2 Ilmu Dasar Bermain Google Adsense Wajib Dikuasai

Publisher adsense merupakan pelaku internet marketing atau biasa disebut internet marketer. Melalui PPC milik google yang bernama adsense, publisher bisa menambang uang berapapun tanpa dibatasi. Dari sekian banyak mereka yang sukses dengan ribuan dollar perbulan, tidak sedikit juga mereka yang gagal maupun macet dalam bermain google adsense.

Penyebab mereka bisa sukses dikarenakan oleh faktor penguasaan mereka dalam bermain adsense serta nasib yang mujur, sedangkan bagi mereka yang gagal dikarenakan kurangnya penguasaan dalam bermain adsense serta nasib yang kurang mujur.

Namun kita tidak boleh menyalahkan nasib maupun menggantungkan keberuntungan pada nasib.  Usaha serta kerja keras adalah senjata ampuh untuk meringankan nasib yang kurang beruntung. Maaf teman-teman, jadi ngelantur nih tulisannya hehehe 😀

Simak juga 5 Keuntungan Anda Menambahkan Forum di Website.

2 hal penting yang wajib dipahami dan dikuasai oleh publisher adsense adalah:

1. Sumber pendapatan (Source of income)

Sumber pendapatan adalah Google adsense. Pahami sepenuhnya tentang google adsense. Hal ini dimulai dari pemahaman tentang kebijakan program adsense sebanyak-banyaknya. Semakin banyak pemahaman anda tertang kebijakan program adsense maka akan semakin ringan beban pikiran anda. namun jika anda mengabaikan pelajaran yang satu ini, maka bisa berakibat akun adsense anda celaka.

2 Ilmu Dasar Bermain Google Adsense Wajib Dikuasai

Kedua adalah pelajaran adsense lainnya, yaitu mencakup pengoptimalan iklan. Pelajaran tentang adsense sangatlah luas dan tidak ada batas akhirnya selama anda menjadi publisher. silakan anda perdalam sendiri pemahaman tentang adsense di halaman Pusat Bantuan Adsense yang selalu diupdate oleh Google.

2. Cara promosi (Traffic generation)

Tanpa didukung promosi yang memadai maka kita tidak akan mendapatkan uang. Siapa yang akan klik iklan jika blog kita tidak ada pengunjung? Cara promosi ini dibagi 2, yaitu promosi di search engine (SEO) dan promosi di sosial media (jejaring sosial).

SEO (search engine optimization)

Cara promosi website adsense yang terbaik adalah SEO, yaitu berpromosi di search engine agar website anda bisa mendapatkan pengunjung bertarget. Pengunjung dari search engine atau biasa disebut visitor unik ini adalah wajib hukumnya.

Simak juga Tips Membuat Website Besar Berpenghasilan Besar.

2 Ilmu Dasar Bermain Google Adsense Wajib Dikuasai

Agar kita bisa mendapatkan visitor organik yang sehat dan stabil, maka kita harus memahami pedoman SEO versi google, yaitu optimasi mesin pencari yang mematuhi standar pedoman mutu webmaster google. Jika anda mengabaikan pelajaran seo versi google, maka bisa mengakibatkan blog anda celaka dan akun adsense anda juga bisa ikut menyusul celaka.

Satu tips dari saya: Agar website anda bisa mendapatkan trafik dari search engine paling mudah tulislah artikel yang panjang. Untuk blog yang baru saja di buat, tulislah artikel dengan panjang 1.000 words/kata jika ingin website anda segera menduduki halaman pertama google dalam waktu singkat. Jangan berpikir mencari backlink, karena backlink sama sekali tidak berguna jika artikel anda sudah panjang.

Jejaring sosial (sosmed)

Sedangkan promosi kedua adalah dari media sosial atau medsos/sosmed, dalam hal ini adalah Google plus. Namun promosi kedua ini sifatnya opsional, hanya berperan membantu promosi pertama saja.

2 Ilmu Dasar Bermain Google Adsense Wajib Dikuasai

Promosi website yang menggunakan selain 2 cara di atas tidak terlalu penting untuk dilakukan bagi blog adsense. Bukannya anda tidak boleh berpromosi di media sosial lainnya seperti facebook, twitter, dan medsos lainnya, namun pastikan trafik dari sosmed selain Google+ tidak melebihi trafik yang datang dari search engine. Pastikan trafik dari search engine tidak kurang dari 60% dari total trafik keseluruhan.

Meskipun trafik dari Google+ direstui oleh google, namun jangan menciptakan trafik spam, yaitu menebar link website di google plus secara berlebihan dengan tujuan mencari trafik. Lakukan share di Google plus secara normal dan wajar, yaitu cukup sekali saja setiap selesai update artikel baru.

Pelajaran adsense lainnya

Setelah anda mengantongi 2 ilmu pokok di atas, selanjutnya silakan anda belajar ilmu lain-lainnya tentang adsense, termasuk belajar membuat blog niche bertrafik tinggi dan sebagainya. Niscaya anda akan mudah mewujudkannya jika telah menguasai 2 pelajaran wajib di atas.

2 Ilmu Dasar Bermain Google Adsense Wajib Dikuasai

Saya tutup disini dulu sharingnya buat teman-teman, karena kalau saya lanjutkan lebih panjang saya khawatir teman-teman bosan membacanya. Yang penting kita sudah tahu tentang 2 hal penting di atas yang harus benar-benar kita pahami dan kita kuasai agar perjalanan kita sebagai publisher adsense bisa memasuki pintu gerbang kesuksesan seperti yang kita harapkan. Lain kali disambung lagi ya 😀

Jangan lupa baca juga Belajar Membuat Website Sukses Ala Andrew Darwis.

Bagikan:
40 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.