6 Produk Bisnis Online Yang Bisa Meraup Keuntungan

Bisnis online di Indonesia saat ini sedang banyak disukai oleh kalangan pebisnis. Karena apa? Praktis dan menjangkau kawasan yang lebih luas. Mereka bisa meningkatkan omzet usahanya dengan meng-online kan produk atau jasa mereka, entah lewat social media ataupun jejaring social. Ini membuktikan bahwa permintaan masyarakat terhadap jual beli barang dan jasa secara online semakin meningkat. Tampaknya sangat disayangkan jika kita tidak ambil bagian dari kesempatan besar seperti ini.

Tapi langkah apa yang harus dilakukan pertama kali saat akan menggeluti bidang yang satu ini? Terutama produk yang akan dijual, itu saja dulu! Saya sendiri saat ini sedang asyik menekuni bisnis kaos distro. Dan menjajaki sedikit demi sedikit dengan menjual produknya secara online. Saya mencoba bisnis ini karena produk yang saya jual tidak mengecualikan batas usia. Semua orang bisa memakai dan menggunakannya.

produk paling laris dijual secara online, produk paling laku keras untuk bisnis online

Namun ketika melihat maraknya pasaran bisnis sekarang ini, saya menemukan beberapa produk lain yang tampaknya memiliki prospek yang cukup cerah. Teman-teman saya, menjalankan beberapa bisnis produk berikut ini secara online, dan berhasil:

1. Produk Fashion

Dari waktu ke waktu permintaan produk busana tumbuh dengan pesat. Dan yang paling sering diproduksi adalah baju muslim, baju anak, dan tas. Teman saya yang seorang wanita, menawarkan beberapa produk busana secara online di akun social medianya. Dia mendapat keuntungan dari jasa penjualan produk milik orang lain. Awalnya dia hanya menawarkan produk dengan merk biasa. Sekarang dia mulai memasarkan produk yang didominasi oleh merk-merk luar negeri. Bahkan sekarang dia punya toko sendiri dari hasil bisnis online tersebut.

2. Produk Makanan

Untuk Produk makanan online yang harus diperhatikan adalah dari segi cita rasa, kemasan, dan batas kadaluwarsanya. Teman saya mendapat keuntungan dari menjual kue kering secara online. Penjualannya laris manis. Berbagai macam jenis kue dia buat. Rahasianya, dia mempunyai resep jitu yang disukai oleh banyak konsumen. Omzetnya cukup lumayan. Hingga mendapat banyak permintaan yang datang dari kota-kota lain.

3. Produk Elektronik

Untuk produk yang satu ini mungkin membutuhkan modal yang cukup besar. Namun tidak dipungkiri keuntungannya pun setara dengan apa yang dijual. Namun teman saya membantah hal tersebut, berawal dari coba-coba menjual hp seken milik temannya di sebuah toko online di internet, teman saya mendapat laba yang cukup lumayan. Dengan pengalamannya, dia membuka konter handphone dan menerima jual/beli handphone seken secara online. Bahkan kabar terakhir terdengar bahwa dia sekarang mampu menjual paket handphone grass dengan grosir yang berdiri kokoh di kota kelahirannya.

4. Produk Kecantikan

Yang paling sering ditemukan di jejaring social mungkin produk yang satu ini. Produk kecantikan memang sudah marak dipasarkan oleh beberapa pebisnis, khususnya kaum perempuan. Intinya ketika memilih produk kecantikan untuk dijadikan produk bisnis, kita harus inovatif, artinya produk yang ditawarkan tidak banyak dijual di pasaran. Ibu dari teman saya tadinya hanya seorang pegawai salon. Sampai dia menemukan satu produk kecantikan yang jarang dipasarkan dimanapun. Dia mencoba menawarkan produk kecantikan tersebut melalui socmed dan jejaring social. Mengagumkan, banyak permintaan yang datang untuk mencobanya. Dia sudah mengenal betul produk tersebut hingga mampu bersaing. Semua didasari dengan pengalaman selama dia bekerja di salon. Sekarang dia merambah ke bisnis parfum, dengan terselip nama brand di produknya.

5. Produk Otomotif

Tidak banyak yang menjual produk otomotif semacam spare-part di dunia online. Jangan kan spare-part mobil, spare-part motorpun sangat langka ditemukan. Adalah pengalaman yang di dapat teman saya yang sangat hobby naik gunung dengan motor Cross. Teman saya tersebut mempunyai kendala di motornya, dan membutuhkan spare-part asli dan resmi dari motor cross tersebut. Namun ternyata cukup sulit juga menemukan spare-part yang bersangkutan, karena tidak banyak yang menjualnya di pasaran. Akhirnya dia menemukan spare-part motor tersebut lewat forum online di internet. Berangkat dari kejadian tersebut, membuat teman saya terinspirasi untuk menawarkan produk tersebut khusus untuk rekan-rekannya sesama crosser. Namun ternyata diluar dugaan. Akibat banyaknya informasi yang mengatakan bahwa produk spare-part tersebut bisa dibeli darinya, Crosser lain mulai banyak yang antri untuk memesan produk tersebut. Alhasil sekarang dia meraup omzet yang cukup besar dari bisnisnya tersebut.

6. Produk Alat-alat Rumah Tangga

Banyak yang berfikir menjual produk alat rumah tangga secara online tidak menjamin akan laku. Namun jika melihat perilaku sifat orang jaman sekarang ini, justru kita harus berfikir ulang. Ada masanya orang akan mulai berfikir untuk mendapatkan sebuah barang secara praktis, artinya tanpa harus berangkat ke toko untuk membelinya. Kendala cuaca dan macet menjadi beberapa alasannya. Kakak ipar saya termasuk orang yang terbilang nekat. Mungkin karena dia perempuan dan jenuh setiap hari diam di rumah dan hanya mengurus anak, akhirnya dia sedikit-sedikit mulai merambah ke dunia bisnis. Menjual produk alat rumah tangga milik temannya, mungkin untungnya saat ini belum seberapa. Tapi jika melihat usahanya dalam mengembangkan bisnis dimulai dari nol, membuat saya sedikit kagum dan menjadi pemicu saya untuk bersemangat mengembangkan bisnis saya yang sedang saya jalani saat ini.

Itulah sekilas pemahaman saya tentang 5 produk bisnis online yang berpotensi bisa meraup keuntungan yang lumayan. Mungkin saat ini saya belum seberuntung mereka, namun sudah ditanam keinginan di dalam diri saya untuk bisa seperti mereka. Minimal ada kemauan. Karena melihat pengalaman semua teman-teman saya di atas, jalan selalu didapat dari hal yang tidak disangka sama sekali. Membuat inovasi, bisa menjadi salah satu solusi.

^^ Jangan lupa simak juga Terhanyut Pesona Ibu Dosen Yang Cantik.

Penulis : Beben Sebastian
(Terverifikasi)

Address : Perum Rabbany Regency Blok I No 11, Karangpawitan, Garut, Jawa Barat

Facebook Beben Sebastian

Google+
+Beben Sebastian

Website : http://sarewelah.blogspot.com

Bagikan:
7 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.