5 Aksesoris Sound System Yang Pokok Untuk Digunakan

Selamat siang buat semua pembaca setia juragan cipir tanpa terkecuali maupun mbak indri yang sebagai pemilik blog juragan cipir. Perkenalkan nama saya Tri, di sini saya sebagai tamu dari juragan cipir akan menulis sedikit pengetahuan saya tentang aksesoris sound system yang pokok untuk di gunakan.

Sudah tidak asing lagi bagi apabila kita mendengar istilah sound system, sound system adalah pengeras suara yang di gunakan untuk berbagai kebutuhan dan sering kita jumppai di acara hajatan, konser musik dan lain-lain. Yang sering menjadi pertanyaan bagi kita yang belum tau, apa saja sih alat yang di yang di gunakan dalam sound system itu??

aksesoris-sound-sistem

nah untuk itu di sini akan saya jelaskan apa saja aksesorisnya kok sampai rumit dan semrawut,  sebenarnya instalasi sound system itu tidaklah serumit dan semrawuut seperti yang kita bayangkan, aksesorisnya itu hanya ada 5 yang pokok yaitu terdiri dari.

 

1. Speaker.

Speakeer adalah aksesoris yang di gunakan untuk mengeluarkan suara setelah sumber suara telah di proses dari perangkat sebelumnya. Speaker dalam sound system lapangan umumnya di bagi menjadi 3 dan mempunyai tugas tersendiri yang terdiri dari

  • Speaker subwofer (LOW)

Speaker low biasanya menggunakan speaker berukuran 18 inch yang berfungsi sebagai nada bass dan pada saat pemasangan di tempatkan paling bawah dari speaker  yang lain.

  • Speaker middle

Speaker middle ini berfungsi sebagai nada pada frequenzi menengah ya itu nada midd, seperti contohnya suara tam pada drumm. biasanya nada ini di tugaskan kepada speaker ber ukuran 15 inch,

  • Speaker High

Pada speakeer high ini berfungsi sebagai nada paling tinggi yaitu nada tribble yang di tugaskan kepada speaker 12 inch bersama tweternya, pada saat pemasangan speaker ini biasaya di taruh paling atas.

2. Power amplifier

Untuk power amplifier, ini berfungsi sebagai pendorong untuk membunyikan sebuah speaker, power ini mempunyai tugas yang paling berat daripada aksesoris yang lain, untuk mantap tidaknya dari sound system power amplifier lah yang menentukannya, pada umumnya power amplifier untuk sound system luar ruangan mempunyai daya yang besar tidak seperti amplifier rumahan, misalnya 2000watt per PA, dalam sound system juga tidak hanya menggunakan satu buah Power Amplifier, melainkan beberapa buah PA misalnya 4 buah power amplifier yang di gunkan khusus nada LOW, khusus nada MIDDLE, khusus nada HIGH, dan khusus untuk CONTROL. Jadi kalau di hitung daya nya 4×2000=8000Watt.

3. Crosover aktif

Crosover aktif ini juga berperan penting, tugas dari crossover ini adalah untuk membagi frequenzi nada yang di tunjukkan kepada power amplifier, pada sound system biasanya menggunakan crossover 3way, apa yang di maksud 3 way?,, 3way adalah 3 bagian ya itu nada LOW, MID, dan HIGH yang di tujukan kepada masing-masing power amplifier, jadi crossover aktif ini sebagai cabang pembagian dari masing-masing nada.

4. Equalizer

Tak asing lagi jika kita mendengar tentang equalizer, equalizer juga umum di gunakan pada rangkaian elektronik seperti radio compo, audio mobil, bahkan komputer juga ada equalizerny seperti aplikasi winamp, tidak hanya itu, sound system pun juga menggunakan equalizer,. Equalizer adalah pengatur nada seauai grafik, yang paling kiri adalah nada rendah ya itu LOW semakin ke kanan semakin tinggi,

5. Mixer

Mikser biasanya di letakkan paling atas pada meja operator sound system yang terdiri bayak putaran (potensio) dan banyak kabel saluran ke mic. Kita yang belum tau juga pasti bertanya-tanya tentang mikser, itu aksesoris apa to kok banyak putaran?? gimana caranya mensettingnya?? apa gak bingung ya operatornya?? itu pertanyaan yang umum, pada mixer terdapat benyak colokan mic, pada setiap mic ada setingannya ya itu seurutan dengan jack mic, jadi satu baris putaran (potensio) adalah setingan 1 jack mic yang seurutan. mixer ini berfungsi sebagai pengatur nada dari mic yang setiap mic beda setingan, cotohnya: mic untuk vokal beda setingannya dengan jack mic gitar.

Demikian tentang sedikit 5 aksesoris yang umum di gunakan pada sound system, apabila dalam tulisan ini ada yang kurang berkenan saya sebagai tamu blog yang baru newbi iseng iseng untuk mengisi waktu luang di luar pekerjaan saya mohon maaf kepada pembaca setia juragan cipir tanpa terkecuali, kepada mbak indri sebagai pemilik blog.Terima kasih dan salam sukses buat buat semua.

jangan lupa mampir ya SewaHost.blogspot.com

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.