3 Penyebab Artikel Postingan Hilang Dari SERP Google

Halo juragan… Pernahkah anda mengalami salah satu postingan anda yang sudah terindeks google tiba-tiba hilang dari halaman pencarian? Artikel yang tadinya muncul di hasil penelusuran tiba-tiba lenyap entah kemana.

Setiap hari jutaan artikel blog/website diposting ke internet dan semuanya ingin untuk menduduki halaman pertama mesin pencari, sedangkan halaman pertama pencarian hanya tersedia untuk 10 postingan saja.

Maka mesin pencari akan menghilangkan beberapa postingan untuk sementara sebelum menentukan peringkat masing-masing postingan blog di SERP (search engine result page).Ada beberapa penyebab yang paling sering terjadi;

1. Jika ada berita baru yang lagi ngetrend, semua blog di internet memposting informasi yang sama. Biarpun artikel berbeda namun semuanya memiliki topik yang sama. Sehingga artikel anda yang tadinya telah tampil di halaman pertama mesin pencari akan tergusur ke belakang secara bertahap dan akhirnya hilang. Nanti akan muncul lagi jika pengunjung sudah sepi. Konyol bukan? Karena memang begitulah sifat artikel musiman.

Agar postingan anda tidak hilang dari mesin pencari, maka kunjungilah postingan anda yang anda lihat di halaman pencarian tersebut pada saat ada berita trendy. Maka artikel anda akan langsung tersimpan di indeks mesin pencari dan tidak akan hilang dari SERP meskipun nantinya akan tergusur ke belakang oleh blog-blog yang lebih kuat.

2. Ada blog lain memiliki artikel dengan topik yang sama, dan peringkat mereka di SERP lebih kuat. Sehingga postingan anda akan hilang dari halaman penelusuran. Namun jika keduanya memiliki peringkat sama-sama kuat, maka keduanya akan sama-sama hilang dari halaman pencarian. Setelah salah satunya kalah, maka keduanya akan muncul di halaman pertama dalam posisi atas bawah.

Agar blog anda tidak kalah disaat bertarung di SERP seperti ini, maka kunjungilah postingan milik anda sendiri melalui halaman mesin pencari. Maka postingan anda akan langsung tersimpan di indeks mesin pencari dan tidak akan pernah hilang lagi.

3. Artikel anda di copas oleh blog lain yang memiliki peringkat lebih kuat. Jika hal ini terjadi maka postingan anda akan hilang dari SERP saat itu juga. Jika anda mengijinkan artikel anda di copy paste oleh blog lain tersebut, maka segeralah mengedit beberapa bagian di artikel anda agar bisa muncul lagi di mesin pencari. Atau bisa juga anda merubah sedikit judul postingannya.

Namun jika anda tidak mengijinkan artikel anda dicopas oleh blog lain, maka segeralah laporkan ke DMCA blogger. Besoknya artikel copasan tersebut akan langsung dihapus oleh google.

(*) Sebenarnya masih ada lagi faktor-faktor yang menyebabkan artikel anda hilang dari SERP google, namun ketiga di atas adalah yang paling sering terjadi. Itu saja yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa membaca Penyebab Trafik Visitor Blog Sulit Naik.

Bagikan:
68 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.