VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tips Mengoptimalkan Google Adsense Dengan Blog Gado-gado

Halo juragan… Blog gado-gado tidak selamanya jelek dan blog niche tidak selalu bagus untuk adsense. Artikel ini panjang namun mungkin bisa membantu mengatasi adsense anda yang lesu. Jika anda seorang publisher google adsense atau seorang blogger yang sedang mengincar adsense sebagai media monetize blog anda, silakan simak dengan seksama artikel ini dari awal hingga akhir ya…Publisher Indonesia harus tegas dan pantang menyerah dalam mengoptimalkan blog adsense.
Setiap trik yang anda coba harus ada hasilnya. Jika tidak ada hasilnya, tingkatkan kerja keras anda dan jangan malas. Jika gagal terus, coba lagi dan coba lagi sampai berhasil. Pokonya terus mencoba dan mencoba, yakinlah suatu saat nanti anda berhasil. Semua tempat ada jalan menuju kesana dan semua kesulitan ada cara mengatasinya.

Setiap blog memiliki kelebihan dan kekurangan. Dan kita harus tahu kekurangan dan kelebihan blog milik kita sendiri. Trik SEO anda ampuh tapi artikel anda tidak ada yang suka, siapa yang mau baca. Jika lalulintas blog kita ramai tetapi adsense kita hanya mendapat earning sedikit, itu sama dengan memiliki jaring pukat harimau yang luar biasa tetapi hanya bisa menangkap ikan wader yang kecil dan kurus. Tentu kita tidak ingin seperti itu terus bukan?

Agar bisa saling melengkapi kekurangan kita masing-masing, marilah kita terus saling berbagi. Janganlah bosan-bosan kita berbagi pengalaman. Sekecil apapun pengalaman yang anda bagikan akan sangat bermanfaat sekali bagi teman-teman lain yang belum tahu. Benar bukan?

Google AdSense

Pertanyaan yang harus bisa anda jawab

Mengapa tidak ada pengguna yang meng-klik iklan?
Karena iklan anda tidak menarik, sehingga pengguna malas untuk nge-klik iklan. Dan tentunya klik yang banyak dan syah yang kita harapkan.

Bagaimana caranya mendapat klik banyak dan syah?
Silakan baca Cara meningkatkan jumlah klik syah iklan adsense.

Nah, jika hal di atas sudah berhasil, maka tugas kita selanjutnya adalah menaikkan nilai klik iklan, atau yang biasa disebut BPK atau CPC. Sekali lagi kita harus bisa menjawab pertanyaan berikut ini;

Mengapa harga klik iklan saya selalu rendah?
Karena ada iklan murah yang menutupi iklan mahal di blog anda, sehingga iklan yang mahal tidak sampai terlihat oleh pengguna. Agar iklan mahal bisa tampil di blog kita, maka iklan yang murah harus kita singkirkan atau kita cekal.

! TAPI INGAT. Mencekal iklan ini jangan seterusnya, tetapi kadang-kadang saja. Jika BPK mengalami penurunan maka segera bebaskan lagi iklan-iklan yang anda cekal agar tidak terkena smart pricing. Membebaskan kembali iklan yang dicekal ini tujuannya untuk memulihkan nilai persaingan.

Cara mencekal iklan yang membayar rendah

( ! ) Jangan mencekal iklan sembarangan
Jika anda mencekal iklan secara masal dari informasi yang anda dapat di daftar iklan ber-hpk/cps rendah yang anda cari di internet, bisa-bisa anda malah tidak dapat earning sama sekali. Misalnya, anda mencekal iklan secara masal berdasarkan jaringan iklan atau mencekal url pengiklan yang anda sendiri belum tahu seperti apa iklan mereka. Hal itu akan merugikan anda sendiri, karena anda mencekal iklan yang anda sendiri belum tahu seperti apa iklan itu dan berapa mereka membayar anda. Bisa-bisa iklan yang membayar tinggi ikut anda cekal dan iklan yang membayar rendah malah anda pelihara.

* Saya dulu sudah pernah mencoba cara itu dan sekarang saya kapok.

