10 Hal Yang Membuat Website Bisa Bertrafik Tinggi

Halo sahabat blogger dan para pembaca tercinta blog juragan cipir, kali ini saya akan membahas apa sajakah yang bisa membuat sebuah website bisa menerima lalulintas atau kunjungan tinggi. Seperti kita tahu, semakin hari tingkat persaingan di mesin pencari sangat ketat yang dikarenakan banyaknya website-website baru yang bermunculan di internet. Belum lagi website-website besar berumur lama yang dengan paksa merampas halaman pertama google, hal ini sepertinya mempersulit bagi blog kita untuk bersaing dengan mereka dalam mendapatkan lalulintas menyenangkan ke website kita.

trafik-website

Namun jangan khawatir! Tidak harus website besar yang bisa menerima trafik tinggi, bahkan blog gratis dari blogspot juga bisa menerima trafik tinggi jika kita tahu rahasianya. Lihat saja websitenya Linda Ikeji yang hanya berisi artikel sepotong kalimat disertai satu gambar tapi bisa menjadi personal blog dengan trafik tertinggi di dunia.

Jika anda mau belajar kreatif, maka website anda akan ikut tampil bersama golongan websitenya para master di halaman pertama google, yang mana mereka memiliki strategi senmdiri-sendiri dan kita juga menggunakan strategi kita sendiri dalam menciptakan popularitas website kita di mesin pencari.

Ini lho hal-hal yang bisa membuat blog / website anda bertrafik tinggi

1. Blog yang rajin diupdate

Blog yang rajin diupdate sangat berpeluang menerima trafik tinggi nantinya. Blognya Linda Ikeji diupdate hingga rata-rata 30 artikel perhari, sama seperti portal berita deik.com,  kompas.com, merdeka.com, dll. Jika anda mau betah melek dan bermodal “otot kawat balung wesi” seperti mereka dalam update artikel, jaminan 100% blog anda akan bertrafik tinggi nantinya.

Selain itu, blog yang rajin diupdate dengan artikel dalam jumlah banyak maka blog tersebut akan memiliki banyak konten dalam waktu relatif singkat. Sebagai logikanya, blog yang kaya konten akan lebih berpeluang menerima banyak pengunjung daripada blog yang miskin konten.

2. Blog yang memiliki banyak backlink berkualitas

Bukan sembarang backlink, namun backlink berkualitas. Backlink berkualitas misalnya: backlink dari website lain yang berperingkat tinggi, backlink dari blog biasa namun alami atau disebut backlink alami (mis: blogger biasa yang menyukai blog anda lalu mengarahkan link ke blog anda), backlink yang bealiran dofollow, dll. Tapi ingat lho ya, bukan backlink spammy, seperti: membeli backlink, mensubmit url ke situs direktori, menyebar url dengan menggunakan bot spamer, dll. Backlink spammy justru akan membunuh website anda di belakang hari. Tidak sekarang, tapi nanti jika sudah tercium algoritma google.

3. Blog yang memiliki banyak artikel berkualitas

Jack Herrick (pendiri WikiHow) mengatakan: satu artikel berkualitas akan lebih baik dari seratus artikel yang biasa-biasa saja. Simak selengkapnya tentang Wikihow, Satu di Antara Website Dengan Trafik Tertinggi di Dunia.

Nah, sekarang ketahuan. Blog yang kaya akan artikel berkualitas dijamin mendapatkan trafik tinggi daripada blog yang berisi artikel biasa-biasa saja. Artikel berkualitas akan  disukai pembaca, disukai mesin pencari, dan mudah ditemukan di internet. Maka buatlah artikel berkualitas sebanyak-banyaknya di website anda. Jika anda menulis sepuluh artikel berkualitas di blog anda berarti sama dengan anda memiliki seribu artikel yang biasa-biasa saja. Jika jumlah artikel berkualitas ciptaan anda telah memasuki 100 artikel, maka anda akan tahu apa yang disebut “trafik berlipat ganda” yang jauh melebihi jumlah artikel yang ada di blog anda.

