VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tips Mengelola Website / Blog Bagi Seorang Blogger Pemula

Tips Mengelola Website Pemula – Seorang blogger pemula yang baru saja membuat dan memiliki sebuah blog/website pasti akan bingung dan bertanya-tanya dalam hati tentang apa yang harus ia lakukan dengan blog miliknya tersebut. Mereka akan memandangi blognya berkali-kali karena bangga dan sekaligus bingung mau diapakan itu blog.

Berikut ini ada 3 hal penting yang harus kita lakukan agar tidak terus menerus memandangi dan membolak-balik blog tersebut.

blogger-pemula

Tips mengelola website bagi blogger pemula

1. Belajar menulis artikel (menciptakan/mengasah bakat menulis)

Biarkan blog anda tampil apa adanya, lalu memulailah menulis artikel di blog baru anda tersebut setiap hari. Artikel apa yang kita tulis? Artikel apa saja yang kita ketahui dan kita pahami. Misalnya pengalaman pribadi kita, keahlian atau keterampilan yang kita miliki, suasana di kampung kita, dan apa saja yang kita ketahui.

Didiklah diri anda mahir dalam menulis artikel sejak awal, karena kemahiran anda dalam menciptakan artikel segar dan berkualitas ini akan menjadi penentu kesuksesan blog anda nantinya. Selain itu, dengan seringnya anda menulis dan belajar dari membaca-baca blog lain maka anda akan tahu banyak tentang istilah-istilah di dunia perbloggingan. Anda tidak perlu khawatir hal ini. Agar anda bisa menjadi seorang penulis hebat, sangat saya sarankan anda membaca 3 Hal Utama Yang Harus Dimiliki Oleh Penulis Artikel.

2. Belajar mengelola blog (mempercantik blog)

Mempercantik blog ini bukan berarti anda harus merias blog anda agar tampil ngejreng, tetapi membuat blog anda tampak rapi serta menyediakan navigasi alias daftar isi agar pembaca bisa membaca-baca tulisan anda yang lain-lainnya di blog anda tersebut dengan mudah. Hal ini penting sekali, karena buat apa anda menulis artikel banyak jika pembaca tidak bisa membaca tulisan-tulisan anda lainnya dengan mudah.

Namun untuk mempercantik blog ini tidak sekarang, tetapi nanti kalau anda sudah semakin memahami cara-cara ngeblog seiring berjalannya waktu alias bertambahnya jam terbang anda dalam dunia blogging. Jangan khawatir, anda pasti akan mahir mengelola blog dengan sendirinya jika setiap hari anda rajin menulis artikel di blog anda. Yang paling penting adalah ciptakan kemahiran menulis artikel pada diri anda, itulah yang menjadi kekuatan blog anda nantinya.

3. Belajar SEO (mengoptimalkan kinerja/trafik blog)

Ini adalah pelajaran terakhir setelah dua pelajaran di atas anda kuasai. Ilmu SEO ini tidak akan berguna jika dua hal di atas tidak anda pahami dan tidak anda terapkan di blog anda. SEO (search engine optimization) adalah teknik mengoptimalkan blog anda agar mendapat banyak pengunjung dari mesin pencari alias pengunjung dari google.

Pelajaran SEO ini anda nantinya akan paham dengan sendirinya seiring jam terbang anda dalam ngeblog. Bahkan mungkin anda nantinya akan menerapkan SEO di blog anda tetapi anda tidak menyadari bahwa anda telah menerapkan SEO di blog anda. Karena ilmu SEO itu sangatlah luas, nomor satu dan dua di atas juga bagian dari SEO.

Habis deh ceritaku tentang tips mengelola website bagi blogger pemula, karena saya juga masih blogger pemula. Jangan lupa teman-teman ketahui juga Tahap-tahap Kemampuan Menulis Artikel Seorang Blogger Pemula.

18 Comments
  1. Gus Durohman

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.