8 Rekomendasi Bisnis Jasa Online Tanpa Modal

Kamu ingin memulai bisnis tapi tidak ingin berjualan barang? Tenang saja karena bisnis jasa online bisa jadi solusinya. Jasa yang kita maksud di sini adalah kemampuan yang harus kamu tawarkan kepada mereka yang membutuhkan.

Misalnya saja kamu membuka bisnis jasa pembayaran online di pada orang-orang yang memanfaatkan kendaraan umum seperti kapal, pesawat, dan lainnya.

bisnis jasa online tanpa modal

Bisnis jasa online ini ada banyak macamnya, bahkan ada yang tanpa modal karena memang modalnya berasal dari kemampuan orang tersebut. Hal yang harus kita perhatikan sebelum membuka bisnis jasa online adalah melihat apakah potensinya di pasaran itu ada atau tidak. Hal ini agar hasil yang kita dapat bisa maksimal.

Bisnis jasa online

Saat ini bisnis jasa online jadi pilihan sebagian orang karena hasil yang mereka dapat juga cukup besar. Apalagi pekerjaan ini tidak mengharuskan datang ke kantor alias dapat melakukannya di mana saja. Simak ulasan lengkapnya di sini!

1. Social media specialist

Social media specialist merupakan salah satu bisnis jasa online andalan generasi sekarang. Hal ini karena basis yang mereka gunakan adalah sosial media yang jadi makanan sehari-hari mereka. Berbeda dengan admin yang tugasnya terkait pembuatan dan posting konten, seorang social media specialist harus mampu mengelola dan menghadirkan pengunjung setiap harinya.

Selain membuat konten, tugas sosmed specialist juga melakukan riset dan optimalisasi platform yang dia gunakan. Mereka harus mampu mengeluarkan ide-ide baru sehingga followers tertarik pada konten yang mereka buat. Apabila kamu tertarik, profesi ini terbuka untuk semua background pendidikan dan terpenting adaptif terhadap tren sosmed.

2. Content writing, bisnis jasa tanpa modal

Selanjutnya adalah content writing, bisnis online ini cocok buat kamu yang punya kemampuan merangkai kalimat dengan baik. Tugas seorang content writer tidak hanya menulis, mereka harus melakukan riset agar mendapat topik tulisan menarik. Tidak berhenti sampai di situ, karena tulisan harus SEO friendly atau mudah tampil di mesin pencarian.

READ  Cara Menemukan Artikel Yang Membahas Adsense Super Komplit

bisnis jasa online modal kecil

Mungkin kamu berpikir lalu apa bedanya dengan bisnis jasa ketik online? Tentu berbeda karena tugas content writer tidak hanya sekadar mengetik saja. Kamu perlu portofolio yang terdiri dari hasil tulisanmu sebelum menjadi content writer professional. Hal ini karena portofolio merupakan jalan pertama apakah klien akan menggunakan jasamu atau tidak.

3. Graphic desain

Sesuai namanya, graphic desain bertugas mengilustrasikan informasi yang dari klien. Ilustrasi di sini tidak hanya gambar saja tapi juga berupa tulisan dengan karakteristik tertentu. Tentu saja seorang graphic desain harus memiliki kemampuan seni dan dan penggunaan teknologi.

Beberapa jasa yang mereka tawarkan seperti logo, company profile, poster, hingga desain kemasan. Siapapun bisa menjadi seorang graphic desain, karena yang penting mereka punya kemampuan dalam memvisualisasikan objek dengan baik.

4. Copywriting

Sama-sama berada di bidang kepenulisan, lalu apa bedanya content writing dengan copywriting? Kalau content writing berkaitan dengan kepenulisan konten yang biasanya cukup panjang, copywriting berkaitan dengan kepenulisan iklan. Tujuan dari copywriting sendiri adalah menyusun kalimat simple untuk menarik minat pembeli.

Kalau kamu melihat iklan-iklan singkat di media online atau cetak, itu merupakan hasil karya copywriter. Di tengah maraknya produk-produk baru, jasa seorang copywriter ini banyak orang yang membutuhkannya. Maka tak heran bila keuntungan bisnis online jasa ini cukup menjanjikan. Apalagi jika kamu bisa mendapatkan klien dari luar negeri, mereka cenderung fleksibel untuk nego gaji.

