ABRASI ADALAH

Gambar Abrasi, Foto: radar-sulbar.com

Abrasi (abrasion) adalah pengikisan. Munurut kamus besar, abrasi berdasarkan geologi misalnya pengikisan batuan oleh air, es atau angin yang mengandung dan mengankut bahan hancuran. Sedangkan abrasi berdasarkan kedokteran misalnya pengikisan kulit oleh benda kasar (lecet, jejas), pengikisan lendir rahim untuk membersihkan rahim, pengikisan gigi (aus) akibat pemakaian pasta gigi yang bersifat abrasif atau karena sikat gigi yang kasar, dan sebagainya.

Dalam pengertian umum, abrasi adalah pengikisan pinggiran daratan (pantai) oleh terjangan air laut (ombak). Abrasi ini merupakan penyempitan daratan oleh air laut. Abrasi biasanya disebabkan oleh alam, walaupun bisa juga disebabkan oleh manusia.

Abrasi yang disebabkan oleh alam misalnya, naiknya permukaan air laut (pasang) akibat gaya tarik bulan atau mencairnya gunung es, hembusan angin kencang yang menyebabkan ombak, bencana alam, dan sebagainya. Abrasi merupakan erosi laut.

Sedangkan abrasi yang disebabkan oleh manusia misalnya kegiatan yang dilakukan manusia di sekitar pantai, seperti penggunaan alat-alat berat atau pembangunan proyek di sekitar pantai tanpa memperhatikan keseimbangan lingkungan, pengerukan material yang berada di dasar laut, dan sebagainya.

Untuk mencegah abrasi biasanya dilakukan penanaman hutan mangrove (hutan bakau) di sepanjang pantai, membuat tanggul pengaman berupa tumpukan batu atau tembok penahan di sepanjang pantai, dan sebagainya.

Terkadang manusia melakukan pengurugan tanah di sekitar pantai untuk pembangunan sarana-sarana kebutuhan manusia dan sekaligus melawan abrasi. Tetapi hal ini bisa menimbulkan masalah jika dilakukan di daerah perbatasan antar negara karena mengakibatkan berubahnya wilayah teritorial laut.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.