10 Contoh Bisnis Yang Prospeknya Bagus Dan Layak Anda Pilih

Faktanya, tujuan dasar berbisnis adalah mendatangkan keuntungan. Bisnis yang bagus biasanya memiliki tujuan dan target market jelas. Ketika tujuan sudah ada, akan mudah menyusun langkah-langkah yang akan ditempuh. Mulailah dengan menentukan barang atau jasa yang akan dijual.

Setelah itu, tentukan pembelinya. Pembeli dan barang ada, tentukan distribusi, packaging dan strategi promosinya. Terakhir, barang dan jasa diproduksi.

Bisnis di era digital ini memerlukan penanganan yang harus sesuai dengan perkembangan jaman. Penggunaan internet pada hampir semua lini kehidupan telah mengubah pola konsumsi dan juga pola produksi. Perputaran barang dan jasa juga uang terjadi sangat cepat. Ini menuntut orang yang telah memutuskan berbisinis untuk berpikir cepat dan kreatif.

Keuntungan sebagai tujuan akhir bisnis ternyata memiliki serangkaian tujuan pendukung. Tujuan pendukung itu bisa berupa kelangsungan bisnis, citra perusahaan, konsumen yang setia juga nilai lebih bagi masyarakat. Ketika citra sebuah perusahaan baik dan masyarakat percaya pada produk dan pelayanannya, itu akan berbanding lurus dengan keuntungan yang didapat.

Menentukan Pilihan

Keputusan untuk berbisnis sudah dibuat, saatnya menentukan mau berbisnis apa. Menentukan pilihan ini bisa jadi masalah besar. Bukan karena tidak adanya pilihan, tapi justru karena terlalu banjir pilihan. Bikin bingung. Oleh karena itu penting bagi seorang wirausaha untuk menentukan jenis bisnis yang paling tepat baginya.

Pebisnis yang mampu melakukan ini di awal bisnis, biasanya dapat menuai kesuksesan.

Dari banyaknya pilihan yang ada, bisa dipilih yang paling dekat dengan diri kita sebagai manusia. Apa yang menjadi kebutuhan dasar manusia di saat ini. Tentunya seiring dengan perkembangan jaman, kebutuhan dasar manusia bisa bergeser. Misalnya, kalau dulu ponsel bukanlah kebutuhan pokok, sekarang bisa dikatakan ponsel sama pentingnya dengan makanan.

Jenis-Jenis Bisnis yang Bisa Digarap

Umumnya, orang lebih suka jika langsung diberi project. Kembali lagi, keberhasilan mencapai tujuan bisnis tergantung kepada kemampuan manajerial dan kecermatan membaca peluang. Berikut ini adalah gambaran bisnis-bisnis yang bisa dijalankan dan memiliki prospek bagus :

1. Kuliner

Bisnis yang satu ini akan selalu ada selama dunia berputar dan manusia masih memerlukan makanan untuk tetap hidup. Menjamurnya bisnis kuliner dan telah digarapnya semua segmentasi pasar pada bisnis ini tidak langsung membuatnya kehilangan pamor. Setiap hari muncul varian-varian kuliner baru dan anehnya tetap laku di pasar.

Mungkin bagi orang yang tidak pandai memasak pilihan bisnis ini sama saja bunuh diri. Namun, tidak perlu bisa masak untuk memulai bisnis kuliner. Suka makan saja sudah jadi alasan yang cukup untuk mulai bisnis kuliner. Pertanyaannya, kuliner seperti apa yang disukai orang? Tentu saja yang enak. Selain enak adalah yang harganya terjangkau.

Untuk era digital seperti sekarang, enak dan murah saja tidak cukup. Bisnis kuliner juga harus menawarkan kepraktisan. Oleh karena itu, bisnis kuliner yang laku belakangan ini adalah yang mudah dibawa dan mudah didapatkan. Melengkapi ini, layanan delivery service sangat diperlukan.

Perbanyaklah pengetahuan mengenai kuliner-kuliner dari berbagai kota di Indonesia atau bahkan dunia. Olah dengan memberikan sentuhan-sentuhan baru agar citra diri tetap tercermin pada setiap menu yang ditawarkan. Gunakan media promosi yang tepat.

