3 Hal Yang Membuat Website WordPress Kembali Fresh

Halo sahabat blogger nusantara… Ada dua hal utama yang membuat website wordpress self hosting milik kita bisa kembali segar alias fresh. Dampaknya adalah website mudah diakses karena loadingnya cepat alias tidak lambat.

website-segar

Berikut ini 3 hal yang mebuat website self host kembali fresh:

1. Membersihkan cache di database

Sebenarnya ada beberapa plugin pembersih database, salah satunya adalah Wp Clean-Up Optimizer, dll. Namun itu tidak cukup. Plugin hanya bisa membersihkan cache di database sebagian saja, sedangkan sampah-sampah yang tersimpan di database sejak anda membuat website tersebut sangatlah banyak. Bahkan lebih dari 200% dari file website anda sendiri dan tentunya sampah cache tersebut akan memakan resource hosting yang akibatnya memory hosting anda cepat penuh.

Jika anda tidak bisa membersihkan cache database sendiri, maka anda harus meminta bantuan pihak server untuk membersihkannya. Tindakan maintenace ini tidak harus dilakukan setiap hari atau minggu, namun hanya kadang-kadang saja jika anda baru saja menginstal plugin bermemory tinggi lalu anda menghapusnya lagi di wp-admin. Maka sisa-sisa plugin yang tidak bisa terhapus di database harus dibersihkan secara manual.

Hari ini pihak server blog juragan cipir sedang memberikan bantuan maintenace untuk membersihkan database dari sampah-sampah di dalamnya. Diharapkan sesudah itu website ini akan lebih cepat loadingnya. Dan saya ucapkan terima kasih kepada tim support Metroworldhost.com.

2. Space hosting tidak penuh

Usahakan space hosting kita tidak terlalu penuh dan pastikan warnanya hijau, jangan sampai kuning atau merah. Selain itu, hal-hal lain seperti penggunaan cpu, proses entry, usahakan dalam kondisi warna hijau (namun untuk yang satu ini tergantung kualitas server hosting kita). Di Metroworldhost ini semua tampilan yang ada di akun hosting saya berwarna hijau, tidak ada yang kuning atau bahkan merah. Ini berarti website kita lancar dan tidak mengalami hambatan apapun pada server.

3. Adminnya juga harus fresh

Pastikan stamina diri kita dalam keadaan prima baik fisik maupun psikis. Perut harus kenyang dan mata boleh tidak terlalu lelah, tidurlah yang cukup. Jika adminnya fresh maka website akan ikut fresh.  Pembaca akan senang dan si empunya blog juga akan senang.

Demikian yang bisa saya sampaikan buat teman-teman tentang 3 hal yang membuat website kita senantiasa fresh dan siap bersaing dengan website besar di internet. Semoga bermanfaat dan jangan lupa simak juga Kesalahan Memasukkan IP Adrress Pada Saat Propagasi DNS.

Bagikan:
4 Comments
  1. ryo85

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.