5 Formasi Batu Alam Kuno Menakjubkan di Kepulauan Skotlandia

Harta Alam

Dengan lapisan kusut setua waktu, tumpukan laut dan tebing pulau-pulau lepas pantai barat Hebrides Skotlandia adalah pengingat bergerigi pergeseran tektonik yang memaksa Eropa, Amerika Utara dan Greenland terpisah 60 juta tahun yang lalu. Berjuang selama berabad-abad oleh bangsa Celtic, Viking, Inggris dan Skotlandia, manusia telah lama berjuang untuk bertahan hidup di bagian terpencil dunia. Meskipun hanya beberapa lusin dari lebih kurang 500 pulau yang dihuni saat ini, kepulauan yang mengesankan ini sangat menarik bagi wisatawan, terutama guanya, tumpukan laut dan basalt puncak.

(Jim Richardson / National Geographic Stock)

Gorden Kabut

Sekitar 2.000 tahun memisahkan pulau modern, dimana rumahnya klaster hanya di luar Dun Carloway Broch di Isle of Lewis. Benteng drystone berdinding ganda ini dibangun selama Zaman Besi antara 550 – 1200 SM, merupakan salah satu yang terbaik di Skotlandia. Bangkai broch itu berdiri hampir selebar 15m dan hampir 9m tingginya. Para ahli percaya bahwa prestise hidup dalam struktur komando mungkin sama penting bagi keluarga yang dibangun menawarkan mereka sebagai keamanan fisik.

(Jim Richardson / National Geographic Stock)

Struktur Enam Sisi

Ambil tur perahu untuk menjelajahi Gua Fingal di Isle of Staffa, bagian dari Cagar Alam Nasional yang dimiliki oleh “The National Trust” Skotlandia. Pilar-pilar basal heksagonal yang melapisi interior sekitar setinggi 23m, gua laut ini mendalam sejauh 82m, membuat alam ini bertanya-tanya tentang visual yang mencengangkan.

(Jim Richardson / National Geographic Stock)

Tanah Setua Waktu

Basalt puncak tenun atas Sound of Raasay di Isle of Skye. Bangkit dari puing-puing purba tanah longsor, formasi batu yang unik ini menjadi saksi gejolak geologi yang berbentuk tanah ini.

(Jim Richardson / National Geographic Stock)

Satwa Liar Iconic

Hebrides menawarkan banyak kesempatan untuk menghargai sejumlah besar spesies, termasuk puffins, elang emas, hiu penjemur, paus, lumba-lumba, berang-berang dan corncrakes. Digambarkan di sini adalah kerumunan gannets yang membangun sarang mereka di sepanjang tepian pulau-pulau sempit, sedangkan Outer Hebrides adalah rumah bagi 60.000 pasang burung-burung laut, koloni terbesar di dunia burung.

(Jim Richardson / National Geographic Stock)

Kelima formasi batu-batu alam yang luar biasa dan menakjubkan ini terletak di kepulauan negara Scotlandia di benua Eropa. (bbc.com)

Bagikan:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.