2. Fashion

Sejalan dengan kebutuhan manusia akan makanan, pakaian akan terus diperlukan. Jangan takut kehabisan ide tentang jenis pakaian apa yang cocok untuk saat ini. Faktanya, mode di dunia fashion itu selalu berulang. Model baju ditahun 50-an justru kembali menjadi tren baru-baru ini. Oleh karena itu, fashion ini termasuk salah satu jenis bisnis yang prospeknya bagus.

Modal yang diperlukan untuk berbisnis fashion juga beragam. Bagi yang memiliki permodalan kuat, bisa dengan membuka butik atau fashion outlet. Namun bagi yang bermodal kecil, sistem online shop atau dropship bisa menjadi pilihan. Bahkan bagi yang lebih berani, bisa menerapkan sistem on demand. Ketika ada pesanan, barulah desain baju atau jaket dibuat.

Untuk sukses di bisnis ini, perlu diketahui sejak awal segmentasi pasarnya. Pada setiap segmentasi pasar tentu memiliki perlakuan yang berbeda. Bagi pemula, pilih satu saja segmen pasar agar lebih focus dalam menentukan jenis promosi dan produk model apa yang akan digarap. Pengetahuan akan hal ini penting karena fashion adalah bisnis yang cukup dinamis.

3. Toko Bangunan

Yakin bisnis ini adalah bisnis yang prospeknya bagus? Ya, kenapa tidak. Selama masih ada lahan kosong untuk sebuah bangunan berdiri, bisnis ini akan terus ada. Namun, bukan berarti tanpa tantangan. Menjalankan bisnis retail seperti toko bangunan ini gampang-gampang susah. Selain modal yang besar, juga menuntut varian produk yang banyak dan lengkap.

Tips sukses di bisnis ini adalah dengan memiliki hubungan baik dengan supplier bahan bangunan. Selain itu penetapan harga yang bersaing dengan toko bangunan lain. Di awal bisnis, hindari pembayaran skema tempo dari konsumen. Biasanya yang menetapkan skema ini adalah kontraktor. Mungkin jika nanti track record pembayaran atau proyek si kontraktor terbukti baik dan terus ada, skema tempo bisa diterapkan.

Bisnis retail seperti toko bangunan ini bisa sukses jika produk yang dijual banyak dan terjamin ketersediaannya. Layanan pengantaran dan juga pelayanan yang ramah juga menjadi kunci suksesnya usaha ini. Menariknya, peluang usaha ini masih terbuka lebar bagi pemain-pemain baru.

4. Kopi

Emas hitam bernama kopi ini sedang naik daun. Walaupun harga kopi dunia sempat turun beberapa waktu lalu, tidak lantas membuat peluang usaha yang berkaitan dengan kopi menurun. Warung kopi masih menjadi bisnis yang prospeknya bagus. Menjamurnya warung kopi dan meningkatnya komsumsi nasional menjadi bukti semua itu.

Selain membuka warung kopi, menjalankan bisnis roasting biji kopi juga bisa digarap. Untuk sukses dibidang roasting kopi diperlukan hubungan baik dengan petani kopi dan juga jaringan kedai-kedai kopi. Jika ingin merambah ke pasar yang lebih luas lagi, pebisnis bisa mengekspor kopinya ke luar negeri. Terbukti kopi Indonesia sangat disukai pasar dunia dan membuat harga kopi Indonesia cukup bersaing.

5. Salon dan Barber Shop

Bisnis ini masih asik untuk dijalankan. Bahkan varian yang bisa dikembangkan dari bisnis ini sangat banyak. Salon, bukan lagi sekedar tempat orang potong rambut. Sekarang, salon bisa dikombinasikan sebagai one stop treatment. Mulai dari potong rambut, massage, spa, nail art, juga makeup artist.

Untuk barber shop yang menargetkan kaum pria, maka bisa dikombinasikan dengan usaha coffee shop. Sehingga mereka bisa menikmati kopi sembari menunggu antrian di barber shop tersebut.

Menghadapi era digital, salon dan barber shop punya tantangannya sendiri. Terkadang orang tidak punya waktu untuk datang dan mengantre di salon. Untuk itu sistem layanan di rumah patut di jajal. Salon yang menerapkan layanan ini akan bisa meraup keuntungan lebih besar. Inilah salah satu faktor yang membuat salon dan barber shop termasuk bisnis yang memiliki prospek bagus.