Bagaimana cara yang baik mencekal iklan?
Anda harus tahu mana iklan yang murah dan mana iklan yang mahal dengan pemahaman anda sendiri. Jangan asal ikut-ikutan mencekal iklan jika anda tidak tahu mana iklan yang murah dan mana iklan yang mahal.

Bagaimana cara mengetahui iklan murah dan iklan mahal?
Inilah tantangan kita yang sesungguhnya. Tidak ada orang yang tahu berapa masing-masing iklan membayar kita. Tetapi kita bisa memprediksi iklan yang membayar rendah berdasarkan beberapa pertimbangan berikut ini;

1. Iklan non bisnis dan iklan barang gratis
Misalnya, iklan jejaring sosial, iklan dakwah agama, iklan yang didalamnya berisi barang/jasa gratis, iklan yang di dalamnya tidak ada proses jual beli, dan iklan-iklan lain yang tidak bernilai bisnis. Itu adalah jenis-jenis iklan yang bisa kita duga membayar murah.

2. Iklan di dalam iklan
Misalnya, iklan yang didalamnya menayangkan iklan lain. Contohnya, iklan yang ternyata milik situs periklanan juga yang memasarkan produk-produk milik orang lain. Ini adalah iklan bisnis yang mungkin membayar rendah. Dan biasanya iklan seperti ini memiliki jumlah unit yang terlalu banyak di pusat peninjauan iklan, sehingga iklan-iklan lain yang ingin tampil di blog anda akan tertutup oleh iklan ini.

* Jadi iklan yang bisa kita anggap membayar mahal adalah iklan yang mempromosikan produk barang/jasa milik mereka sendiri. Semakin tinggi harga dan kualitas produk pengiklan maka semakin tinggi pula mereka membayar kita. Kurang lebih begitu.

Bagaimana cara mencekal iklan yang membayar murah?
Ini langkah penting dan merupakan salah satu penentu sukses! Konsentrasikan pengawasan anda setiap pagi hari di pusat peninjauan iklan. Perhatikan semua iklan yang memiliki skor tayangan tinggi. Jika ada iklan membayar murah yang menduduki skor tayangan tinggi, sebaiknya dicekal saja beserta iklan terkait lainnya.

* Anda bisa mencekal iklan yang tampak secara visual secara satu persatu beserta iklan terkait lainnya di pusat peninjauan iklan. Dan anda juga bisa mencekal urlnya sekalian agar iklan itu tidak muncul lagi nantinya.

Dengan demikian maka iklan-iklan yang membayar tinggi akan menduduki skor tayangan tinggi dan akan sering tampil di blog anda, karena mereka sekarang tidak kalah saingan dalam hal “angka mutu” dengan iklan-iklan yang membayar rendah.

Hindari iklan yang tidak laku

Ini adalah trik menghindari iklan yang membosankan pengguna agar pengguna tidak melihat iklan yang sering mereka kunjungi. Google sendiri sering merubah tampilan iklan agar pengguna tidak bosan.

Berdasarkan sistem periklanan google, pihak ketiga atau jaringan tersertifikasi google menargetkan inventaris iklan menggunakan data pemirsa yang telah mereka miliki. Sebagai contoh, jika pengguna sering mengunjungi facebook, maka iklan yang tampil dihadapan mereka adalah iklan facebook meskipun artikel anda bertema pariwisata. Dengan asumsi bahwa iklan facebook tersebut disukai oleh pengguna karena mereka sering mengunjungi facebook, dan itu disebut iklan yang memiliki “angka mutu” tinggi dengan anggapan lebih mungkin untuk di-klik. Sementara itu, apakah mungkin orang yang telah memiliki akun facebok akan mengklik iklan facebook. Tentu saja tidak mungkin kan?

Oleh karena itu sebaiknya kita cekal saja iklan pihak ketiga di pusat peninjauan iklan.

PERHATIAN! Terkadang pada situasi tertentu, mencekal iklan pihak ketiga bisa menurunkan pendapatan. Jadi saran saya jangan terlalu lama mencekal iklan pihak ketiga, kecuali hanya kadang-kadang saja. Jika mencekal iklan pihak ketiga kemudian BPK malah turun, maka jangan mencekal iklan pihak ketiga lagi. Gunakan pencekalan secara manual satu persatu saja di pusat peninjauan iklan.