5. Translator, bisnis jasa tanpa modal

Walaupun akses pada mesin penerjemah seperti Google Translate cukup mudah, tapi jasa seorang translator tetap banyak yang membutuhkan. Apalagi jika ingin menerjemahkan dokumen dengan isi yang sangat banyak seperti novel, jurnal ilmiah, dan dokumen resmi negara lainnya. Jika menggunakan Google Translate akan lebih ribet dan rawan kesalahan, maka di sinilah jasa translator dibutuhkan.

Bahkan di multinational company masih banyak yang menggunakan jasa translator untuk berkomunikasi satu sama lain. Maka dari itu peluang seorang translator tidak hanya terbatas pada menerjemahkan dokumen saja, tapi juga bertanggung jawab terhadap keasliannya. Ini bisa jadi kesempatan bagus buat kamu yang punya kemampuan di bidang bahasa.

6. Jasa mentoring

Sejak pandemi di mana orang-orang terbatas melakukan apapun menjadikan mereka makin kreatif. Seperti mereka membuka jasa mentoring online sesuai bidang yang mereka miliki. Misalnya seorang ingin belajar public speaking dan kamu punya kemampuan public speaking yang bagus, kamu bisa menggunakan kemampuanmu untuk mentoring dengan orang tersebut.

READ  Perusahaan Jasa Freight Forwarding Memudahkan Para Pengiriman Produk ke Konsumen

Sederhananya mentoring ini seperti tutor yang mengajarkan ilmu baru untuk mereka yang membutuhkan. untuk basisnya sendiri sebenarnya bebas, dapat melakukan secara online maupun offline. Namun, mengingat fleksibelitas antara kedua pihak maka pilihan mentoring online dirasa lebih tepat. Kalau kamu ingin menjadi mentor tinggal sesuaikan saja dengan keahlianmu masing-masing.

7. Konsultan SEO, bisnis jasa online tanpa modal

Mesin pencarian seperto Google hanya menampilkan artikel yang SEO friendly saja. Artinya tulisan tersebut mampu terdeteksi karena mengandung kata kunci yang banyak orang mencarinya. Kalau kamu ahli di bidang SEO, coba buka usaha konsultan SEO bagi orang-orang yang masih awam.

biisnis jasa online untung besar

Tugas dari konsultan SEO adalah memberikan nasihat dan melatih penulis menggunakan teknik-teknik sehingga mampu memahami SEO. Peluang karir konsultan SEO cukup menjanjikan karena kedepannya masih banyak orang membutuhkannya, mengingat dunia teknologi juga semakin berkembang.

8. Influencer

Kamu pasti sering mendengar istilah influencer bukan? Influencer merupakan orang yang memiliki pengaruh baik di dunia maya maupun nyata. Biasanya influencer ini berkaitan dengan media sosial, jadi mereka memiliki masa yang nanti akan jadi konsumen kontennya. Pengaruh influencer ini cukup besar, mereka mampu membuat sesuatu yang tampak biasa jadi hal viral.

Kalau kamu ingin menjadi influencer, kamu tidak perlu followers berjuta-juta. Followers ribuan yang setia dengan kamu lebih menjanjikan karena mereka sesuai dengan segmentasi pasarmu. Penghasilan yang influencer peroleh bisa berasal dari kerjasama brand, adsense, hingga undangan sebagai speaker di event tertentu.

Demikian rekomendasi bisnis jasa tanpa modal yang dapat kamu coba. Cukup sesuaikan dengan kemampuan kamu lalu tentukan apakah pasar membutuhkan hal itu atau tidak. Lakukan eksekusi dengan baik agar kamu mendapat keuntungan bisnis online jasa ini dengan maksimal. Tertarik untuk mencoba yang mana?

Artikel ini berkaitan dengan:

  • Bisnis jasa ketik online
  • Bisnis jasa pembayaran online
  • Keuntungan bisnis online jasa
  • Bisnis jasa online tanpa modal
Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *