5 Tips Memaksimalkan Digital Marketing untuk Kemajuan Bisnis

Berbicara tentang strategi pemasaran bisnis paling fenomenal dan efektif di era globalisasi ini, digital marketing-lah jawabannya. Bukan tanpa alasan, pengguna internet yang terus meningkat dari waktu ke waktu membuat strategi marketing ini dinilai paling ampuh menggaet calon konsumen potensial.

Namun tak semudah kelihatannya, karena pebisnis perlu mempelajari bagaimana mengoptimalkan pemasaran digital agar berhasil. Pasalnya seiring dengan perkembangan internet dari tahun ke tahun, semakin variatif pula kebiasaan pengguna internet di Indonesia bahkan dunia. Untuk itu bagi para pebisnis, simak penjelasan mengenai cara mengoptimalkan pemasaran digital untuk kemajuan bisnis Anda berikut ini!

  1. Mengoptimalkan Metode SEO

SEO atau Search Engine Optimization, merupakan upaya yang dilakukan guna meningkatkan trafik website perusahaan agar mendapatkan lebih banyak pengunjung. Meskipun terlihat sepele, namun rupanya SEO ampuh untuk membuat website perusahaan berada di peringkat pertama mesin pencari. Sehingga nantinya penjualan produk pun dapat meningkat drastis seiring dengan bertambahnya jumlah calon konsumen potensial.

  1. Melakukan Campaign di Dunia Internet

Campaign sangat diperlukan demi membangun brand awareness masyarakat, sehingga nantinya mereka pun tertarik untuk membeli produk Anda. Campaign sendiri merupakan kegiatan pemasaran yang tersusun dan terarah demi memperkuat informasi produk, dan dapat dilakukan melalui media sosial ataupun website perusahaan.

Namun jika dilihat berdasarkan kebiasaan pengguna internet di Indonesia, ada baiknya melakukan campaign melalui media sosial terlebih dahulu. Anda dapat melakukan kampanye dengan mengangkat tema bermanfaat seperti mengangkat topik sosial yang sedang populer, mengaitkan produk dengan aktivitas tertentu, hingga menawarkan beragam promo menarik.

  1. Memanfaatkan Big Data

Big data adalah data analitik yang dikumpulkan secara otomatis oleh penyedia layanan internet. Data ini berisi perilaku para penggunanya, baik di media sosial ataupun mesin pencari. Sehingga Anda dapat memanfaatkan big data dalam digital marketing untuk mengetahui bagaimana perilaku konsumen.

Dari seluruh produk yang ditawarkan, produk mana yang sekiranya paling diinginkan dan dibutuhkan konsumen. Diharapkan dengan memanfaatkan data analitik ini, pebisnis dapat mengkategorikan campaign untuk audiens yang lebih tertarget dan spesifik.

  1. Mengumpulkan Aset Konten

Membahas tentang penyajian konten, Anda juga perlu mempersiapkan aset konten yang dapat membantu mengetahui kebutuhan audiens serta menambah nilai tambah untuk platform promosi Anda. Buatlah aset konten yang berisi video, gambar, infografis, logo, podcast, dan hal lain terkait dengan komponen yang perlu ditambahkan di jejaring sosial ataupun website perusahaan.

  1. Menyematkan Strategi Call To Action

Pernahkah Anda mendengar strategi call toaction atau CTA? Metode pemasaran ini memanfaatkan pernyataan persuasif yang dirancang agar calon konsumen memberikan respon langsung untuk penjual.

Contohnya “hanya hari ini, diskon hingga 70% untuk seluruh item”, “dapatkan penawaran menarik di sini”, “promo terbatas, dapatkan sekarang juga di sini”, dan kalimat lainnya yang dapat menarik respon calon pembeli. Tujuan dari strategi ini adalah untuk mendapatkan lebih banyak klik.

Tak Lupa Lakukan Evaluasi dan Revisi Strategi!

Kunci utama dari pemasaran digital adalah selalu mengikuti perkembangannya, karena strategi pemasaran ini tergolong dinamis dan dapat mengalami perubahan ‘aturan’ kapan saja. Untuk itu sangat penting melakukan evaluasi serta merevisi strategi, sehingga metode yang digunakan tetap up todate dan relevan.

Beberapa metrik di bawah ini dapat digunakan untuk mengevaluasi beragam jenis campaign, mulai dari jumlah kunjungan, biaya per konversi, biaya per kunjungan, rasio klik-tayang, durasi berada di situs, jumlah komentar, dan lain-lain.

Itulah tips memaksimalkandigital marketingdemi kemajuan bisnis. Bagi Anda yang membutuhkan layanan pemasaran digital ataupun SEO, Stucel merupakan jawaban tepat untuk memaksimalkan pemasaran bisnis, perusahaan, hingga organisasi Anda. Didirikan sejak tahun 2005, stucel.com telah dipercaya oleh puluhan klien ternama di seluruh Indonesia.

Bagikan:
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.