2016, Bagaimana Kabarmu Google AdSense?

Sedikit, saya ingin mencurahkan hati sebagai seorang Publisher Google AdSense di tahun 2016 ini mungkin cukup hancur habis-habisan dengan keadaan yang menyusahkan ini.

Awal tahun memang menjadi hal yang paling umum bagi Google AdSense mengolah masukan dari pengiklan yang masuk, dan hal ini tentu menyangkut penghasilan yang turun bagi para publisher. Hal ini, hanya berdampak pada 1-2 bulan saja.

kabar-adsense
CPC Google AdSense

Namun, ternyata hal ini berbeda dengan tahun 2016. Dari Bulan Januari, Februari, Maret, April (rentang waktu 4 bulan) pendapatan terus mendatar, bahkan tidak jarang pendapatan menurun.

Anggap saja US$1 itu Rp 13.000.

Begini, pendapatan selama 4 bulan itu konflik yang timbul sangat luar biasa, mulai dari pengunjung turun di akhir tahun, pendapatan menurun, bahkan jumlah klik menurun padahal pengunjung tetap, dan padahalnya lagi iklan sudah ditempatkan di tempat yang paling rawan di klik oleh pengunjung.

Begini, banyak publisher Google AdSense yang mengeluhkan pendapatannya menurun, mulai dari faktor CPC. CPC Blog Bahasa Indonesia itu sangat rendah sekali, biasanya US$0,04 – US$0,10, tapi di tahun ini, tragedi yang amat mengenaskan terjadi, yakni per klik hanya dihargai US$0,02 saja, atau setara dengan Rp 260 saja!

Bayangkan, waktu yang kita habiskan setiap hari, setiap siang dan malam, waktu untuk berkumpul bersama keluarga, teman, sahabat, kita habiskan hanya untuk bermain Blog, dan hal ini tidak sebanding atau tidak berjalan lurus dengan hasil yang kita dapatkan.

Coba saja bayangkan jika asumsi Anda per hari begini :

100 klik dikali US$0.03 maka yang didapatkan Anda dalam sehari dapat Rp 39.000

Nah, beda lagi kalau di tahun 2016 ini, malah begini :

100 klik dikali US$0.02 maka yang didapatkan dalam sehari hanya Rp 26.000

Lihat, hanya beda nol koma nol bla bla bla saja mempengaruhi penghasilan sebegitu besarnya, hingga puluhan ribu, lah inilah yang sedang dialami oleh publisher di tahun 2016.

Terlebih, pengiklan hanya itu-itu saja, padahal internet di tahun 2016 sedang boomingnya, dan saya yakin internet akan tetap digunakan bahkan hingga 90% orang Indonesia di masa mendatang.

Apakah ini akhir dari Google AdSense, kalah dengan Facebook Ads, dan masih banyak platform iklan yang lainnya?

Apakah ini bagi para blogger, terutama saya yang harus rela mengatakan ‘say good bye’ kepada AdSense? Jujur saya lelah mengelola blog jika tidak ada hasil sebanding yang kita dapatkan.

Tapi, akan itu semua, kita harus percaya jika rencana Tuhan pasti yang terbaik, dan saya akan lihat ke depannya apa yang akan terjadi pada Google AdSense, apakah bertahan dengan seperti ini, atau akan bangkit kembali dengan sesuatu yang bisa merubah mood para publisher.

Bagikan:
58 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.