4.  Blog yang dikelola secara berkolaborasi

Lagi, Jack Herrick juga mengatakan: manusia diciptakan untuk berkolaborasi, maka bangunlah website anda secara berkolaborasi alias bekerjasama dengan pembaca blog anda. Website yang dibangun secara betkolaborasi akan mudah mendapatkan apa yang disebut “terkenal” dan jaminan menerima trafik tinggi. Contohnya adalah: Wikipedia, WikiHow, Kaskus, Kompasiana, Bersosial.com, Ceriwis.com, dan masih banyak lagi.

Bahkan Kaskus, tidak ada satupun website di Indonesia yang bisa mengalahkan trafiknya Kaskus, karena Kaskus diupdate oleh lebih dari 4 juta Kaskuser yang tersebar di planet bumi. Kabarnya Google dan Yahoo pernah menawarnya dengan harga sebesar 100 miliar rupiah karena mereka tahu bahwa Kaskus miliknya mas Andrew Darwis ini merupakan sebuah  website yang sangat potensial.  Simak selengkapnya disini Tahukah Anda Pemilik Bisnis Online Tersukses di Indonesia?

Bahkan blog Juragan Cipir ini juga dikelola secara berkolaborasi dan banyak sekali artikel di blog juragan cipir yang merupakan tulisan anda. Meskipun si empunya blog juragan cipir sedang “cuti” dari ngeblog, namun puluhan kiriman artikel dan puluhan thread di forum terus berdatangan. Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para member serta pembaca setia blog juragan cipir dalam berbagi ilmu melalui blog ini. Hanya ucapan terima kasih serta doa semoga anda dilimpahkan rizkinya dunia akhirat oleh Allah SWT, amin.

5. Si empunya blog telah memiliki brand di internet

Seperti saya sebut di atas, Linda Ikeji misalnya. Ia telah memiliki”personal brand” alias nama “Linda Ikeji” telah menjadi merk dan keyword di internet, sehingga blog apapun yang dikelola oleh Linda Ikeji akan cepat terkenal dan mudah mendapatkan trafik. Info selengkapnya silakan baca Menyimak Kekuatan Blog Linda Ikeji Milik Blogger Cewek Nigeria. Jika nama anda telah terkenal di internet, maka blog apapun yang anda kelola akan cepat terkenal dan mudah mendapatkan trafik.

Untuk membangun personal brand yang baik maka anda harus belajar menulis artikel berkualitas, menciptakan sensasi positif, menjadi blogger inspirator, menjadi mentor para blogger, membuat artikel unik yang lain dari yang lain, menjadi blogger fenomenal, dan lain sebagainya. Tergantung apa potensi pada diri anda yang bisa anda gali untuk menciptakan personal brand.

Contoh lain adalah mas Eka Lesmana. Meskipun mas Eka tidak memberitahu satupun blog milknya kepada pengguna internet, tapi blognya mas Eka Lesmana diburu oleh pengguna internet. Apalagi jika mas Eka Lesmana membuat sebuah “Official Website Eka Lesmana” maka sudah pasti akan cepat terkenal dan menjadi tempat berkumpulnya para blogger dan publisher adsense.

Mengapa hal ini mungkin terjadi? Karena nama “Eka Lesmana” telah menjadi brand di internet sebagai publisher adsense sukses yang berawal dari seorang “tukang angon bebek” dan sekaligus akan menjadi mentor bagi para blogger dan publisher adsense. Simak juga tentang Kisah Sukses Publiher Adsense Indonesia Eka Lesmana Asal Semarang.

6. Blog yang dipromosikan dengan baik

Promosi blog atau dalam dunia internet marketing disebut “traffic generation” merupakan bagian penting dalam menciptakan popularitas blog di internet. Bahkan dalam sebuah penjelasan di halaman bantuan Google Adwords, banyak pengiklan adwords yang beriklan di internet hanya sekedar ingin websitenya terkenal. Dan ini adalah “cara pertama” yang paling jitu untuk menciptakan sebuahwebsite bertrafik tinggi.

Jika “nama” blog anda sudah dikenal, maka anda tinggal mengisinya dengan konten berkualitas, dan nantinya akan dicari oleh pengunjung tanpa harus menggunakan mesin pencari. Misalnya, website yang telah terkenal seperti detik.com. kompas.com, merdeka.com, dll. Pembaca biasanya langsung mengetikkan alamat website tersebut di browser tanpa meminta bantuan mesin pencari. Website seperti ini pasti memiliki trafik tinggi karena telah dikenal oleh banyak netter.

