5 Keuntungan Anda Menambahkan Forum di Website

Jika blog kita berisi artikel yang mengundang interaktif antara pembaca dan penulis, misalnya blog bertema blogger, maka menempelkan forum di blog sangatlah bermanfaat bagi pembaca maupun si pemilik blog.

Seperti yang telah saya alami, tujuan pertama saya menambahkan forum di blog juragan cipir ini hanya sekedar untuk menjawab pertanyaan teman-teman di kolom komentar yang tidak relevan dengan isi postingan, namun komentar tersebut sangat membutuhkan jawaban. Maka saya membuatkan forum di blog ini untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka (terutama blogger pemula) agar saya bisa menjawabnya secara lebih jelas.

5 Keuntungan Anda Menambahkan Forum di Website

Namun ternyata hal itu memberikan manfaat lain bagi saya sendiri. Berikut ini manfaat yang bisa saya rasakan sejak menambahkan Forum IAPD Juragan Cipir di blog ini:

1. Mengalihkan pertanyaan berulang ke inbox

Setiap hari saya menerima beberapa pesan di inbox yang dikirim oleh teman-teman pembaca setia blog juragan cipir melalui form contact. Pesan-pesan tersebut seringkali berisi pertanyaan yang sama alias pertanyaan berulang, yaitu tentang blogger dan adsense.

Agar jawaban yang saya berikan juga bisa memberikan manfaat bagi teman-teman lain, maka saya mengarahkan mereka untuk bertanya di Forum sehingga bisa bermanfaat bagi pembaca lainnya. Di forum, saya bisa menjawabnya pertanyaan dengan panjang lebar agar lebih jelas. Selain itu, teman-teman member lainnya juga bisa membantu menjawab pertanyaan teman lain.

2. Mengurangi komentar di blog tidak relevan

Terkadang banyak teman-teman pembaca setia blog juragan cipir yang bertanya melalui kolom komentar dan pertanyaan tersebut terkadang tidak relevan dengan isi postingan, tetapi pertanyaan tersebut sangat membutuhkan jawaban.

Agar saya bisa menjawabnya dengan lebih jelas serta bisa memberikan contoh-contohnya, maka saya mengarahkan mereka untuk bertanya di forum. Dengan jawaban disertai penjelasan yang saya berikan di forum, akhirnya banyak teman-teman (terutama pemula) yang ketagihan ingin bertanya terus menerus di forum. Dan ini adalah rejeki bagi kita karena kita bisa menyampaikan ilmu kepada orang yang membutuhkan, termasuk amal zariyah 🙂

3. Mengasah pengetahuan dan kecerdasan

Dengan seringnya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan oleh teman-teman pembaca di forum, maka tanpa terasa ilmu kita akan terasah. Sehingga kita sendiri akan menjadi semakin pintar dengan banyaknya pertanyaan-pertanyaan dari pembaca.

Dan bahkan hal-hal yang tadinya kita tidak tahu akhirnya akan menjadi tahu, karena kita akan mencari tahu sesuatu yang ditanyakan oleh pembaca tersebut. Misalnya, macam-macam situs untuk membuat ini dan itu secara online, dan sebagainya.

4. Mengatasi ide macet

Pertanyaan-pertanyaan pembaca di forum tersebut merupakan sebuah sebuah ide pemberian pembaca kepada kita. Dengan adanya pertanyaan yang masuk setiap hari maka kita tidak akan pernah kehabisan ide untuk membuat suatu artikel. Seperti kita tahu, biasanya kalau kita sudah kehabisan ide menulis artikel maka otak kita rasanya seperti buntu, tidak panas dan tidak dingin seperti pisang yang gagal masak 😀

Nah, setiap hari pembaca akan memberikan ide kepada kita untuk membuat artikel melalui pertanyaan-pertanyaan mereka di forum, dan jawaban kita akan sangat bermanfaat bagi mereka. Dengan begitu maka kita setiap hari bisa menciptakan artikel yang benar-benar bermanfaat bagi pembaca.

5. Menambah konten

Dengan seringnya pertanyaan-pertanyaan yang dipublish oleh pembaca setiap hari, maka tanpa terasa konten website kita akan semakin bertambah banyak sehingga akan meningkatkan trafik blog kita.

Peringkat blog di mesin pencari akan naik karena website kita dianggap sebagai website penting, dimana setiap hari website kita digunakan interaktif oleh sesama pengguna. Simak juga Tips Membuat Website Besar Berpenghasilan Besar.

Sejak sekitar semingguan forum di blog ini saya buat, hari ini telah terbit lebih dari 100 artikel berupa pertanyaan dan jawaban yang dipublish oleh pembaca setia blog jurgan cipir. Lumayan untuk menambah konten dan untuk meningkatkan trafik blog, daripada kita membeli artikel dengan harga 10 ribu per-artikel 😀 Dan pertanyaan-pertanyaan pembaca di forum pasti dijamin orisinil sehingga serng muncul di google.

Ini ada satu lagi tambahan:

6. Menambah Uang

Tanpa anda mengharap uang sama sekali dari blog, maka secara otomatis uang anda akan terus bertambah jika anda memasang iklan adsense di atasnya. Seperti apa yang disampaikan oleh Google, “Utamakan pengguna, maka sukses akan mengikuti”.

Tentu saja! Jika kita mengutamakan kepuasan pembaca blog kita, maka blog kita akan semakin digemari dan pembaca blog kita akan semakin banyak. Dari situlah uang akan mengalir ke kantong anda secara otomatis.

Kisah dua orang Blogger USA

Dua orang blogger asal USA bernama Dave Taylor dengan websitenya AskDavetaylor,com dan satunya lagi bernama Peter Horan dengan websitenya Answers,com, keduablogger tersebut hanya mengandalkan website dengan konten berisi jawaban-jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang dikirim oleh pembaca. Kini mereka berdua duduk di list Adsense Success Story di Google sebagai publisher sukses papan atas.

Mengapa keduanya bisa sukses hanya dengan menjawab pertanyaan pembaca di website mereka?

Setiap pembaca yang bertanya pasti memerlukan jawaban, dan jawaban anda sangat bermanfaat bagi mereka. Jika anda menjawab pertanyaan pembaca dengan baik serta anda memberikan penjelasan-penjelasan yang memudahkan mereka untuk memahami, maka anda akan tergolong sebagai manusia yang bermanfaat. Karena itulah Allah SWT memberikan imbalan kepada anda berupa kemudahan bagi anda untuk mengambil rizki dariNya.

Website anda akan aman karena tergolong website yang bermanfaat bagi orang banyak, dan tidak ada seorangpun yang mengganggu website anda karena website anda terus menerus berada dalam pangkuan Allah SWT, dan Dialah sang pelindung terkuat dan terpercaya.

Jangan lupa simak juga Keuntungan Anda Menggunakan Plugin Google Adsense.

Bagikan:
28 Comments
  1. odzzal

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.