8 Tips Sukses Bisnis Online Shop di Instagram

Eksistensi Instagram sebagai platform media sosial kian merambat ke lahan bisnis bagi banyak pelaku usaha. Hal itulah yang membuat banyak orang mencari informasi terkait sukses bisnis online shop di Instagram.

Lantaran ada banyak usaha online shop Instagram yang mendulang keuntungan berlimpah. Semua orang memanfaatkan platform Instagram untuk mengenalkan usahanya kepada khalayak umum secara mudah.

Akan tetapi, semakin berkembangnya Instagram sebagai media bisnis membuat kamu harus menerapkan strategi jitu. Ya! Strategi untuk sukses bisnis online shop di Instagram secara nyata dan langsung.

Bagaimana Cara Sukses Bisnis Online Shop di Instagram?

tips sukses bisnis online shop di instagram

Bagi kamu yang memiliki toko fisik kini bisa memanfaatkan Instagram sebagai toko onlinenya. Sebelum itu terealisasi, kamu perlu memperhatikan beberapa tips sukses bisnis online shop Instagram sebagai berikut.

1. Buatlah Profil Bisnis Online Shop Instagram Menarik

Tips dan cara sukses bisnis online shop di Instagram pertama kamu harus membuat profil bisnis yang menarik. Alasannya karena setiap orang yang membuka toko online shop kamu akan melihat profil akunnya terlebih dahulu.

Barulah pengunjung toko online tersebut akan menentukan apakah memfollow toko online tersebut atau tidak. Oleh sebab itu, buatlah profil akun Instagram yang terlihat menarik dan profesional.

Kamu bisa memasang logo toko online sebagai foto profil. Selain itu, tuliskan deskripsi secara jelas dan tepat dan pastikan bagian link terisi. Bertujuan agar pengunjung mudah melihat informasi lengkap mengenai toko online tersebut.

2. Unggah Foto Secara Konsisten

Tidak hanya membuat profil yang menarik saja, tetapi kamu juga perlu merealisasikan tips dan cara sukses online shop di Instagram dengan mengunggah foto secara konsisten.

READ  Kelemahan Berjualan di Media Sosial Yang Bisa Dijadikan Peluang Oleh Seorang Blogger

Dengan mengunggah foto secara konsisten akan membuat calon pelanggan tidak ragu apakah toko tersebut aktif atau tidak. Oleh sebab itu, kamu harus mengunggah foto produk secara konsisten.

Dan tuliskan informasi produk lengkap pada caption fotonya. Gunakan foto yang memiliki daya tarik pelanggan ingin membeli produk tersebut. Intinya jangan asal mengunggah foto.

3. Buatlah Caption yang Menarik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pada unggahan foto tuliskan caption yang menarik. Caption menarik harus memuat informasi detail produk serta tuliskan dengan pesona sasaran target.

Sebagai contoh target konsumen produk tersebut perempuan, maka kamu bisa membangun persona feminim dengan bahasa yang santai. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa teknik penulisan.

Teknik penulisan seperti story telling untuk kamu yang menggunakan konsep bercerita ataupun teknik lainnya. Kamu bisa mempelajari berbagai teknik penulisan dari toko online brand-brand ternama.

4. Cari Follower Sesuai Target Bisnis Online Shop

Tidak hanya dari segi tampilan akun toko online saja, tetapi untuk sukses bisnis online shop di Instagram juga membutuhkan followers. Hal itu merupakan cara terbaik agar produk yang kamu tawarkan mendapatkan pembeli secara langsung.

cara sukses bisnis online shop via instagram

Sebagai contoh jika kamu menjual produk baju wanita, kamu bisa memfollow terlebih dahulu beberapa brand baju wanita yang sudah ada. Sekaligus carilah follower yang memiliki usia produktif berkisar antara 18 hingga 45 tahun.

Jika kamu sudah menerapkan hal tersebut secara secara signifikan. Jangan heran jika akun Instagram kamu akan mendapatkan follower banyak.

5. Memanfaatkan Fungsi Hashtag

Mindset bisnis online harus mampu memanfaatkan semua peluang yang ada. Salah satunya hastag. Kebanyakan orang akan mencari produk dengan menggunakan hastag.

Karena hastag berfungsi untuk memudahkan konsumen mencari produk sesuai dengan target konsumennya. Dengan begitu, kamu perlu memanfaatkan hashtag yang paling sering masyarakat gunakan.

Akan tetapi, kamu jangan memakai banyak hastag sekaligus karena bisa membuat postingan terdeteksi sebagai spam. Gunakan hastag dengan komposisi 3-5.

3 untuk hastag yang tidak terlalu banyak orang cari dan 2 hastag banyak orang cari. Jangan lupa untuk memastikan bahwa setiap hastag yang kamu gunakan berkaitan dengan produk yang kamu miliki.

READ  Manfaatkan digibank KTA Untuk Investasi Rumah Anda

6. Adakan Event Potongan Harga

Tips sukses bisnis online di Instagram selanjutnya dengan mengadakan event potongan harga. Tentunya untuk menarik banyak pelanggan pertama kamu bisa mencoba cara tersebut.

Targetkan konsumen tertentu untuk mendapatkan banyak kepercayaan. Karena kebanyakan konsumen tidak akan melakukan pembelian produk jika belum mengetahui kualitas produknya.

Maka dari itu, kamu bisa mengambil solusi dengan cara mengadakan event potongan harga. Baru setelah pembeli mengetahui kualitas dan mempunyai kepercayaan, kamu bisa mengadakan event tersebut.

7. Buat Postingan Lain yang Menarik

Tips dan cara sukses bisnis online shop di Insgratam yang tidak bisa kamu lewatkan yaitu membuat postingan lain yang menarik. Kamu bisa memposting hal-hal aktual yang menarik minat pembeli.

Kamu juga bisa mengambil quote dari tokoh-tokoh terkenal, menceritakan pengalaman orang yang sukses ataupun konten lainnya yang berhubungan dengan produk. Selain itu, kamu juga bisa membuat konten sesuai dengan target konsumen.

Sebagai contoh jika kamu menjual produk pakaian, maka bisa unggah konten yang berhubungan dengan tips trik, cara merawat dan lain sebagainya. Tentunya cara seperti itu bermanfaat untuk membangun personal branding toko online tersebut.

Menyusun strategi pembuatan bisnis online shop melalui komposisi 3/2. Artinya membuat 3 postingan di luar penjualan dan 2 postingan terkait produk untuk setiap harinya. Atau komposisi yang tepat sesuai dengan rencana masing-masing.

8. Manfaatkan Fitur Promotion

Tips terakhir yang bisa kamu realisasikan yaitu dengan memanfaatkan fitur promotion. Kamu bisa menggunakan tips ini jika memiliki dana yang lebih.

Fitur ini berguna untuk membuat postingan produk kamu berada pada timeline akun lain. Bahkan time akun yang bukan followers toko online kamu.

Itulah informasi mengenai tips dan cara sukses bisnis online shop di Instagram. Gunakan beberapa tips tersebut bahkan semua tips untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal.

Informasi ini terkait dengan:

  • Sukses online shop,
  • Mindset bisnis online,
  • Bagaimana cara sukses bisnis online shop,
  • Menyusun strategi pembuatan bisnis online shop,
Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *