vps murah

Home / Kesehatan

Selasa, 15 Februari 2022 - 06:13 WIB

Aktivitas Anak di Masa Pandemik

Di masa pandemik ini, kasus karena Covid-19 yang naik turun dan tidak kunjung selesai, banyak menghantui para orang tua, mau berlibur takut kena Covid, mau berenang dengan anak takut kena Covid, mau nonton takut kena Covid, bahkan mau pulang ke rumah orang tua juga berpikir takut kena Covid. Aku sebagai ibu dari si mungil cantik berusia 1 tahun 2 bulan dan sebagai istri di negeri orang yang jauh dari keluarga, suami bekerja, sempat baby blue, rindu masakan kampung halaman dan berderet masalah di rumah tangga, aku dituntut untuk mau tidak mau beradaptasi dengan keadaan. Jangan biarkan rasa takut karena Covid ini terus menghantui kehidupanku, jadi di kesempatan ini aku ingin berbagi tips tentang aktivitas untuk anak yang dapat moms dan dads lakukan di rumah. Selamat membaca dan semoga bermanfaat! 

  1. Scavenger Hunt / Mencari jejak

Aku dapat ide ini dari salah satu blogger sekaligus kepala akademik di salah satu lembaga belajar terkenal di Depok, mencari jejak ini dapat dilakukan di dalam ruangan loh..Selain merangsang kemampuan fisik anak permainan ini juga menambah kemampuan anak dalam bersosialisasi dan bekerja sama dalam tim. Aku juga sudah mulai melakukan permainan ini ke anakku dengan sekedar menyembunyikan dot atau botol susunya dan it Works! Si mungil tertawa senang dan sangat aktif lari kesana kesini, jika dia berhasil menemukan dot nya aku beri dia buah atau snack kesukaannya.

  1. Yoga
READ  Ilmuwan Membongkar Misteri Penyakit Celiac

Yoga telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk anak-anak. Tidak hanya itu latihan Yoga berguna untuk membangun kekuatan, meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan daya tahan otot. 

Selain itu , yoga juga bisa meningkatkan harga diri yang positif pada diri si mungil, bagaimana bisa?

Beberapa pose yoga yang dilengkapi dengan serangkaian instruksi dan frase sederhana yang mungkin ingin moms dan dads sampaikan kepada si mungil saat mereka melakukan setiap pose tersebut. Beri apresiasi kepada si mungil bila mereka bisa menirukan pose yoga yang moms dan dads ajarkan. Pendekatan melalui yoga ini juga dapat membantu membangun harga diri anak.

Mengapa yoga baik untuk kesehatan?

Yoga meningkatkan relaksasi, pernapasan yang teratur, dan fleksibilitas.  Tetapi moms dan dads tetap harus berhati hati dalam mengajarkan pose yoga ini yah, kenali karakter si mungil dan terapkan pose yoga yang sesuai dengan pribadi si mungil, moms dan dads juga dapat melihat contoh pose yoga di twinkl, selamat mencoba! 

  1. Resep Sensorik untuk Indra Pendengaran

Nah aktivitas kali ini sudah aku lakukan untuk si mungil, dan bisa dilakukan juga untuk anak berusia 1-2 tahun yah moms dan dads!

Resep sensorik yang dapat dimakan ini dirancang untuk mengeksplorasi indera pendengaran, biarkan si mungil menjelajah dengan tangan mereka ke makanan yang aman untuk dimakan, selamat mencoba!

Resep Sensorik yang Dapat Dimakan

Bahan yang disiapkan : 

Nasi rebus yang dimasak – didinginkan

Sereal nasi krispi

Susu atau air

Nampan besar

Cara:

  1. Sebarkan nasi yang sudah didinginkan di satu sisi nampan.
  2. Sebarkan sereal beras renyah di sisi lain nampan.
  3. Saat bayi mulai bermain di nampan, tuangkan sedikit susu atau air ke atasnya ke nasi di setiap sisi nampan.
  4. Mulai bermain! Biarkan si mungil mengeksplorasi suara kontras dari berbagai jenis nasi, nasi rebus yang tenang dan sereal nasi yang berisik.
READ  Tidur Nyenyak Memperbaiki Kerusakan Kulit Lebih Cepat

Resep ini digunakan segera setelah dimasak, bukan untuk disimpan dan digunakan kembali. Jika moms dan dads mempersiapkan kegiatan ini untuk beberapa anak, mom dan dads mungkin ingin mengatur baki / nampan untuk masing-masing anak agar tidak saling terkontaminasi. 

Nah itu beberapa aktivitas yang bisa moms dan dads lakukan di rumah di masa pandemik ini, semoga bermanfaat dan Selamat tahun baru 2022!

NOTE: Artikel ini ditulis oleh pengguna blog Juragan Cipir, namun akunnya terhapus karena terjadi kesalahan teknis. Jika anda yang menulis artikel ini, mohon infokan kepada admin melalui form kontak agar akun anda segera diperbaruii. Terima kasih atas partisipasinya.

Share :

Baca Juga

Kesehatan

Jagalah Kesehatan Saat Lebaran

Jejualan

Obat Penghilang Bulu Permanen ( YOFUME )

Kesehatan

Mengapa Makan Buah Itu Penting?

Kesehatan

7 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Kulit Alami

Kesehatan

Sifat/Karakter Anak BerGolongan Darah A, B, AB, dan O

Insurance

Apa itu BPJS Kesehatan

Kesehatan

Minum 5 Cangkir Teh Memotong 1/3 Resiko Kanker Prostat

Kesehatan

Pentol Korek – Obat Kulit Bengkak akibat Gigitan Serangga