7 Cara Praktis Membuat Blog Baru Untuk Pemula

Blog merupakan salah satu media untuk menyuarakan pendapat, opini dan berbagai informasi lainnya. Hampir semua situs-situs bisnis baik kecil maupun besar menggunakan blog untuk menyampaikan informasi kepada audiens. Jika menjalankan sebuah bisnis, Anda juga harus mempertimbangkan untuk menjalankan blog sebagai saluran untuk mendistribusikan konten.

Tips praktis membuat blog baru untuk pemula

Sebuah riset yang dilakukan oleh Hubspot melaporkan pentingnya blogging untuk bisnis. Menurut riset tersebut, 57% perusahaan yang menjalankan blog melaporkan memperoleh pelanggan dari blog mereka.

Dalam studi yang sama, sebuah survei terhadap marketer mengungkapkan bahwa 81% bisnis mengatakan bahwa blog bisnis mereka sangat membantu untuk perkembangan bisnis mereka.

Apakah blogging sepadan dengan usaha dan waktu yang digunakan?

Jawaban singkatnya adalah YA!

Blogging adalah cara yang relatif mudah dan murah untuk meningkatkan marketing, mengarahkan pengguna internet ke situs bisnis Anda, dan menarik lebih banyak pelanggan yang perspektif.

Lihat 15 Important Stats About Blogging and Content Marketing [Infographic]

Namun untuk mengelola blog secara teratur mungkin terdengar seperti sebuah komitmen yang menakutkan.

Jangan khawatir! Berikut adalah 5 cara mudah yang akan membuat blog Anda meluncur dalam sekejap.

1. Pilih Topik Yang Sudah Anda Kuasai

Dari pada melakukan riset dan menulis tentang topik yang tidak Anda kuasai, lebih baik fokus pada keahlian profesional Anda. Coba pikir begini: Jika Anda seorang peternak, mungkin Anda lebih mengetahui tentang mengembalakan ternak dari pada orang yang sehari-hari menjelajah di internet. Hal ini akan lebih mudah bagi Anda untu menulis tentang topik itu daripada menulis tentang katakanlah “Musik Blues”. Sebenarnya kegiatan rutin yang terkait dengan pekerjaan Anda kemungkinan menarik dan berharga bagi orang yang mencari informasi lebih lanjut tentang subjek tersebut.

2. Wawancara Ahli

Bisa jadi suatu saat Anda harus menyampaikan informasi atau topik yang tidak Anda kuasai. Bila hal ini terjadi Anda harus kreatif. Jika bekerja di perusahaan besar, Anda memiliki akses ke orang-orang dengan pengalaman profesional dan pengetahuan khusus yang beragam. Jadi carilah rekan kerja yang bidang keahliannya sesuai dengan kebutuhan Anda,mintalah wawancara 15 menit, dan catatlah dengan baik. Percayalah, pertemuan tatap muka lebih cepat dan lebih menarik daripada mengirim email. Jika Anda tidak bekerja untuk perusahaan besar carilah celah di jaringan Anda. Mungkin ada pelanggan, mitra, vendor, atau bahkan teman yang bisa Anda wawancarai atau pelajari.

3. Baca Blog Lain

Jika menurut Anda fase awal ini menyita terlalu banyak waktu, mengapa tidak singgah ke blog tetangga dan melihat apa yang ditulis oleh teman Anda? Anda akan melihat bagaimana cara terbaik meraih pembaca. Menelaah karya penulis lain dapat membuka wawasan baru dan menimbulkan gagasan yang dapat Anda gunakan untuk membuat blog dengan cara yang unik. Luangkan beberapa menit setiap hari untuk melihat apa yang ada di luar sana dan catat beberapa hal penting tentang masalah yang ingin Anda atasi. Dengan begitu, Anda akan selalu poin penting kapan waktunya untuk menulis artikel.

4. Jangan Terlalu Banyak Pertimbangan

Duduk saja lalu letakkan jari Anda ke keyboard, dan tulis. Biarkan ide mengalir secara alami tanpa memberi tekanan terlalu banyak pada hasil akhir. Cobalah untuk mengatasi berbagai gangguan dan biarkan Anda tenggelam dalam tulisan Anda.

5. Konsisten

Konsistensi merupakan salah satu hal terpenting yang diabaikan oleh banyak blogger. Jauh lebih mudah kehilangan traffic daripada membangunnya, jadi pastikan blog Anda konsisten. Mempertahankan jadwal blogging yang konsisten adalah penting dan harus menjadi bagian dari strategi marketing online Anda.

6. Pahami Audiens Anda

Memahami audiens Anda lebih baik daripada mereka mengerti diri mereka sendirinya. Pada awalnya memang membutuhkan banyak riset dan biasanya Anda akan menjadi rujukan mereka untuk bertanya.

7. Cintai pembaca yang ada

Cintai pembaca yang sudah Anda peroleh. Banyak blogger cukup terobsesi untuk menemukan pembaca baru – sampai-sampai mereka mengabaikan yang sudah adai. Coba cari pembaca baru tapi habiskan waktu setiap hari untuk menunjukkan kepada pembaca Anda saat ini bahwa Anda menghargai mereka juga dan jangan kaget mereka akan sangat membantu untuk mengembangkan blog Anda.

Demikian 7 cara mudah membangun blog untuk pemula yang dapat saya tulis kali ini. Tentu tulisan ini masih banyak sekali kekurangannya. Untuk selanjutnya silakan Anda yang menambahkan.

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.