Alasan Masuk Akal Mengapa Handuk Tak Boleh Digunakan Bersama

Handuk menjadi salah satu benda yang sangat penting dalam menjaga kebersihan tubuh kita setelah sehabis mandi ataupun sehabis berolahraga yang mengeluarkan keringat begitu banyak. Akan tetapi, jika kita lihat di sisi lain, ternyata handuk juga menjadi sumber bakteri, jamur, dan lain sebagainya.

Kuman-kuman yang menempel pada handuk ini kebanyakan kuman yang berasal dari toilet, dan tumbuh menjadi berkali-kali lipat saat handuk berada pada kondisi yang lembab dan kondisi hangat.

Kita direkomendasikan atau disarankan untuk bisa mencuci handuk setelah sudah 3 kali digunakan untuk menghindari terjadinya infeksi dari adanya kuman yang berasal dari kamar mandi tersebut. Yang perlu diperhatikan, di saat handuk mengeluarkan bau yang tak sedap, inilah tanda-tanda utama jika mikroba sedang berkembang, dan harus untuk segera dicuci.

Sulit bagi kita untuk mengungkap mikroba itu adalah mikroba yang berbahaya ataupun tidak. Akan tetapi, sebagian besar mikroba yang terdapat di dalam rumah, rata-rata tidak berbahaya, namun tetap, perlu diwaspadai untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Akan tetapi, beda halnya dengan mereka yang berbagi handuk satu sama lain. Resiko bahaya tentu menjadi jauh lebih besar dan menakutkan. Hal ini karena, jika berbagi handuk, tentu handuk tersebut akan melakukan kontak dengan organisme yang tidak biasa dihadapi oleh tubuh.

Organisme tersebut meliputi seperti staphylococcus aureus, yang bisa menyebabkan terjadinya, bisul, jerawat hingga menyebabkan infeksi.

Handuk menjadi rumah yang apik bagi tumbuhnya koloni bakteri hingga jamur karena memiliki bahan-bahan yang sangat digemari oleh mikroba. Seperti diantaranya, air, kehangatan, dan masih banyak lagi yang lain yang disukai oleh mikroba.

Tidak hanya handuk yang menjadi sarang bakteri, tubuh manusia juga tempat yang sangat bagus untuk bisa dihidupi oleh mikroba.

Perlu diperhatikan, saat handuk digunakan untuk mengeringkan tubuh, maka mikroba yang ada di permukaan kulit tersebut akan berkumpul menjadi satu di permukaan handuk yang masih basah dan hangat tersebut.

Jadi, jangan sesekali menggunakan handuk secara bersama-sama, apabila Anda tidak ingin terserang beberapa bakteri atau jamur nantinya di tubuh Anda.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.