6. Financial Planner

Jaman sekarang fungsi seorang financial planner bisa dibilang penting. Segmen pasar untuk bisnis ini terbuka lebar. Mengapa? Banyak orang yang masih keliru dalam mengelola keuangannya dan menyebabkannya jatuh bangkrut. Financial planner membantu orang-orang ini menentukan investasi apa yang cocok, pengelolaan keuangan apa yang bisa dilakukan, bahkan hutang macam bagaimana yang cocok dengan penghasilan.

Bisnis ini bisa dijalankan sendiri atau dengan rekan yang memiliki kemampuan dan minat yang sama. Klien dari bisnis ini mulai dari perorangan sampai korporasi. Urusan nominal, bisnis ini rate-nya sangat menggiurkan. Tidak ada tolak ukur yang pasti mengenai harga seorang financial planner. Semakin mumpuni tentunya semakin mahal.

7. Penulis

Sejak jaman dulu, tulisan sudah lekat dengan kehidupan sehari-hari manusia. Menjadikan tulisan sebagai bisnis memang bukan hal yang mudah namun juga bukan hal yang sulit. Pada era internet saat ini yang semakin marak dengan konten digital, maka menjadi penulis termasuk salah satu peluang bisnis yang menjanjikan.

Mulai dari banyaknya website yang memerlukan konten, toko buku yang memerlukan buku untuk dijual, juga perusahaan yang memerlukan tulisan untuk promosi produk mereka. Jika tidak punya keahlian menulis, membuka usaha penerbitan juga bisa dicoba. Bagaimana dengan e-book yang merajalela? Tenang, sistem print on demand bisa dicoba untuk dijalankan.

8. Toko Susu dan Popok Bayi

Bisnis ini marginnya tergolong kecil, namun membutuhkan yang modal besar. Namun Anda jangan khawatir, bisnis ini sangat bagus untuk dijalankan, dan pangsa pasarnya selalu ada. Untuk orang Indonesia yang menganggap susu bubuk adalah makanan pokok bayi dan anak-anak, bisnis ini selalu punya tempat.

Jika modal belum mencukupi, bisa disiasati dengan berkongsi dengan saudara atau teman. Ingat, bisnis ini menerapkan sistem beli putus, jadi bagi pemula jangan menyimpan barang terlalu banyak

Lokasi dan harga menjadi kunci sukses bisnis ini. Carilah lokasi padat penduduk atau minimal dekat dengan perumahan. Harga murah adalah keharusan. Siasat untuk mendapat harga murah adalah belanja langsung ke distributor besar. Mengapa lokasi penting? Karena bisnis ini memerlukan perputaran produk yang cepat untuk mendapatkan untuk yang cepat pula.

9. Jasa Ekspedisi

Seiring dengan terus berkembangnya e-commerce, maka jasa ekspedisi pun ikut berkembang pesat. E-commerce memerlukan pengiriman barang dan jasa ekspedisilah jawabannya. Sekarang ini banyak jasa ekspedisi baru bermunculan. Jika ingin ikut meramaikan bisnis ini, bisa dimulai dengan sistem franchise. Lokasi juga menentukan, pilih lokasi yang mudah dijangkau dan memiliki area parkir yang luas. Area parkir luas ini untuk memudahkan bongkar muat.

10. Industri Kreatif

Bisnis ini menjadi bisnis yang prospeknya bagus. Segala hal yang berbau kreatifitas bisa diolah menjadi bisnis yang menghasilkan. Mulai dari desain produk, content creator, event organizer, daur ulang produk dan juga advertising. Pelaku bisnis ini biasanya anak muda karena biasanya merekalah yang paling banjir ide bisnis.

Era digital menuntut kehadiran bisnis kreatif ini untuk menopang keberlangsungan bisnis-bisnis yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, bisnis retail memerlukan digital marketing yang sesuai dengan pasar saat ini. Maka dari itu, keberadaan industri kreatif sangat dibutuhkan dewasa ini.

Bisnis yang memiliki prospek bagus tentu akan banyak pula peminatnya. Bisnis model ini menjadi incaran pengejar untung. Masalahnya, tidak semua orang mampu menetukan bisnis seperti apa yang prospeknya bagus. Banyak bisnis gagal di tengah jalan karena keputusan awal yang salah.

Memulai bisnis adalah seperti membesarkan bayi menjadi anak kemudian merawatnya sampai tumbuh dewasa. Sehingga perlu perlakuan tepat dan strategis yang cerdas, agar bisnis tersebut mampu meraih kesuksesan.

Bagikan:
3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.