3 Widget Penting Yang Wajib Dipasang di Blog Anda

Halo juragan… Widget adalah sekumpulan fitur yang berfungsi memberikan menu tambahan pada blog untuk menampilkan beberapa pilihan kepada pembaca. Widget biasanya dipasang pada sidebar, di header, di bawah header dan di footer.

Artinya widget ini sering diletakkan di atas postingan, di samping postingan dan di bawah postingan, dengan maksud memberikan kemudahan kepada pengguna/pembaca untuk menavigasi blog kita maupun untuk menawarkan hal-hal lain kepada pembaca.

* Mengutamakan pengguna adalah kewajiban pemilik blog yang pada akhirnya pengguna akan menyukai blog kita dan mau berkunjung lagi di masa depan. Jika anda seorang blogger, baik pemula maupun master, sudahkah anda menyadari widget penting bagi pengguna yang harus selalu menempel di blog anda.

* Berikut ini 3 widget yang menurut saya penting dan harus ada di blog kita.

1. Daftar isi
Daftar isi disebut juga peta situs atau sitemap. Ini adalah widget penting dan paling nomor satu yang harus ada di semua jenis blog. Daftar isi merupakan menu yang memungkinkan para pembaca dengan mudah  menavigasi/membuka-buka blog kita. Daftar isi bisa kita wujudkan dengan memasang Blog Archive dan sejenisnya, dimana daftar isi ini berisi seluruh postingan blog kita.

2. Mesin Telusur Ubahsuaian
Mesin telusur ubah suaian (MTU) ini disebut juga kotak pencarian, yaitu sebuah mesin telusur di blog yang berfungsi untuk membantu pembaca melakukan pencarian terhadap semua postingan di blog kita dengan cepat. Misalnya, jika pembaca ingin mencari sebuah informasi di blog kita yang tidak mereka lihat di daftar isi, maka pembaca bisa melakukan pencarian melalui mesin telusur ubahsuaian ini.

3. Recent post
Recent post ini juga disebut latest post atau artikel terbaru. Ini adalah widget penting yang menampilkan artikel terbaru kepada pembaca. Terutama bagi para blogger yang suka melakukan blogwalking, recent post ini sangat penting. Para blogwalker biasanya ingin berkomentar pada artikel terbaru dan mereka selalu menggunakan recent post untuk menemukan artikel terbaru.

Tiga widget diatas adalah widget penting yang harus selalu ada di blog anda

* Adapun beberapa widget tambahan yang boleh dipasang dan boleh tidak diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Gadget followers
Menyediakan pilihan kepada pembaca yang ingin mengikuti blog kita. Mereka akan mendapat kiriman artikel terbaru melalui dasbor blogger setiap kali kita update artikel terbaru.

2. Google badge
Menyediakan pilihan kepada pemirsa untuk mengikuti kita di Google+. Pembaca bisa mengikuti kita di googhle plus hanya dengan meng-klik follow di google badge yang kita pasang di blog.

3. Widget iklan
Menampilkan iklan kepada pembaca. Iklan merupakan informasi tambahan bagi pembaca yang memungkinkan mereka menemukan informasi atau produk yang mereka cari. Selain itu, widget iklan ini merupakan salah satu sumber penghasilan sebuah blog.

4. Widget lain-lainnya
Sisanya boleh anda gunakan untuk memasang widget apapun semau anda.

( i ) Namun perlu diketahui bahwa semakin banyak widget yang tampil pada blog maka akan membuat semakin berat loading blog tersebut. Jadi sebaiknya pasanglah widget yang seperlunya saja, sedangkan yang tidak terlalu penting jangan dipasang agar tidak memberatkan pembaca dalam menavigasi blog anda.

^^ Sekian dulu informasi yang bisa saya bagikan buat teman-teman, semoga bemanfaat dan jangan lupa baca juga 3 Keuntungan Utama Memiliki Blog di Blogger.

Bagikan:
55 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.