VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tips Mencegah Anak yang Sudah Terlanjur Kecanduan Gadget

Di zaman yang sangat modern ini, sudah begitu banyak anak yang seringkali menghabiskan waktu bermainnya di depan layar, daripada mereka bermain di luar yang bisa menyehatkan tubuh.

Dengan menghabiskan banyak waktu di depan layar, maka bisa mengganggu perkembangan otak, dan kebiasaan buruk ini tidak baik bagi kesehatan. Simak juga Awas Bahaya! Ini Dia Pengaruh Buruk Stress Terhadap Otak Anda.

Apabila anak tidak pernah bergerak atau malas untuk bergerak, memang mampu membuat anak menjadi lebih rentan terkena penyakit.

anak-main-gadget

Maka dari itu, simak tips mengatasi anak yang sudah sangat kecanduan gadget dengan beberapa hal yang ada di bawah ini :

1. Mulai Siapkan Jadwal Rutin

Peran penting orang tua di sini ialah agar bisa menghentikan kebiasaan anak dengan mengganti kebiasaan lama menjadi kebiasaan yang baru.

Walaupun pergantian ini membutuhkan cukup banyak waktu, maka kondisi ini bisa membantu anak tidak lagi bergantung terhadap perangkat elektronik seperti yang sebelumnya.

Salah satu contoh sederhananya ialah jika seusai makan, coba ganti kebiasaan yang berbeda dengan meluangkan sedikit waktu untuk bisa bermain di luar ruangan, sehingga anak lupa akan kebiasaan lamanya bermain gadget.

2. Kegiatan Fisik Bukan Hanya Olahraga Saja!

Ingat! Kegiatan fisik itu sendiri tidak hanya olahraga saja.

Apabila anda sangat memaksa anak anda untuk bisa melakukan kegiatan olahraga secara rutin, justru anak akan berpikir jika dengan olahraga, adalah salah satu tugas yang harus diemban oleh mereka.

Aktivitas lain seperti contohnya berjalan, bermain bola, melompat-lompat, hingga bersepeda bisa membantunya keluar dari kecanduan gadget.

3. Berikan Pilihan pada Anak

Agar anak bisa lebih aktif dalam bergerak, anda sebagai orang tua bisa melibatkan anak untuk bisa memilih aktivitas apa yang akan dan ingin dilakukan.

Sebenarnya, banyak ide kreatif yang muncul dan bisa anda lakukan, seperti bermain petak umpet.

4. Jangan Iming-imingi Suatu Hadiah!

Kebanyakan orang tua sekarang salah karena senang memberikan iming-iming hadiah, jika anak telah berhasil melakukan atau menggapai sesuatu, bisa dikatakan puncak prestasi sang anak.

Olahraga memang bukan kewajiban yang harus dipaksakan. Akan tetapi, sang anak harus dibiasakan dengan berolahraga sehingga nantinya, sang anak bisa melakukan olahraga tanpa disuruh lagi oleh orang tuanya.

5. Jangan Pernah Paksa si Anak

Bagi anda para orang tua, jangan pernah memaksa anak untuk melakukan kegiatan fisik dalam jangka waktu yang tertentu.

Biarkan bagi anak untuk bisa bebas memilih waktu yang tepat dalam melakukan kegiatan fisik bagi dirinya sendiri.

Jangan lupa baca juga Hal-hal Buruk Yang Tak Boleh Kamu Lakukan Menjelang Tidur.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *