3 Hal Utama Yang Harus Dimiliki Oleh Penulis Artikel

Halo juragan… Penulis adalah sebuah profesi dan keahlian (skill). Tidak semua orang bisa menulis artikel dengan baik tanpa belajar sebelumnya. Menulis artikel tidak mudah, melainkan perlu belajar dan berlatih.

Baik belajar kepada seorang guru atau belajar secara autodidak/otodidak yang artinya belajar sendiri. Seorang otodidak tidak memiliki guru, karena gurunya adalah dirinya sendiri. Dalam bahasa Yunani disebut autodídaktos.

Seorang penulis artikel harus menguasai dasar pengetahuan yang kuat dalam bidang menulis agar memenuhi syarat untuk memiliki keahlian sebagai penulis.
Berikut ini 3 hal paling utama yang harus dikuasai oleh seorang penulis artikel, baik penulis artikel di buku, website/blog, atau penulis di media lainnya.

1. Menguasai bahasa

Seorang penulis artikel harus menguasai bahasanya sendiri dengan baik dan sempurna, baik secara lisan maupun tulisan. Bahasa merupakan kekuatan utama bagi seorang penulis untuk berkarya. Semakin sempurna bahasa yang dia kuasai maka akan sempurna pulalah artikel yang ia ciptakan.

2. Memahami bacaan

Seorang penulis artikel harus bisa memahami arti dan maksud dari bacaan apapun yang dibacanya. Dengan mudah mencerna bacaan apapun, maka dia akan semakin sempurna dalam merangkai kalimat untuk menciptakan artikel yang paling mudah dipahami oleh pembaca.

3. Memahami pembaca

Seorang penulis artikel harus bisa mengerti dan memahami kekurangan pembaca. Dengan berpedoman pada pengalaman pembaca, maka seorang penulis akan pandai menyusun alur cerita sehingga pembaca akan langsung paham hanya dalam sekali baca.

Jika pembaca bisa mengerti dan memahami artikel karya anda hanya dalam sekali baca saja tanpa mengulanginya lagi dari atas, berarti anda adalah penulis yang hebat.

Semoga bermanfaat bagi tuan dan nyonya juragan. Jangan lupa baca juga Cara Menulis Artikel Yang Paling Baik

Bagikan:
18 Comments
  1. Gus Durohman

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.