3 Tahap Penting Menumbuhkan Pendapatan Google Adsense

Halo juragan… Bagi publisher yang sudah berpengalaman sangatlah mudah untuk terus membangun blog-blog adsense yang sukses, karena mereka telah memahami seluk beluk periklanan google. Namun bagi publisher yang masih mencari-cari cara atau jalan menuju sukses (misalnya saya sendiri) maka diperlukan kejelian dalam menyerap pengalaman kita sendiri sepanjang sejarah kita di adsense.

Kita tidak bisa hanya sekedar menirukan trik-trik yang dibagikan oleh publisher sukses, lantas kita bisa ikut sukses. Karena yang mereka bagikan adalah pedoman secara umum dan belum tentu cocok untuk diterapkan pada diri kita sendiri. Sekali lagi, kita perlu meracik sebuah ilmu yang kita gali dari pengalaman pribadi kita sendiri, disamping kita juga menggunakan pedoman sukses secara umum.

Jika blog kita terlanjur gado-gado maka sudah pasti akan mendapat gelar “high traffic low earning”. Namun, jika kita jeli dan mau memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan google untuk mengoptimasi pendapatan kita, niscaya kita bisa merubah nasib penghasilan kita dari menyedihkan menjadi menyenangkan.

Untuk merealisaikan semua itu kita harus memahami tahap-tahap pengoptimalan yang benar agar bisa mentas dari keadaan yang memprihatinkan.

Berikut ini beberapa tahap dalam membangunkan penghasilan adsense berdasarkan pengalaman saya yang semoga bisa membantu anda:

1. Peduli Trafik

Pertama kita harus fokus update artikel, dan ini merupakan tugas pokok yang tidak boleh diabaikan karena berguna untuk memacu pertumbuhan trafik blog kita. Seperti kita tahu, trafik adalah faktor penting. Meskipun anda memiliki blog niche, trafik tetap diwajibkan.

Dapatkan “kemampuan berpikir cepat” agar anda bisa memproduksi artikel full orisinil dalam jumlah banyak setiap hari secara konsisten. Ini bisa anda miliki dari latihan. Terus berlatih menulis dan banggalah dengan tulisan karya sendiri. Maka nantinya tanpa terasa anda akan menjadi penulis hebat.

Jika anda memiliki kelebihan khusus dalam hal menulis, maka trafik blog anda dijamin mampu mencaplok website milik seorang master ahli SEO. Hindari penulisan yang nantinya akan di tandai sebagai “salah eja” oleh algoritma google. Gunakan EYD yang benar dan susunlah kalimat dengan gaya bahasa formal agar artikel anda mampu bersanding dengan wikipedia di garis depan. Niscaya tulisan anda akan mengobrak-abrik halaman pertama google meskipun peringkat blog anda (pagerank) NOL BESAR.

2. Peduli CTR/RKT

Kedua, kita harus peduli pada laporan CTR adsense di akun adsense kita. CTR atau RKT (click through rate/rasio klik-tayang) adalah hitungan jumlah klik iklan dibagi dengan jumlah tayangan, tampilan laman, atau kueri yang anda terima.

CTR ini menunjukkan seberapa sering orang-orang yang melihat iklan anda yang pada akhirnya mereka mengeklik iklan tersebut. Jika banyak sekali orang melihat iklan anda namun tidak ada yang mau klik, berarti ada yang salah dalam optimasi iklan anda.

Jangan biarkan CTR (jumlah klik iklan) dibawah normal secara terus menerus, misalnya di bawah 2%. Anda harus terus menerus melakukan percobaan sampai CTR anda mencapai 2%, karena itu adalah CTR yang normal. Jika CTR terlalu tinggi tetapi CPC rendah, itu juga bisa berbahaya terkena banned. Pastikan CTR pada posisi wajar dan stabil, yakni antara 2%-3% saja. Dan itu sudah “full nice” menurut kartu skor.

Langkah meningkatkan CTR ini bisa anda coba dengan belajar memahami tata letak paling strategis di blog anda menurut mata pengguna, belajar memahami format warna yang mengundang klik, atau anda juga bisa melakukan pengujian A/B (eksperimen beta). Dan masih banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan CTR secara syah.

! Perlu kita tahu, blog niche dengan keyword HPK tinggi tidak akan menghasilkan uang sesuai harapan jika ada kesalahan dalam teknik meracik CTR ini. Kesalahan dalam teknik mengoptimalkan CTR bisa memicu invalid klik dan beresiko terkena Smart Pricing alias harga klik selalu rendah, atau bahkan beresiko terkena banned.

Pengoptimalan CTR merupakan salah satu faktor penting penunjang kesuksesan anda di adsense.

3. Peduli CPC/BPK

Jika langkah 1 dan 2 sudah teratasi, langkah ketiga adalah menaikkan CPC. Ini adalah tantangan tersulit, karena kita harus bisa merubah harga klik iklan dari rendah menjadi tinggi. Namun jika kita telah menemukan caranya, maka tidak ada satupun kata sulit. Sulit hanya berlaku bagi orang-orang yang belum tahu caranya.

Solusinya, kita bisa mencekal beberapa iklan (namun jangan terlalu banyak) yang sekiranya CPC-nya rendah, atau mencekal iklan yang sekiranya jarang di-klik oleh pengunjung (iklan yg membosankan), dan sebagainya.

Atau anda bisa mempertegas keyword tertentu dengan menyisipkannya di meta tags (namun jangan diulang-ulang agar tidak dibanned), atau anda menambahkan keyword andalan di belakang judul blog (namun harus relevan dengan isi blog), atau anda menyematkan keyword tertentu pada deskripsi penelusuran di setiap postingan (namun jangan terlalu menyimpang dari isi postingan), dan masih banyak lagi cara yang bisa kita lakukan.

Banyak jalan menuju roma. Terlalu banyak cara yang bisa kita lakukan untuk merubah nasib pendapatan kita, asalkan kita teliti dan pandai melihat “celah” yang bisa kita manfaatkan untuk mendongkrak CPC/BPK alias harga/biaya per-klik pada iklan adsense anda.

Tersenyum!

Jika ketiga teknik di atas telah kita pahami dan kita terapkan, niscaya blog apapun yang kita kelola akan memberikan hasil yang menyenangkan. Sehingga bibir yang biasanya cemberut akan berubah menjadi tersenyum lebar.

^^ Selamat bereksperimen dan semoga hasilnya menyenangkan. Jangan lupa baca juga Cara Belajar Memulai Menjadi Penulis Online Untuk Website.

Bagikan:
9 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.