3 Alasan Utama Orang Beriklan di Google Adwords

Google Adwords adalah program periklanan online yang dikelola oleh Google yang kini dianggap sebagai solusi beriklan terbaik dan terpercaya di internet. Sejak Program Adwords didirikan pertama kali pada tanggal 23 oktober 2000 (2 tahun setelah lahirnya google), jutaan pengiklan yang menggunakan google adwords di seluruh dunia terus bertambah setiap tahunnya.

Bahkan beberapa pakar internet marketing mengatakan bahwa google adwords adalah masa depan cerah bagi bisnis di Indonesia.

Menurut saya pernyataan itu sangatlah tepat, karena dengan semakin memasyarakatnya internet di Indonesia, perusahaan-perusahaan berskala besar maupun kecil bisa mempopulerkan produknya melaui adwords, bahkan para pebisnis online berkelas perusahaan maupun perseorangan bisa dengan mudah menemukan pelanggannya mealui adwords dengan cara sangat mudah.

google adwords, internet marketing, bisnis online, cari uang online

Mengapa orang banyak suka beriklan di Google Adwords?

Karena google adwords mampu menjangkau klien di seluruh dunia dalam berbagai macam bahasa serta memiliki opsi yang sangat lengkap. Misalnya, pengiklan bisa memilih pelanggan berdasarkan geografis, seperti: negara, propinsi, kota, atau pelanggan seluruh dunia.

Selain itu pengiklan juga bisa menentukan batas maksimal anggaran harian atau biaya beriklan/kampanye perhari, dan ada fitur-fitur lain yang membantu pengiklan menemukan pelanggan yang tepat bagi produk mereka.

Apa alasan orang beriklan di google adwords?

Saya melihat ada 3 faktor, dua di antaranya adalah faktor realitas, sedangkan satunya adalah faktor non realitas. Berikut ini alasan utama mereka;

1. Ingin mendapat keuntungan

Ini adalah faktor realitas. Pengiklan mengiklankan produknya di google adwords karena mereka ingin mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya sehingga keuntungan yang didapat akan terus meningkat. Sebagai contoh, pelanggan yang menemukan produk milik pengiklan di google adwords akan tertarik untuk melakukan pembelian, dan jika terjadi transaksi maka pengiklan akan mendapatkan keuntungan.

2. Ingin produknya terkenal

Ini juga termasuk faktor realitas. Banyak pengiklan yang beriklan di google adwords hanya karena ingin produknya terkenal saja. Ini merupakan strategi marketing yang biasa digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, yaitu mereka ingin produknya diketahui oleh banyak orang. Dengan terkenalnya suatu produk, maka tingkat kepercayaan masyarakat terhadap produk tersebut akan semakin tinggi.

3. Faktor non realitas

Ini biasanya dilakukan oleh publisher adsense papan atas yang tidak memiliki hak kekayaan intelektual (haki) yang memadai atas semua materi di websitenya. Publisher-publisher tersebut sengaja menyiapkan anggaran besar setiap bulannya yang dikhususkan untuk beriklan di google adwords. Mereka berharap bahwa dengan beriklan di google adwords dalam jumlah tertentu maka akun adsensenya akan aman dari banned. Setidaknya ini adalah tips-tips yang pernah di share oleh para publisher adsense yang saya lihat di forum-forum di internet.

( i ) Namun bagi publisher papan atas yang mengantongi hak kekayaan intelektual atas semua materi di websitenya (biasanya website besar berkelas perusahaan), mereka beriklan di google adwords dengan tujuan untuk meningkatkan trafik serta mem-populerkan websitenya, tidak sekedar bertujuan melindungi diri dari banned. Bahkan beberapa website besar terpercaya ada yang beriklan di televisi dengan tujuan untuk mempertahankan popularitasnya.

^^ Demikian pendapat saya mengenai beberapa alasan mengapa para pengiklan (advertiser) banyak yang menggunakan google adwords. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua, amin. Jangan lupa baca juga Beberapa Tantangan Dalam Menjalankan Bisnis Online Pemula.

Bagikan:
6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.