VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tips Sehat Saat Berbuka Puasa di Bulan Ramadan

Halo juragan, gimana puasanya? Salah satu momen yang paling di tunggu saat menjalankan puasa tentunya adalah,… ber-bu-ka puasa. Pastinya, Ada yang tidak sependapat? πŸ˜€

Pada saat berbuka seringkali kita sampai berlebihan, dan tak jarang lupa mengontrol apa yang kita makan. Ibarat, sedang membalas dendam, karena seharian telah berjuang menahan rasa lapar dan dahaga.

buka-puasa-bersama

Dan tentunya hal tersebut tidaklah baik, dilihat dari sisi agama dan terlebih dari sisi kesehatan. Maka dari itu,Β berikut ini kami share sedikit informasi buat pembaca semua mengenai tips sehat yang bisa Anda terapkan saat berbuka puasa. Silahkan disimak dan semoga berguna.

1. Berbukalah dengan yang manis

Seharian penuh berpuasa membuat tubuh banyak kehilangan energi dan nutrisi. Untuk mengembalikannya, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang manis seperti kurma. Dalam hal ini, kurma adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh anda.

Setelah berbuka dengan yang manis, hendaknya jangan langsung memberikan makanan yang berat. Lebih bijak, jika berikan jeda sekitar 10-15 menit agar lambung stabil terlebih dahulu.

2. Hindari terlalu banyak makan ketika berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan tidak memasukkan makanan sama sekali, sebaiknya jangan berlebihan ketika berbuka puasa. Hal itu dapat membuat lambung Anda terganggu

3. Konsumsi lebih banyak cairan

Setelah seharian penuh berpuasa, pastinya tubuh Anda akan membutuhkan banyak cairan. Maka dari itu lebih baik Anda memenuhi cairan tubuh Anda terlebih dahulu ketika berbuka puasa. Agar Anda terhindar dari dehidrasi dan tubuh Anda tetap sehat.

4. Hindari makanan yang berminyak atau gorengan

orengan atau makanan berminyak lainnya hanya akan membuat Anda merasa kenyang sesaat. Hal itu disebabkan karena makanan berminyak susah dicerna oleh pencernaan kita. Selain tidak sehat, makanan berminyak juga tidak cocok jika digunakan sebagai hidangan buka puasa

5. Konsumsi makanan yang berkarbohidrat kompleks

Setelah seharian berpuasa, tubuh Anda membutuhkan asupan karbohidrat seperti roti, nasi, biji-bijian serta makanan yang berkarbohidrat lainnya. hal itu diperlukan agar energy didalam tubuh Anda bisa kembali lagi.

6. Makan secara perlahan jangan terburu-buru

Makan terburu-buru dapat mengganggu kadar gula yang ada di dalam tubuh anda. sehingga Anda akan merasa lapar terus dan sulit kenyang. Oleh karena itu makanlah secara perlahan agar makanan Anda dapat dicerna dan nutrisinya dapat diserap dengan baik.

7. Hindari mengkonsumsi minuman yang terlalu dingin

Minuman dingin hanya akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang. Dampaknya Anda akan lebih sedikit untuk memakan-makanan yang bergizi lainnya. hal itu dapat menyebabkan tubuh Anda menjadi lemas.

Jangan lupa simak juga Tips Memilih Menu Sahur Yang Sehat Untuk Keluarga Anda.

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.