Saya sendiri mencekal iklan pihak ketiga hanya 2-3 hari saja untuk membaca situasi. Jika BPK naik maka pihak ketiga saya cekal agak lama, namun jika BPK mulai menurun maka pihak ketiga saya bebaskan lagi. Begitu seterusnya.

Datangkan iklan yang membayar tinggi

Ini adalah cara mendongkrak earning adsense anda yang lesu dan merupakan salah satu kunci sukses di adsense. Berdasarkan pengalaman selama sejarah saya di adsense, beberapa pengiklan meningkatkan belanja iklan mereka pada musim-musim tertentu.

Misalnya, para pemilik resor, villa, hotel, akomodasi, tavel dan pariwisata akan meningkatkan anggaran kampanye iklan mereka jika menjelang musim liburan akhir tahun hingga memasuki tahun baru, serta liburan musim panas dan musim dingin. Pokoknya musim apa saja yang mereka anggap tepat untuk meningkatkan anggaran iklan.

Kita harus peka terhadap hal-hal seperti itu. Niche market bisa berubah pada setiap musim dan kita harus memanfaatkan momen tersebut untuk menjaring pengiklan. Mereka akan membayar tinggi karena iklan mereka menduduki niche yang sedang bersaing. Selain itu, iklan perhotelan, resor dan akomodasi adalah iklan yang memang ber-hpk tinggi dari dulu.

Kerahkan blog gado-gado Anda

Nah, pada saat-saat seperti ini anda akan tahu manfaat blog gado-gado milik anda. Blog gado-gado sangat efektif untuk bermanuver membidik niche terbaik saat itu. Biasanya saya menghujani blog dengan artikel bertema safari, misalnya; alam, pariwisata, petualangan liar dan sejenisnya. Maka iklan yang tampil di blog adalah iklan hotel, travel, akomodasi dan sejenisnya. Mereka akan berdatangan dan berlomba ingin tampil di blog kita.

Jika iklan-iklan seperti itu masuk ke perangkap kita di pusat peninjauan iklan, berarti pancingan anda berhasil untuk sementara ini. Lalu buatlah artikel review untuk iklan-iklan ber-hpk tinggi yang terjaring di blog anda, maka iklan-iklan tersebut akan menduduki skor tayangan tinggi di pusat peninjauan iklan. Itu berarti earning adsense anda akan segera membengkak.

Bagaimana hasilnya?

Anda akan tahu sendiri beberapa hari kemudian setelah melihat grafik earning di akun adsense anda. Biasanya, setelah anda mencekal iklan dengan cara yang tepat maka akan muncul lonjakan earning yang signifikan.

Seiring dengan penambahan artikel pada niche yang lagi ngetren, maka grafik pendapatan akan terus membubung tinggi selama niche market belum berubah.

Ibarat memancing ikan, kita harus memasang perangkap yang banyak di kali. Saya memiliki banyak blog untuk optimasi adsense dan semuanya gado-gado. Jangan lupa baca Cara meningkatkan pendapatan adsense dengan ekstensi blog. Dan karena memang saya hanya bisanya membuat artikel gado-gado.

Meskipun blog anda banyak, anda bisa mengawasi kinerja iklan anda hanya dari satu tempat, yaitu dengan cara menautkan akun adsense dengan google analitycs. Di adsense analitycs anda benar-benar tahu artikel mana yang bekerja optimal dan artikel mana yang tidak bekerja optimal selama musim-musim tertentu.

Mungkin ini kelebihan blog gado-gado yang jarang kita sadari dan kita akui. Dan dari sinilah saya mulai sedikit memahami kelebihan blog gado-gado, yaitu bisa melakukan gerakan tiba-tiba mengikuti niche market yang sedang berubah. Jadi kita tidak hanya terpaku pada satu topik saja dan iklan yang ditampilkan hanya itu-itu saja. Jangan lupa baca juga Mengapa iklan adsense yang tampil selalu itu saja.

Terima kasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.

157 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *