalah salah satu ular raksasa terbesar di dunia, dari jenis Eunectus Boas Nonvenomous. Juga dikenal sebagai boa air, yaitu ular raksasa yang pemakan daging, hidup di daerah rawa tropis yang hangat di daerah Amerika Selatan. Ular ini menghabiskan banyak waktu di perairan dangkal, mereka bersembunyi di dalam air agar tidak terlihat oleh mangsanya.

Mereka lahir antara 20 sampai 40 ekor ular bayi yang dilahirkan dalam satu waktu. Spesimen terbesar yang pernah diukur adalah 25 meter panjangnya dan berat £ 550. Laporan lainnya, hewan ini memiliki panjang 35-40 meter, namun laporan ini belum bisa diverifikasi, karena tidak ada spesimen untuk ukuran ini seperti yang telah dimasukkan ke dalam museum.

Spesies yang paling  terkenal adalah anaconda hijau, Eunectes murinus, terkenal sebagai salah satu ular terbesar di dunia. Anacondas Hijau dapat tumbuh lebih dari 5,21 m panjang dan berat 97,5 kg. Mereka ditemukan daerah Andes di Kolombia timur, Venezuela, Guianas, Ekuador, Peru, Bolivia, Brasil, dan di kepulauan Trinidad.

Anaconda lainnya adalah anaconda kuning, Eunectes Notaeus, yaitu spesies yang lebih kecil yang ditemukan di Bolivia timur, selatan Brasil, Paraguay dan Argentina timur laut. Dan anaconda gelap, Eunectes deschauenseei, ini adalah spesies langka yang telah ditemukan di Brasil timur laut dan pesisir Guyana, Perancis.

READ  Rubah Arktik (Alopex lagopus)

Anaconda Bolivia, Eunectes Beniensis, ditemukan pada tahun 2002 di dataran banjir provinsi Pando, Bolivia. Ini adalah spesies anaconda pertama kali yang diidentifikasi sejak tahun 1936 dan menjadi satu-satunya jenis yang pertama kali diketahui dari keempat jenis reptil itu.

Mangsa dan Berburu
Anaconda adalah karnivora, pemakan daging. Keempat spesies ini adalah jenis ular air yang memangsa hewan air lainnya, diantaranya ikan, unggas sungai, babi, rusa, caiman (sejenis buaya), burung, binatang pengerat seperti capybara dan agouti, serta hewan-hewan lainnya. Beberapa anaconda terkadang memangsa hewan ternak seperti kambing dan kuda yang berani mendekat ke air.

Mereka sebagian besar berburu di malam hari, mereka aktif di malam hari. Anacondas membunuh dengan membelit dan meremas mangsanya hingga tidak bisa lagi bernapas. Kadang-kadang mereka membuat mangsanya tenggelam dalam air.

Seperti semua ular lainnya, mereka menelan seluruh mangsa, mulai dari kepala hingga ekor. Rahang anaconda bagian atas dan bawah melekat satu sama lain dengan ligamen melar, yang memungkinkan ular ini mampu menelan binatang yang lebih besar dari dirinya sendiri. Ular tidak mengunyah makanan, tetapi mereka mencernanya dengan asam II yang sangat kuat yang ada di dalam perut ular itu.

READ  Paus Pembunuh (Orcinus Orca)

Setelah memangsa binatang besar, anaconda tidak membutuhkan makanan untuk waktu yang lama dan istirahat selama berminggu-minggu. Anak-anak anaconda yang masih muda yang disebut Neonatus dapat merawat diri mereka sendiri segera setelah lahir, termasuk berburu tetapi tidak berdaya melawan pemangsa besar. Mereka hanya makan tikus kecil, bayi burung, katak dan ikan kecil.

Sementara, pertemuan antara orang-orang dengan anacondas bisa berbahaya, mereka tidak berburu manusia, tetapi mereka mampu menelan seorang manusia hidup-hidup. Namun demikian, ancaman dari anaconda yang memangsa manusia adalah hanya cerita di komik, film dan cerita-cerita yang biasanya menceritakan petualangan liar di hutan Amazon.

Anaconda sangat menonjol dalam cerita rakyat Amerika Selatan, yang mana mereka kadang-kadang digambarkan dalam mitos sebagai makhluk yang dapat berubah bentuk yang disebut Encantados. Masyarakat setempat dan beberapa penjelajah dari Eropa telah mempopulerkan bahwa anacondas merupakan ular raksasa legendaris yang memiliki proporsi jauh lebih besar daripada spesimen yang sebenarnya. Anaconda telah mendapat gelar sebagai ular raksasa terbesar di dunia.

Share :

Baca Juga

Satwa Liar

Marbled Cat, Kucing Hutan Asia Sumatera Kalimantan

Satwa Liar

Gajah Afrika Mamalia Darat Terbesar di Dunia

Satwa Liar

Elang Membunuh Rusa Tertangkap Kamera di Rusia

Satwa Liar

Aardvark Binatang Pemakan Rayap

Satwa Liar

Unta Bactrian, Hewan Tangguh di Gurun Asia Timur

Satwa Liar

Ular Harimau Dengan Bisa Beracun Paling Mematikan

Satwa Liar

Fakta Tentang Buaya Amerika

Satwa Liar

Cheetah Hewan Pelari Tercepat di Dunia