10 Bisnis Online Tanpa Modal yang Cocok untuk Semua Kalangan

Zaman sekarang semua orang bisa memulai bisnisnya sendiri. Bahkan ada istilah bisnis tanpa modal yang memang benar adanya. Bisnis tanpa modal ini bisa dimulai dari basis penjualan online. Di mana kamu tidak perlu mengeluarkan biaya operasional dan biaya lainnya.

Ada banyak pilihan bisnis tanpa modal yang bisa kamu sesuaikan dengan potensi dirimu sendiri. Misalnya kamu punya daya tarik maka jadi influencer bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu juga bisa berjualan barang tanpa harus stok barangnya, metode ini dinamakan dengan dropshipper.

Rekomendasi bisnis online tanpa modal yang menguntungkan

Kamu ingin memulai bisnis online tapi terbatas modal? Selain itu juga masing bingung mau bisnis apa? Kali ini akan dibahas lengkap rekomendasi “bisnis online tanpa modal” yang layak kamu coba. Bahkan bisnis ini cocok untuk semua kalangan, simak ulasan lengkapnya di sini.

1. Dropshipper

Pernahkan kamu mendengar istilah barang dropship? Dropship merupakan penjualan barang atas namamu tapi diperoleh dari pihak lain. Pelakunya disebut dengan dropshipper. Sederhananya, kamu memberi tahu teman atau orang terdekat bahwa kamu menjual buku.

Saat itu kamu belum memiliki barangnya tapi jika mereka berminat dapat memesan dulu padamu. Setelah mereka memberikan sejumlah uang, maka kamu membeli buku tersebut pada supplier. Tentu saja harga yang kamu tawarkan sudah ditambah dengan keuntungannya.

2. Reseller

Berbeda dengan dropshipper, reseller merupakan istilah orang yang menjual kembali barang pihak lain tapi sudah punya stoknya dulu. Misalnya kamu tertarik untuk berjualan frozen food tapi tidak memungkinkan untuk produksi sendiri.

Maka kamu tetap dapat berjualan frozen food  dari brand yang sudah ada sebelumnya. Kamu bisa stok terlebih dahulu lalu melakukan promosi agar jualanmu makin dikenal. Kamu tidak perlu membeli terlalu banyak, cukup beberapa saja sebagai produk demo untuk menarik pelanggan.

READ  Tips Bagi yang Bingung Bagaimana Cara Jualan Buat Para Pemula

3. Jasa titip barang

Bisnis online satu ini cocok buat kamu yang punya hobi travelling ke suatu daerah atau bahkan negara. Daripada hanya jalan-jalan saja, kamu bisa membuka bisnis jastip (jasa titip) barang-barang yang hanya ada di tempat tersebut.

Beberapa hari sebelum keberangkatan, kamu bisa membuat promosi di media sosial mengenai bisnis jastip ini. Jika barang jastip yang kamu tawarkan menarik tentu akan banyak peminatnya. Tapi kamu perlu perhatikan untuk harganya, tetapkan harga wajar di mana sudah termasuk modal, keuntungan, dan biaya operasional lainnya.

4. Influencer

Siapa nih yang punya cita-cita jadi artis? Di zaman sekarang, media sosial membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pengguna untuk mengekspresikan diri mereka. Hal ini memungkinkan mereka jadi influencer yang memberi dampak bagi banyak orang.

Jangan salah karena influencer juga bentuk bisnis online. Melalui pengaruh mereka di media sosial, banyak brand yang mengajak kerja sama. Dari kerja sama inilah seorang influencer memperoleh penghasilan. Influencer akan melakukan pemasaran melalui konten yang mereka buat.

5. Mengikuti survei berbayar

Buat kamu yang ingin memanfaatkan waktu luang, coba ikuti survei berbayar yang banyak tersebar di internet. Ini bisa jadi bisnis online tanpa modal untuk pelajar, mahasiswa, dan kalangan lainnya. Dari mengisi survei kamu akan mendapat uang sesuai peraturan yang sudah tertulis sebelumnya.

Kamu hanya modal paket internet untuk mengisi survei ini. Jika dilakukan dengan konsisten, penghasilan dari mengisi survei cukup menjanjikan. Bisa untuk menambah uang jajan bulanan kamu. Tapi tetap waspada penipuan, banyak juga penipuan berkedok survei online berbayar.

6. YouTuber

Sejak meledaknya pengaruh YouTube beberapa tahun lalu, ternyata YouTuber jadi profesi yang banyak digemari generasi saat ini. Menjadi seorang kreator video memang cukup menjanjikan, beberapa penghasilan yang dihasilkan bisa melalui adsense atau kerja sama dengan brand.

Siapapun bisa menjadi YouTuber, bahkan pelajar SMP sekalipun. Sehingga YouTuber bisa jadi bisnis online untuk pelajar SMP tanpa modal. Kamu bisa menentukan mau jadi YouTuber yang seperti apa, misalnya game, memasak, vlog, dan lain sebagainya.

7. Menjadi mitra di Marketplace

Selanjutnya kamu bisa bergabung dengan marketplace, kamu bisa menjadi penjual di marketplace tersebut. Dengan bergabung menjadi mitra kamu tidak perlu lagi dipusingkan dengan sewa tempat dan biaya operasional lainnya.

READ  Nyali Ciut Main Saham? Ikuti Cara Berikut agar Terhindar dari Kerugian!

Apalagi sejak pandemi, kebanyakan orang lebih suka belanja online daripada harus langsung toko offline. Ini bisa jadi kesempatan bagus agar produkmu semakin dikenal banyak orang.

8. Blogger

Buat kamu yang punya kemampuan menulis dan mampu membuat rangkaian kata yang enak untuk dibaca maka blogger bisa jadi pilihan bisnis tanpa modal paling cocok. Cara bisnis tanpa modal satu ini cukup dengan membuat blog dan mengisi konten yang disukai pembaca.

Biasanya bisa berupa review suatu produk, cerita travelling, atau artikel informatif. penghasilan blogger didapat dari kerja sama dengan brand berupa content placement dan iklan pada blog tersebut. Blogger bisa jadi pilihan menarik di mana sekarang lebih banyak orang menggunakan waktunya untuk berselancar di internet.

9. Affiliate marketing

Baru-baru ini istilah affiliate marketing jadi semakin dikenal. Sebenarnya bagaimana cara kerja seorang affiliate marketer? Sederhananya kamu menjadi perantara antara pedagang dengan pembeli, lalu pendapatan akan diperoleh dari komisi.

Sudah banyak platform online yang menyediakan program affiliate marketing. Kamu bisa memilih yang paling sesuai dengan kemampuan dan audiens yang dipunyai. Seorang affiliate marketing yang sukses mampu menemukan niche yang paling sesuai dengan dirinya.

10. Podcaster

Kamu pasti familiar dengan istilah podcast? Konten yang memanfaatkan audio dan diisi oleh satu orang atau lebih. Bisnis digital ini cocok buat kamu yang ingin mencoba show off tapi tidak terlalu PD dengan penampilan.

Seorang podcaster harus punya kemampuan merangkai kalimat dengan baik. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pendengarnya. Penghasilan yang diperoleh podcaster berasal dari iklan dan kerja sama dengan brand terkait.

Itu dia rekomendasi bisnis online tanpa modal yang menguntungkan. Kamu bisa memilih salah satu dari kesepuluh list di atas. Pilih yang menurutmu paling sesuai dengan passion dan keinginanmu. Setiap orang pasti berbeda, kembali pada kemampuan dan tekatnya masing-masing. Tertarik buat coba yang mana?

Artikel ini berkaitan dengan:

  • bagaimana cara memulai bisnis online tanpa modal
  • cara bisnis online untuk pemula tanpa modal
  • bisnis online tanpa modal untuk ibu rumah tangga
  • aplikasi bisnis online tanpa modal

 

Gambar Gravatar
Saya hanyalah seorang blogger biasa yang ingin berbagi pengalaman kepada pembaca melalui blog ini. Ilmu yang bermanfaat harus disampaikan kepada orang lain sebelum kita kembali padaNya. Indri Lidiawati