5 Hal Penting Dalam Membangun Blog Untuk Google Adsense

Halo juragan… Jika anda ingin terjun atau sudah terjun sebagai publisher adsense, berikut ini saya akan berbagi tips ketika anda hendak membuat blog baru untuk optimasi google adsense. Tujuannya adalah agar pendapatan atau penghasilan adsense anda bisa maksimal nantinya.Trik ini saya ambil dari pengalaman pribadi saya dengan mengikuti pedoman google. Setiap publisher tentunya berbeda-beda cara dan cara ini semoga bisa menambah masukan bagi anda.

( i ) Sebelum berpikir pengoptimalan, kita harus berpikir tentang kepatuhan blog terhadap kebijakan program google adsense. Ini merupakan kekuatan utama seorang publisher agar dipercaya oleh google bahwa kita mematuhi kebijakan program.

Selain artikel di blog kita mematuhi kebijakan program adsense, tampilan blog yang kita juga harus mematuhi kebijakan program adsense. Karena google bisa membaca tampilan layar sorot blog kita dengan menggunakan teknik deteksi google yang eksklusif. Blog yang melanggar kebijakan program adsense biasanya tidak akan berumur lama.

Oke, kembali ke judul. Nyruput teh manis panas dulu, srupuuut…

* Setelah anda membuat blog, hal pertama yang harus kita pikirkan adalah:

I. MEMILIH TEMPLATE

Pilih template yang valid html5 dan kaya navigasi. Template valid html5 akan membuat blog anda SEO FRIENDLY dan template yang kaya navigasi akan meningkatkan pageview blog anda yang nantinya berdampak terhadap penghasilan.

II. KENALKAN MESIN PENCARI

Kenalkan blog anda dengan mesin pencari Google, Bing dan Yahoo agar blog anda bisa terindeks dengan sempurna di halaman penelusuran. Tujuannya adalah agar blog anda memiliki trafik yang memadai. Karena tanpa trafik yang cukup maka kita sulit untuk bisa gajian tiap bulan dari adsense.

III. TENTUKAN FONT DAN UKURAN HURUF

Ingat, ads is a part of content,ย artinya adalah “iklan bagian dari konten”. Hal ini sangat penting terkait pengoptimalan iklan nantinya. Atur font dan ukuran huruf di blog anda agar sesuai dengan font dan ukuran huruf yang tersedia di akun adsense.

Sebagai contoh:

* Jika saya suka memformat iklan di akun adsense menggunakan font arial dengan ukuran huruf sedang, maka huruf postingan di blog saya juga menggunakan font arial dengan ukuran huruf sedang pula. Misalnya ukuran 13 atau 14 pixel, tergantung lebar halaman. Tujuannya adalah agar iklan dan blog kita tampak serasi dan mengundang. Selain itu penampilan iklan yang rapi dan tidak mencolok akan membuat nyaman para pengguna ketika sedang membaca blog anda.

IV. CANTUMKAN DI GOOGLE ANALYTICS

Ini penting! Daftarkan blog anda di google analytics agar nantinya anda bisa memonitor perilaku pengguna dan bisa tahu artikel mana yang pandai mencari uang. Terkadang ada artikel yang paling banyak dikunjungi tetapi tidak pandai mencari uang, dan begitu pula sebaliknya.

Tanpa melihat perilaku pengguna di google analytics maka anda tidak akan bisa mengoptimalkan iklan dengan sempurna, kecuali hanya meraba-raba saja.

V. PASANG IKLAN ADSENSE

Jika trafik blog baru anda telah mencapai setidaknya 50 visitor perhari, silakan memasang iklan adsense di blog anda. Lakukan pengujian A/B di akun adsense agar anda bisa menentukan format iklan yang paling tepat bagi blog baru anda. Baca disini tentang Tips Mengoptimalkan Google Adsense Dengan Pengujian A/B.

Tentang google analytics?

Banyak sekali manfaat google analytics. Bahkan Team Google Analytics belum lama ini telah memposting “Cara Mengoptimalkan Adsense Dengan Google Analytics” di blognya dalam bahasa inggris. Namun saya belum mencoba trik baru itu sehingga saya tidak bisa menjelaskan lebih jauh. Karena semua artikel yang saya posting di blog ini harus sudah saya uji lebih dulu agar hasilnya tidak mengecewakan pembaca.

Namun setidaknya saya telah mencoba bahwa google analytics dapat membantu kita mencari tahu mengapa ada postingan yang bertrafik tinggi tetapi tidak pandai mencari uang. Ini sama dengan anda memancing ikan tetapi tidak pakai umpan. Ikan apa yang mau memakan pancing doang?

Agar postingan yang laris manis itu pintar mencari uang, maka anda perlu membuat perlakuan khusus dengan menempatkan iklan khusus pada artikel itu. Caranya adalah dengan mencopot salah satu iklan di blog anda yang tidak efektif, lalu buatlah iklan khusus dan tempatkan di artikel yang laris manis tersebut di dekat perhatian pembaca.

Hasilnya? Silakan anda lihat sendiri setelah anda mencobanya, lalu bandingkan dengan sebelumnya. Jika selama seminggu tidak ada perubahan maka cobalah cara lain. Terkadang saya terkejut tiba-tiba mendapatkan earning besar yang hanya berasal dari satu postingan saja, namun bisa mengalahkan pendapatan satu blog.ย Biasanya saya hanya geleng-geleng kepala sambil tersenyum lebar, kemudian nyruput teh manis panas di samping komputer saya.ย Saya sendiri tahu trik ini setelah membaca tips pengoptimalan di halaman adsense bantuan.

Sekian dulu info yang bisa saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Bagikan:
43 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.