7. Blog yang banyak dibookmark

Blog yang banyak dibookmark oleh pembaca akan mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Ketika ada kunjungan dari bookmark di google chrome, maka google akan mencatat kunjungan ini sebagai “bookmark referer” yang menandakan bahwa blog anda banyak disukai pembaca sehingga google akan memasukkannya ke dalam daftar website penting dan diberi peringkat bagus di mesin pencari.

Selain itu, bookmark referer akan diketahui oleh google sebagai pengunjung berulang alias pengunjung loyal, seperti penjelasan di atas, pengunjung berulang akan mendongkrak popularitas website anda di halaman pertama pencarian google. Tidak sembarang website dibookmark oleh pembaca, maka google juga akan memberikan peringkat yang tidak sembarangan.

8. Blog yang memiliki banyak navigasi

Navigasi blog ini jangan dianggap sepele. Blog yang menyediakan banyak navigasi akan memudahkan pembaca membuka-buka blog kita sehingga bounce rate akan menurun, dengan demikian maka google akan menaikkan peringkat blog kita di mesin pencari karena dianggap sebagai website yang menyediakan banyak artikel bermanfaat. Berbeda dengan blog yang ketika pengunjung datang lalu pergi atau malas berlama-lama di blog kita karena navigasi yang buruk.

Apalagi jika navigasi kita dilengkapi dengan artikel terkait yang disertai thumbnail gambar menarik, maka hal itu bisa menarik perhatian pembaca untuk membuka thumbnail-thumbnail menarik yang mereka lihat. Selain itu, judul postingan yang menarik juga akan tampil pada artikel terkait sebagai suatu pemancing rasa penasaran pembaca untuk membukanya. Maka, manfaatkanlah navigasi blog untuk mencegah pembaca pergi dari blog anda sebisa mungkin.

9. Blog yang ringan loadingnya

Hampir mirip dengan penjelasan pada nomor 8 di atas. Blog yang ringan loadingnya akan memudahkan pembaca untuk menavigasi blog anda sehingga mereka akan menghabiskan banyak waktu di blog anda. Ujungnya, peringkat blog kita akan naik di mesin pencari dan mudah mendapatkan trafik. Selain itu, secara teknis desain web yang ringan loadingnya akan membuat blog kita “seo friendly” di mesin pencari karena Google juga mencatat seberapa cepat “page speed” alias kecepatan loading blog kita.

Seperti apa yang dijelaskan google di halaman-halaman bantuan google bahwa Google sangat mengutamakan pengalaman pengguna atau pembaca website atau biasa disebut “users experient”. Jika website kita mengutamakan pengalaman pengguna, maka google akan memberikan peringkat yang baik kepada blog kita sebagai blog yang memberikan pengalaman menyenangkan kepada pengguna. Maka trafik akan mudah kita dapatkan.

10.  Website yang dioptimasi dengan baik

Optimasi website ini sangatlah luas, mulai dari menulis artikel, backlink, internal link, webmaster tools, hingga teknik-teknik seo lainnya baik seo onpage maupun seo offpage merupakan serangkaian optimasi website. Bahkan jumlah “kata” yang anda tulis pada sebuah artikel juga termasuk bagian dari optimasi website. Simak juga Artikel SEO Friendly, Berapa Minimal Jumlah Kata di Postingan?

Untuk bisa melakukan optimasi website dengan baik kita perlu belajar dan membutuhkan jam terbang yang cukup di dunia blogging, tidak bisa secara instant kita mamahami ilmu seo alias optimasi website. Namun dengan kemauan untuk terus belajar yang diikuti  dengan praktek secara berkelanjutan, maka tanpa terasa kita akan memahami lebih banyak tentang pelajaran optimasi website. Bagi webmaster yang sudah berpengalaman, hanya diperlukan waktu sekitar 3 bulan hingga 1 tahun untuk menciptakan sebuah website potensial yang bertrafik tinggi, dang tentunya juga memerlukan biaya materi tidak sedikit agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Salam blogger [JuraganCipir.com]

Bagikan:
41 Comments
  1. AlviyA
  2. Risman Aji Darmawan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.