4 Jenis Tarian Manusia Yang Muncul Secara Alami

Halo juragan… Dalam arti umum, tarian adalah sebuah gerakan tubuh manusia mengikuti irama tertentu yang akhirnya menciptakan suatu keindahan. Namun ternyata tarian bukanlah hanya gerakan tubuh manusia saja, melainkan segala sesuatu yang bergerak maupun yang tidak bergerak dimana bisa menimbulkan suatu keindahan.Misalnya, jutaan bintang menari-nari di atas cakrawala, burung-burung cantik menari-nari diatas air, pendekar sakti mengeluarkan jurus tarian mautnya, pesawat tempur sedang ber-atraksi menari-nari di udara, dan sebagainya. Dari sekian banyak jenis tarian, ada 4 tarian yang muncul secara alami pada diri manusia.

Berikut ini 4 tarian yang muncul secara alami pada diri manusia sejak awal hingga akhir zaman dan bersifat abadi.

1. Berjoget
Joget adalah sebuah tarian berupa gerakan yang menggunakan lekuk tubuh serta gerakan-gerakan lembut lainnya yang menghasilkan serangkaian gerakan indah.

www.netanimations.net

Secara alami manusia memiliki insting untuk berjoget sejak masih kanak-kanak, meskipun keindahannya ditentukan oleh bakat serta kemampuan masing-masing. Joget merupakan tarian manusia yang muncul secara alami yang akhirnya berkembang menjadi lebih sempurna setelah mereka berlatih. Karena itu, tidak ada penemu joget. Joget muncul secara alami pada diri manusia ketika mendengarkan suatu irama..

2. Bernyanyi
Bernyanyi adalah sebuah tarian suara berupa alunan suara secara berirama yang keluar dari mulut manusia dan menghasilkan sebuah keindahan. Dalam kiasannya, bernyanyi juga bisa dilakukan oleh binatang.

http://i40.tinypic.com

Manusia dikatakan bernyanyi jika sedang mendendangkan sebuah lagu. Sedangkan binatang dikatakan bisa bernyanyi jika sedang mengeluarkan alunan suara yang indah. Misalnya seekor burung berkicau yang indah dianggap sedang bernyanyi.

3. Bermain Musik
Musik adalah sebuah tarian suara berupa alunan suara berirama yang dihasilkan oleh benda yang dipukul-pukul, dipetik, digesek-gesek, dipencet-pencet, dan sebagainya yang menghasilkan irama suara yang indah.

http://31.media.tumblr.com

Bermain musik hanya bisa dilakukan oleh manusia. Sejak zaman dahulu kala manusia telah mengenal musik secara alami. Misalnya, potongan pohon bambu yang dipukul-pukul secara berirama. Karena itu, musik tidak ada penemunya. Musik timbul oleh insting manusia yang muncul secara alami.

4. Bersyair
Syair adalah sebuah tarian berupa ucapan suara yang keluar dari mulut dan berisi kalimat-kalimat yang ditata sedemikian rupa sehingga menciptakan keindahan arti dan makna. Syair bisa diibaratkan ungkapan suara yang sedang menari-nari di atas cakrawala. Syair muncul dari insting manusia secara alami.

Dikisahkan; Ketika nabi Ibrahim AS sedang bersyair, semua dedaunan berguguran karena ingin menari-nari mendengarkan keindahan syair sang nabi. Daun-daun tersebut tidak mau jatuh ke tanah sebelum sang Utusan Allah berhenti bersyair.

myragreenjournalism.weebly.com

Setelah manusia mengenal tulisan, syair dituangkan dalam bentuk puisi, prosa, dan karya sastra lainnya yang di atas sebuah buku. Puisi merupakan wujud fisik dari syair yang berisi ekpresi pikiran manusia yang mengandung seribu makna dan seni, lalu dituangkan dalam bentuk tulisan.

Puisi jika dibaca akan berubah menjadi syair. Dan jika dinyanyikan akan menjadi sebuah lagu. Misalnya, lagu-lagu ciptaan Ebiet G Ade. Karena itu, Ebiet merupakan penyanyi dan sekaligus penyair, karena menyanyikan lagu-lagu berupa syair.yang dibaca dari sebuah puisi ciptaannya.

* Tarian merupakan bagian dari seni, dan seni merupakan bagian dari hidup manusia. Karena itu, manusia tidak bisa lepas dari seni dalam kehidupan sehari-hari. Memakai baju dan celana termasuk bagian dari seni. Menulis artikel di blog ini juga merupakan bagian dari seni πŸ™‚

Demikian informasi karya juragan cipir tentang 4 macam manusia tarian yang sebenarnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.