6 Tahap Membuat Website Bisnis Online Baru Untuk Pemula

Halo sahabat setia blog juragan cipir. Berikut ini saya ingin berbagi tips tentang membuat website “bisnis online baru” bagi pemula. Website bisnis online ini sangatlah luas yang mencakup website toko online, bisnis jual beli barang dan jasa secara online, maupun publisher iklan PPC seperti Google Adsense.

Untuk membangun sebuah website baru untuk bisnis online  maka kita haruslah berorientasi untuk prospek jangka panjang, sehingga kita harus memulai segala sesuatuny dengan yang terbaik agar website bisa berkembang pesat dan memberikan hasil yang maksimal, bukannya setengah-setengah. Untuk itu diperlukan modal dan keberanian. Oke langsung saja kita mulai caranya membangun website baru untuk bisnis online.

website-bisnis-online

6 tahap membuat website baru untuk bisnis online

1. Pemilihan nama domain yang tepat

Pertama kita mulai dari pemilihan nama domain. (Ingat lho ya… jangan membuat website bisnis online menggunakan blog gratis dengan subdomain gratis karena pelanggan akan kurang percaya nantinya).

Nama domain harus kita sesuaikan dengan jenis bisnis online kita. Misalnya: jika kita ingin membuat website toko online yang menyediakan pakaianwanita beserta perlengkapannya, maka pilihlah nama domain yang berhubungan dengan pakaian wanita. Contohnya:  busanawanita.com atau busana-wanita.com. Lihat juga Membuat Sendiri Situs Toko Online dengan WordPress Self Hosted.

Nah, dari domainnya saja orang sudah tahu apa isi website kita. selain itu, mesin pencari akan mudah menampilkan blog kita di halaman pencarian untuk kata kunci apapun yang berhubungan dengan busana wanita.

2. Memilih server hosting yang handal

Sekali lagi saya ingatkan, anda jangan meletakkan website penting anda pada hosting gratis karena kurang terjamin keamanan serta kenyamanannya, karena hopsting gratis hanya memiliki layanan serta fitur yang terbatas. Pilihlah server hosting yang kuat dan tidak mudah down. Anda bisa memilih server hosting kepercayaan anda masing-masing yang bisa anda cari di internet.

Jika anda ingin menggunakan server hosting seperti yang digunakan oleh blog juragan cipir ini, anda bisa mengunjungi Metroworldhost untuk memesan domain dan hosting bagi website bisnis online anda. Pilihah paket hosting sesuai kebutuhan anda. Dijamin website anda tidak down. (maaf, saya bukannya promosi namun hanya memberikan tips berdasarkan pengalaman saya saja).

3. Membuat desain website yang cocok

Jika anda membuat website toko online maka anda harus menggunakan desain website toko online pula, jangan menggunakan desain blog atau desain jasa seo karena hal itu tidaklah cocok. Desain toko online akan memudahkan pelanggan untuk memilih dan memasukkan barang-barang belanja mereka ke keranjang belanja serta dilengkapi dengan fitur-fitur untuk berbagai macam metode pembayaran. Dengan kata lain, pembeli bisa memilih barang belanjaan mereka lalu membayarnya di satu tempat.

Untuk membuat desain toko online ini anda bisa mencari theme gratis untuk toko online yang banyak tersedia di internet. Namun untuk mendapatkan desain yang lengkap dan sempurna, anda bisa mencari theme premium alias berbayar untuk desain toko online. Selain itu, anda juga bisa memesan kepada jasa pembuatan website yang melayani desain toko online atau “jasa web design” yang bisa anda temukan di internet.

4. Mengisi konten website

Langkah selanjutnya adalah mengisi konten website bisnis online anda dengan produk-produk yang anda tawarkan beserta daftar harganya dan dilengkapi dengan cara pembayaran yang mudah. Jangan lupa buatlah testimonial, pasang alamat resmi anda selaku pemilik bisnis online, fanspage, dan lain-lain untuk mendukung kepercayaan pelanggan terhadap bisnis anda. Simak juga Strategi Jitu Menarik Pengunjung Toko Online.

Janganlah anda berjualan di internet tanpa memperkenalkan jatidiri website anda kepada pelanggan, karena biasanya pelanggan akan ragu untuk membeli produk milik toko online yang tidak jelas siapa pemiliknya. Kecuali website toko online anda telah memiliki “branding” di internet seperti lazada, olx, dll, maka pelanggan akan langsung saja percaya.

5. Mencari backlink berkualitas

Untuk sebuah website bisnis online diperlukan backlink yang banyak karena website bisnis online jarang diupdate, tidak seperti website publisher adsense yang setiap harinya diupdate hingga mencapai puluhan artikel.

Carilah website yang menyediakan penulis tamu sebanyak-banyaknya dan buatlah akun disana. Kemudian tulislah artikel sesuai TOS website tersebut agar diijinkan dipublish, lalu pasanglah”link aktif” yang mengarah ke homepage website anda. Lakukanlah hal ini secara rutin setiap hari agar backlink anda semakin bertambah banyak dengan cara bertahap.

Maka nantinya akan banyak backlink–backlink berkualitas akan segera mengarah ke website anda sehingga mendongkrak popularitas toko online anda di mesin pencari. Lihat juga 6 Produk Bisnis Online Yang Bisa Meraup Keuntungan.

Yang perlu diingat adalah: jangan mencari backlink secara bertubi-tubi dalam jumlah banyak dalam satu waktu, agar website baru anda tidak melanggar pedoman webmaster google yang beresiko website anda terdepak oleh anti spam google yang ganas.

Jika website anda telah berumur lama, silakan saja anda mencari backlink sebanyak-banyaknya, namun lakukanlah secara manual dan dalam batas kewajaran. Janganlah menggunakan robot spammer seperti yang dilakukan oleh para jasa backlink luar negeri yang menyebar URL milik kliennya ke kolom komentar jutaan website dengan menggunakan robot.

6. Membangun fanspage di jejaring sosial

Buatlah fanspage di facebook, google+, twitter, dan media sosial lainnya dan carilah followers sebanyak-banyaknya. Trik ini nantinya akan mendongkrak popularitas bisnis anda di jejaring sosial dan ini merupakan strategi marketing yang selalu digunakan oleh semua website bisnis online di seluruh dunia.

Jangan hanya menggantungkan trafik dari mesin pencari, bila perlu anda beriklan di google adwords untuk menjaring pelanggan yang tepat. Tapi beriklan di google adwords ini merupakan tugas terakhir bilamana website anda telah siap launching serta anda ingin meningkatkan omzet bagi bisnis anda kedepannya. Yang terpenting adalah anda telah mengikuti 6 tahap di atas dan itu merupakan dasar-dasar pembuatan website baru untuk bisnis online untuk prospek jangka panjang.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga Tips Berjualan di Toko Online Agar Pembeli Tertarik Dan Membeli.

Bagikan:
9 Comments
  1. Risman Aji Darmawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.