VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tips Membuat Website Bertema Pariwisata Dengan Self Hosting

Website bertema pariwisata adalah website yang mengulas tentang tempat-tempat rekreasi alias pariwisata. Ini adalah salah satu tema website kesukaan saya karena saya orangnya pecinta alam dan hewan. Website bertema pariwisata akan selalu tampil indah dan menarik, pembaca pasti suka berlama-lama di website untuk membaca dan melihat gambar sambil membayangkan suasana sesungguhnya.

website-pariwisata

Hal-hal yang harus disiapkan dalam membuat website bertopik pariwisata:

1. Menyiapkan server domain dan hosting

Siapkan satu buah domain tingkat atas yang relevan dengan topik. Misal: wisataku.com atau domain lain yang bersifat umum, misal: namaanda.com.

Siapkan satu paket hosting dengan ukuran: Disc Space 1 GB.

Ini cukup untuk memuat artikel dan banyak gambar sekitar 500 postingan. Paket ini ideal untuk memulai sebuah website pariwisata karena nantinya diperlukan memuat banyak gambar yang memakan resource hosting tinggi. Jadi agar ruang hosting anda tidak pas-pasan sehingga nantinya blog ringan diakses.

Bandwith yang diperlukan setidaknya 100 GB/monthly agar blog anda mampu menerima trafik tinggi alias tidak down ketika dibaca oleh banyak pengguna. Akan lebih bagus lagi jika anda memilih server hosting yang menyediakan “unlimited bandwith”.  Baca juga bagaimana Cara Membeli Domain & Hosting Untuk Website Anda.

2. Menyiapkan desain website (Theme)

Theme yang saya sarankan adalah theme magazine. Mengapa magazine? Karena magazine akan menampilkan banyak thumbnail gambar, baik di homepage maupun di halaman postingan.

Perlu kita tahu, website bertema pariwisata harus bisa menonjolkan gambar-gambar menarik yang dimiliki oleh website. Gambar-gambar tersebut akan tampil dalam thumbnail yang memicu daya tarik pembaca untuk membuka-buka halaman lain yang terlihat memiliki menarik.

Oleh karena itu pada saat setiap kali anda menulis artikel postingan, pastikan anda memilih gambar “paling” menarik untuk dijadikan sebagai gambar andalan atau featured image yang nantinya akan tampil di thumbnail.

3. Menyiapkan bahan artikel

Bahan artikel ini bisa didapat dengan berbagai cara, misal: anda berkeliling secara langsung ke tempat-tempat pariwisata terdekat untuk melakukan liputan dan kemudian anda posting di website anda.

Alternatif lain adalah anda mencari sumber artikel di internet yang bertema pariwisata, misal: mencari situs-situs luar negeri bertema wisata lalu anda terjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Tapi untuk cara ini nantinya anda mendapat tugas memberikan link kredit untuk si pemilik sumber aslinya untuk menghindari tuduhan plagiat.

4. Memulai mengisi konten (update artikel)

Buatlah judul postingan yang panjang dan menarik. Judul postingan panjang dan menarik memegang peranan penting dalam seo maupun daya tarik pembaca di mesin pencari maupun di artikel terkait.

Tulislah artikel setidaknya 500 kata, lebih banyak lebih baik. Semakin banyak “kata” akan semakin membuat artikel anda seo friendly dan mudah ditemukan pembaca di mesin pencari. Selain itu, konten anda akan kaya informasi sehingga memberikan manfaat bagi pembaca. Jangan lupa ketahui juga Cara Membuat Karya Cerita Tamasya.

Tambahkan setidaknya 3 gambar atau lebih. Gambar sangat penting bagi website bertema pariwisata. Pembaca akan menikmati melihat-lihat gambar sambil membayangkan suasana sesungguhnya ketika mereka sedang membaca isi bacaan dan selama berada di situs anda. Karenanya tampilkan gambar dalam ukuran besar atau penuh agar terlihat lebih indah dan jelas.

Tentunya hal ini akan menurunkan bounce rate situs yang pada akhirnya meningkatkan peringkat website.

Gambar memiliki banyak peranan penting lainnya dalam seo. Mesin pencari akan menganggap gambar postingan sebagai konten pendukung dan akan menilainya sebagai website berkualitas tinggi. Selain itu anda bisa menyisipkan keyword-keyword jitu ke dalam gambar agar website anda lebih mudah ditemukan pengguna di mesin pencari.

Dengan mengikuti panduan di atas maka website pariwisata anda akan mampu bersaing di internet. Jangan lupa simak juga Mengelola Blog WordPress Penuh Tantangan dan Pembelajaran.

26 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *