VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tua, Bukan Alasan Berhenti Menjadi Blogger

Antara Saya dan Juragan Cipir

Sudah lama sekali saya punya keinginan ikut berkontribusi di Blog-nya mbak Indri ini (juragancipir.com). Menurut saya Juragancipir[dot]com adalah blog yang luar biasa, blog yang konsisten meskipun tema-nya kadang tidak konsisten (maaf mBak Indri, mungkin beberapa alasan dibawah akan menjelaskan pernyataan saya). Namun kembali saya harus mempertimbangkan soal kelayakan tulisan saya, di-approve tidak sama mBak Indri nanti?

blogger-jomblo

Status saya selama ini adalah sebagai silent reader, yang selalu memantau update artikel-artikel terbaru dari blog yang saya kagumi ini. Bahkan saya ingat betul perubahan-perubahan yang dilakukan pada blog ini. Berawal dari hanya sebuah blog di blogspot, lalu ber-migrasi ke WordPress, kemudian yang terakhir dari VPS berpindah lagi ke Cloud Server.

Saya mengambil judul “ Tua, bukan alasan berhenti menjadi Blogger”, silahkan kalau ada yang bilang ini adalah alasan pembenaran seorang yang sudah tua untuk terus aktif di dunia blogger. Mungkin ulasan saya lebih ke soal pribadi, dan mohon dimaklumi. Artinya ini sebuah pengakuan bahwa saya seorang blogger tua.

Alasan Menjadi Blogger

Saat ini saya melihat banyak sekali blogger-blogger muda potensial, saya melihat semangat yang luar biasa dari mereka. Ada tiga alasan menurut pemantauan saya mengapa mereka membuat blog dan menjadi blogger.

1. Alasan yang pertama adalah alasan pendapatan dari Blog.

Hal ini wajar, karena peluang mendapatkan penghasilan dari Blog bisa dikatakan “menggiurkan” , sehingga beberapa blogger baru langsung terarah untuk bisa cepat menguangkan blog barunya.

2. Alasan yang kedua adalah alasan belajar menulis di Blog

Mungkin ini juga berlaku untuk alasan pertama diatas, namun tidak terlalu konsentrasi ke masalah pendapatan (meskipun akhirnya semakin kesini sebagian juga terarah ke hal itu). Kebanyakan konten-nya adalah curhat, semacam buku harian, gaya hidup sehari-hari dan pengalaman pribadi.

3. Alasan yang ketiga adalah alasan promosi di Blog

Ini terdiri dari orang-orang yang sebagian besar sudah memiliki usaha secara Off Line dan mencoba melakukan promosi secara On Line. Konten-nya jelas tentang produk-produk mereka sendiri, agar lebih dikenal di area yang lebih luas.

Mungkin ada beberapa alasan lain selain alasan yang saya sampaikan sesuai pandangan saya. Silahkan di tambahkan di komentar ;).

Kembali ke Juragan cipir, bukan sebuah kebetulan tapi adalah kesengajaan bahwa saya selalu mengikuti alur perubahan pada blog ini. Pada saat ber-migrasi ke wordpress dari blogspot, saya-pun ikut-ikut boyongan ke wordpress. Tapi yang terakhir saya belum mengikuti, yang jelas karena traffik nya masih memungkinkan saya tidak perlu menggunakan VPS.

Apa Ketidak Konsistensinan Juragan Cipir?

Tidak konsisten bukan berarti selalu buruk, sebaliknya konsisten bukan berarti selalu baik. Saya lebih memantau pada tema blog, mayoritas artikel pada blog juragan ini tema-nya adalah seputar trik tips tentang blog dan adsense, kemudian mbak Indri mulai memasukkan hal-hal mistis, membahas tentang listrik dan ilmu-ilmu teknik, yang terakhir adalah konten-konten kiriman yang tentunya beragam dari kontributor, saya membaca misalnya tentang HandPhone, teknik mencampur warna.

Pertanyaannya, terus saya kebagian nulis apa mBak Indri? Hehehehe…

Tapi tenang saya memandang positif apa yang dilakukan sang Admin Mbak Indri, bahwa semua akan bisa terakomodir di juragancipir, dan dengan luas memberikan ruang Blogger lain untuk berkarya dengan tulisan-tulisannya. Dengan membawa Motto baru JuraganCipir sebagai Web Komunitas para Blogger terbesar di Indonesia.

Tua Bukan Alasan Berhenti Menjadi Blogger

Ini sebenarnya tema utama yang akan saya sampaikan pada para juragan disini.

Saya Abi Royen Sumarno seorang bloggernewbie, meskipun sudah mengenal dan memulai nge-blog sejak 2009, jadi hingga sekarang sudah kurang lebih 7 tahun menjadi blogger. Seharusnya sih saya sudah berpengalaman, tapi tidak untuk yang satu ini.

Kenapa saya menyebut saya blogger tua meskipun banyak yang lebih tua dari saya? Ya karena satu hal pribadi saya, yaitu anak saya-pun sekarang sudah menjadi seorang blogger dan publisher Google Adsense yang mungkin dalam beberapa langkah lagi melebihi kelihaian bapak-nya.

Pada awalnya saya sengaja mengajarkan pada junior saya untuk belajar membaca kemudian menulis kembali dan saya pikir media terbaik-nya adalah sebuah blog. Mata pelajaran di sekolah yang hari ini yang di ajarkan saya sarankan untuk mengungkapkan di blog. Entah benar entah salah menurut saya itu sebuah cara untuk belajar mengingat dan memahami sesuatu yang pernah di dengar, di baca dan kemudian ditulis.

Apa efek signifikan dari metode yang saya ajarkan ke anak saya? Ada dua efek besar yang saya rasakan. Yaitu:

1. Efek Positif Menjadi Blogger ala Anak Saya

Lebih memahami apa yang dia pelajari, dengan indikasi nilai sekolah meningkat.

2. Efek Negatif Menjadi Blogger ala Anak Saya

Terlalu banyak waktu di depan komputer, dan kadang terkesan cuek dengan hal lain disekitarnya. Sebut saja kurang ber-sosialisasi secara nyata.

Namun saya tidak akan membahas lebih jauh tentang efek-efek tersebut yang pasti saya selalu berusaha untuk menyarankan sesuatu agar keadaan menjadi seimbang.

Itulah kenapa saya merasa saya ini sudah menjadi blogger tua, lalu kenapa saya tidak berhenti menjadi seorang blogger?

Alasan terbesar saya adalah karena saya terlalu hobi menulis, bahkan kadang keasyikan tersebut tidak tergantikan. Membagi pengalaman yang pernah dilakukan agar orang lain juga merasakan apa yang pernah kita kerjakan.

Beberapa alasan menjadi blogger diatas pernah saya rasakan, alasan pendapatan online, alasan belajar menulis, alasan promosi usaha.

Yang terakhir buat para Juragan dan terimakasih pada mBak Indri jika tulisan ini diterbitkan. Jika anda blogger sejati jangan berhenti menjadi seorang blogger hanya karena keadaan, masa muda adalah masa kita harus ber api-api untuk berkreasi, masa tua adalah masa kita mulai memahami apa yang sudah kita beri.

Sebagai inspirasi saja (jangan anggap ini sebuah kesombongan, karena bagaimanapun kita harus berfikir secara positif dalam menghargai usaha seseorang, semoga menjadi penyemangat para blogger muda kreatif), saya bekerja perusahaan dan menduduki sebuah jabatan Manager dan menjadi seorang founder perusahaan Marine Service. Dan, hingga saat ini saya masih menjadi blogger NewBie, meskipun sudah tua.

Teruslah berkarya hai anak muda! Dan Tua, bukan alasan berhenti menjadi Blogger.

43 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *