VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tips Mendatangkan Visitor Bertaget Untuk Adsense Dengan Blog Niche

Halo juragan… Visitor bertarget dalam dunia per-adsensean adalah visitor yang berpotensi untuk mengklik iklan, dan iklan yang mereka klik adalah iklan yang kita bidik ber-HPK tinggi tentunya. Untuk mendatangkan visitor bertarget caranya adalah dengan membuat blog niche yang spesifik (bukan blog niche semi gado0gado).

Dan kita tahu semua bahwa HPK tinggi (high paying keyword) merupakan faktor penting yang harus kita upayakan untuk mengoptimalkan harga klik iklan atau CPC/BPK.

Cara terbaik untuk memulai menjaring visitor bertarget adalah dengan cara membuat “blog niche” dengan kata kunci membayar mahal. Sebelum membuat blog niche, hal yang harus kita lakukan adalah dengan mencari kata kunci paling membayar tinggi dengan menggunakan Keyword Planner Tools di Google Adwords. Anda bisa masuk dengan menggunakan akun google anda.

Setelah menemukan penawaran tertinggi (kata kunci yang paling berani membayar tinggi), maka langkah berikutnya adalah melakukan “research keyword” atau biasa disebut riset keyword di mesin pencari. Temukan kata kunci yang persaingannya rendah.

Catatan ringan: usahakan mencari kata kunci yang bernilai transaksi, misalnya “harga ini” atau “harga itu”, atau juga toko ini dan toko itu. Kata kunci semacam itu memiliki nilai transaksi dan membayar tinggi. Sebaiknya pelajari juga cara sederhana memprediksi persaingan iklan paling mudah hanya dengan menggunakan google search, silakan baca Cara Mengetahui Kata Kunci Iklan Adsense Bersaing Tinggi.

Setelah itu ketikkan kata kunci yang anda temukan di google adwords tadi di google seacrh, lalu klik search. Jika yang muncul adalah sekumpulan situs besar dengan memunculkan sitelink, sebaiknya undur diri, jangan membidik kata kunci tersebut. Kemudian ulangi lagi mencari penawaran tertinggi di Keyword planner tadi, lalu di test lagi di google search.

Jika hasilnya tidak ada pesaing yang kuat, maka pilhlah keyword tersebut sebagai andalan anda untuk mengeruk dollar dari adsense.

Setelah itu mulailah membuat blog niche dengan kata kunci tersebut. Misalnya kita membidik kata kunci “harga komputer”, maka gunakanlah kata kunci tersebut sebagai pedoman anda membuat artikel dan menentukan judul postingan, jangan terlalu jauh dari kata kunci tersebut.

Tapi sekarang kendalanya adalah kita kesulitan menulis artikel  niche. Oleh karena itu buatlah niche yang anda kuasai saja, jangan membuat niche yang tidak anda mengerti agar blog anda tidak macet di kemudian hari.

Alternatif lain, anda bisa menggunakan jasa penulis online terpercaya dibawah kontrak perjanjian. Anda harus merekrut sebuah jasa artikel untuk kebutuhan website anda dengan menjalin “hubungan saling membutuhkan” agar mereka tidak bermain curang atau copas.

Studi kasus:

Beberapa hari ini saya baru saja membuat sebuah blog niche dengan artikel bahasa indonesia agar saya bisa menulis sendiri tanpa menggunakan jasa artikel online. Saya membidik sebuah kata kunci dengan penawaran maksimum $2 perklik, dan itu termasuk penawaran tinggi untuk niche yang saya kuasai.

Setelah ada artikel 20 postingan, saya mencoba memasang iklan adsense didalamnya. Hasilnya, iklan bertarget kontekstual. Artinya iklan benar-benar relevan dengan kata kunci yang saya bidik di keyword planner tadi. Namun belum ada orang yang klik karena belum ada trafik.

Jika diklik pengguna pasti per-kliknya 1-2 dollar, persaingan iklan yang ingin tampil di blog tersebut benar-benar ketat. Apalagi saya membuat “Chustom channel” yang bisa dilihat oleh pengiklan yang ingin merargetkan iklannya di blog kita. Perlu kita tahu bahwa pengiklan adwords lebih menyukai blog niche untuk menargetkan iklannya.

^^ Sebenarnya penjelasan tentang riset keyword ini cukup panjang, namun saya khawatir anda bosan membacanya jika terlalu panjang. Jadi saya tutup sampai disini dulu informasi buat teman-teman dan semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga kisah seorang penggembala itik yang sukses di adsense dengan penghasilan 120 juta rupiah perbulan di Kisah Sukses Publisher Adsense Indonesia Eka Lesmana Asal Semarang

32 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *