6 Hal Penting Sebelum Memilih Nama Domain Untuk Blog Anda

Menentukan  nama domain untuk blog yang bagus dan efektif memang merupakan pekerjaan yang gampang gampang susah. Karena seperti kita ketahui, bahwa nama domain itu unik. dalam artian satu nama domain dan ekstensinya hanya bisa digunakan oleh satu blog atau website saja. Berbeda dengan nama manusia yang banyak sekali kesamaannya.

Bahkan jika Anda percaya bahwa penggunaan nama domain itu bisa menentukan sukses dan terkenalnya blog di belantara internet ini lho jika anda tidak memikirkan nya dengan matang.

Masa sich!? Jadi penasaran, Yuk … mari kita lanjutkan untuk membacanya .

Berikut adalah 6 Hal Penting sebelum memilih nama domain untuk Blog Anda.

nama-domain

Nama domain yang pendek.

Jika  Anda ingin membangun blog yang menyajikan topik beragam menggunakan nama domain yang pendek itu menurut saya merupakan hal yang paling utama. Perhatikan dalam jumlah kata yang digunakan. Karena, Domain dengan Satu suku kata itu adalah istimewa . Seperti contohnya website yang terkenal dan familiar di indonesia yaitu : detik.com, kompas.com, kaskus.co.id, ads.id, viva.co.  semuanya menggunakan satu suku kata.  Dengan seperti itu maka masyarakat pun akan mudah dan cepat untuk mengingatnya.

Tetapi domain dengan satu suku kata sekarang mungkin banyak yang tidak tersedia.  Namun alternatif lain bisa menggunakan 2 suku kata, atau maksimal 3 suku kata yang bisa kita gabungkan dengan kata tambahan lain yang lebih relevan dan nyambung.

Unik dan Mudah diingat

Hal kedua adalah tentukan pilihan nama nomain yang unik dan mudah untuk diingat seperti contohnya nama domain pada blog ini juragancipir.com, kalau menurut saya nama domain ini sangat unik, dan mudah diingat.

Mungkin bagi orang yang baru pertama mengunjungi blog ini akan heran. Kenapa, karena isi dari pembahasan blog ini tidak sesuai dengan nama blog nya. Selintas dipemikiran orang mungkin blog ini membahas tentang nama sayuran yaitu cipir, atau seorang pebisnis yang menjual cipir secara online. Tetapi tidak, dan ternyata topik blog yang dibahasnya adalah beragam dari bisnis online, tips adsense,  satwa liar,  hingga masalah hantu pun tidak luput dibahas juga.

Menggunakan nama  yang unik  dalam pemilihan nama domain itu harus dipertimbangkan. Karena  mempunyai karakteristik, mudah di ingat, dan mudah di ucapkan. Dengan demikian orang dapat dengan mudah mengingatnya.

Kalau anda ingin tahu apa sebenarnya dibalik nama domain juragancipir.com ini Anda bisa baca di halaman about.

Mari kita lanjut…

Mengandung Kata Kunci / Topik yang dibahas.

Ini juga penting jika blog yang akan anda bahas tentang topik yang spesifik. Bahasa kerennya adalah blog niche. Jika topik itu yang akan anda bahas, usahakan menggunakan sebagian nama domain yang mengandung keyword atau kata kunci yang ditarget, bisa dikatakan nama domain tersebut mempunyai hubungan dengan isi websitenya.

Seperti contohnya jika topik blog yang kita bahas tentang “ peluang bisnis”, sebaiknya gunakan kata “bisnis” untuk membuat nama domain tersebut dengan ditambah awalan atau akhiran kata lain yang unik. Saya misalkan adalah domain tabloidbisnis.com

Dengan ini orang akan lebih cepat mengingatnya jika ingin mencari informasi seputar peluang bisnis rumahan bisa mengunjungi website  tabloidbisnis.com

Usahakan jangan menggunakan tanda hubung ( – )

Jika Anda ingin menggunakan tanda hubung dalam nama domain, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena karakter pasar anda mempengaruhi pilihan domain anda. Dari informasi yang saya tahu karakter konsumen indonesia terbiasa menggunakan tanda sambung ( – ) yang memisahkan 2 kata berbeda dibandingkan dengan karakter konsumen asing yang tidak terbiasa. Karena kekurangan dalam penggunaan kata sabung menurut saya sulit diingat oleh pengunjung, bahkan sulit untuk diketik.

Hindari menggunakan nama dagang atau merk

Saya pribadi menyarankan Anda untuk tidak menggunakan nama domain dengan tambahan nama dagang atau merk perusahaan yang sudah terkenal karena bisa jadi suatu saat kalau yang punya brand tidak terima akan menimbulkan tuntutan hukum yang serius.

Pemilihan ekstensi yang tepat

Tidak semua nama domain harus dipaksakan dengan ekstensi .com. walaupun secara legal memang untuk domain-domain internasional tidak ada aturan baku. Domain memiliki ekstensi TLD bermacam-macam. [dot]com, net,info,org, biz, dll. Masing masing ekstensi memiliki ciri kasnya sendiri. tapi sebaiknya  kita harus membiasakan diri dengan aturan penggunaan ekstensi  sesuai dengan fungsi nya.

Kesimpulan: Pada dasarnya pemilihan nama domain  merupakan suatu pilihan masing-masing individu bagi setiap orang.  karena disesuaikan dengan kebutuhan masing masing untuk tujuan apa domain tersebut di pilih. Maka jangan dianggap sepele. Jika salah pilih maka anda akan merasa rugi di kemudian hari baik dari sisi financial dan kepentingan optimasi website itu sendiri.

Jika ada saran, kritik atau yang ingin menambahkan mengenai tips menentukan nama domain silahkan tulis melalui kolom komentar dibawah. Terimakasih.

Bagikan:
12 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.