vps murah

Home / Gadget / Teknologi

Senin, 10 Januari 2022 - 11:00 WIB

Absensi Online Atau Finger Print, Mana Lebih Baik Diantaranya?

Pencatatan kehadiran merupakan salah satu kegiatan yang tak asing lagi bagi parakaryawan. Umumnya sebuah perusahaan menggunakan mesin finger print. Namun,ada juga perusahaan yang kini sudah beralih ke aplikasi absensi online android.

Sebenarnya, mana yang lebih baik antara keduanya?

Ikuti pembahasan mengenai perbandingan absensi online dan finger print berikut ini!

Biaya

Setiap mesin tentu memiliki biaya maintenance atau perawatan. Begitu juga dengan mesin finger print yang membutuhkan pemeliharaan berkala apalagi jika mesin tersebut mengalami kerusakan.

Di sisi lain, aplikasi absensi online tidak membutuhkan biaya pemeliharaan atau perbaikan. Karena aplikasi dipasang pada ponsel pintar milik masing-masing karyawan.Namun, perusahaan harus mengeluarkan biaya berlangganan jika perusahaanmenggunakan jasa vendor pihak ketiga untuk mengembangkan aplikasi tersebut.

Integrasi

Aspek berikutnya adalah mengenai integrasi. Pada mesin absensi finger print, data kehadiran bisa langsung di tarik ke spreadsheet namun data tersebut tidak bisa dihubungkan atau integrasikan langsung ke sistem penggajian.

READ  Mengenal Refill Rekondisi Remanufactured & Compatibel Toner Cartridge Printer

Lain halnya dengan aplikasi absensi online. Data kehadiran yang masuk melalui aplikasi absensi online akan tersimpan langsung di database, di mana HRD dapat mengintegrasikannya dengan sistem penggajian jika dibutuhkan. Sehingga HRD tidak perlu melakukan input manual ketika penggajian bulanan tiba.

Otomatisasi

Rekap data kehadiran merupakan salah satu kegiatan yang terlihat sederhana.Faktanya, HRD menghabiskan waktu cukup lama dalam tugas yang satu ini. Data dari spreadsheet harus diolah kembali menjadi laporan yang siap digunakan oleh user untuk berbagai macam keperluan.Sementara itu aplikasi absensi dapat membantu HRD untuk membuat laporan

kehadiran secara otomatis. Semua berkat dukungan otomatisasi sistem dan database berbasis cloud. HRD pun bisa menyesuaikan tampilan pada laporan tersebut sesuai kebutuhan.

Akses

Sepertinya sudah terlihat jelas bahwa ketika perusahaan menggunakan mesin absensi finger print, karyawan harus berada di kantor untuk mencatatkan kehadiran.Keterbatasan ini cukup mengganggu bagi perusahaan yang sering mengirimkankaryawan mereka untuk perjalanan dinas atau pun menerapkan sistem kerja remote.

READ  Solusi Ponsel Android dan Blackberry Mati Tanpa Sebab

Untungnya aplikasi absensi online jauh lebih mudah diakses. Karyawan dapat mencatatkan kehadiran mereka di mana saja melalui ponsel pintar. Oleh karena itu, aplikasi kehadiran ini cocok untuk perusahaan dengan budaya kerja yang fleksibel dan dinamis seperti startup.

Dari penjelasan di atas, sebenarnya mana yang lebih baik? Semua kembali kepada kebutuhan dan kondisi dari tiap perusahaan. Jika perusahaan Anda masih berskala kecil dan tidak terlalu sering melakukan perjalanan dinas, maka tidak ada salahnya bertahan dengan mesin finger print.

Sebaliknya jika perusahaan Anda merupakan perusahaan yang cukup dinamis dan mulai berkembang dan mempunyai banyak karyawan, mulai mencoba menggunakan aplikasi absensi online android patut dicoba. Karena keunggulan dari aplikasi ini sangat mendukung kebutuhan perusahaan yang mulai berkembang dan beradaptasi dengan teknologi.

Share :

Baca Juga

Gadget

Solusi Ponsel Android dan Blackberry Mati Tanpa Sebab

Gadget

Tempat Baru User Xperia Indonesia

Gadget

Kodak Released Smart Phone 2015 to Begin Smartphone Business

Google Doodles

Kapan Ulang Tahun Google? Hari Ini Ulang Tahun Google ke-17

Gadget

BlackBerry Rio Z20 Launched in Early 2015

Jejualan

Service AC Jakarta Selatan

Gadget

Pengguna Android Seluruh Dunia Mencapai 1,4 Miliar Orang

Gadget

Samsung Meluncurkan 2 Produk Notebook Awal Tahun 2015