VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Teknik Pengoptimalan Seo On Page di Website Anda

Seo on page adalah teknik seo yang diterapkan pada halaman blog anda. Untuk mendapatkan peringkat yang optimal pada search engine, seo on page jauh lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan seo off page karena dilakukan di halaman blog kita sendiri. Oleh karena itu sebaiknya anda melakukan optimasi seo on page ini dengan maksimal.

Berikut beberapa dari website yang dapat anda optimalkan pada teknik seo on page, diantaranya:

Penggunaan keyword pada domain

Seperti yang di jelaskan pada bab sebelumnya bahwa nama domain adalah suatu nama yang unik yang dipergunakan sebagai penunjuk alamat sebuah blog. Nama domain mempunyai pengaruh yang cukup penting untuk mendapatkan peringkat yang cukup tinggi di search engine.

Hal itu disebabkan search engine akan lebih mengutamakan nama domain yang sesuai atau mengandung keyword yang dicari oleh pengunjung dibandingkan kriteria-kriteria yang lainnya. Oleh karena itu pengetahuan dan kemampuan anda dalam memilih nama domain mutlak diperlukan ketika anda membangun suatu blog.

Dalam optimasi on page, penggunaan nama domain hendaknya mengandung kata kunci atau keyword yang ingin anda bidik di blog anda. Sebagai contoh anda ingin membidik kata kunci “Bisnis Blakblakan” untuk blog anda,maka akan sangat baik apabila anda dapat memperoleh nama domain bisnisblakblakan.com.

Untuk membeli nama domain yang sesuai dengan keyword yang anda bidik memang bukan hal yang mudah. Berikut beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam melakukan optimasi terhadap nama domain anda:

1. Gunakan nama domain yang sesuai dengan keyword yang akan anda bidik

Misalnya anda ingin membuat website tentang “Bisnis Online” maka anda dapat memilih nama domain bisnisonline.com atau nama domain yang lainnya akan tetapi mengandung kata-kata bisnis online.

2. Pilihlah ekstensi domain[dot]com

Hal ini disebkan[dot]com merupakan ekstensi domain yang mempunyai prioritas tertinggi dalam hasil pencarian search engine dibandingkan ekstensi lainnya seperti co.id,biz,info,org dan lainnya sebagainya.

3. Hindari penggunaan nama domain yang memungkinkan terjadinya kesalahan pengetikan

Usahakan dalam memilih nama domain,anda tidak memilih nama domain yang memungkinkan pengunjung salah mengetikan nama domain anda. Misal nama domain Bisnisonlines.com, ada kemungkinan pengunjung mengetikkan alamat Bisnisonline.com (tanpa huruf s dibagian belakang).

Apabila hal tersebut terjadi maka pengunjung yang seharusnya mengunjungi blog anda akan mengunjungi website lain atau mungkin website kompetitor anda dan hal tersebut sangat merugikan anda.

4. Hindari pengunaan angka atau singkatan pada nama domain
pada umumnya orang-orang akan lebih sulit menghafal angka dibandingkan menghafal huruf atau kata-kata.

Bila website yang anda buat membahas suatu produk yang terdiri dari beberapa kata, usahakan agar nama domain anda tidak mengandung singkatan kecuali singkatan-singkatan yang sudah umum digunakan oleh masyarakat. Misalnya,”Hand phone” sudah dikenal oleh masyarakat dengan singkatan HP. Maka menggunakan singkatan HP pada nama domain tidak menjadi masalah.

5. Buatlah nama domain yang unik,singkat dan mudah diingat
Unik disini berarti punya karakteristik yang tidak dimiliki nama domain yang lainnya, singkat berarti terdiri dari sedikit huruf,serta mudah diingat atau familiar.

Ketiga faktor ini diperlukan oleh pengunjung untuk memudahkan mereka mendatangi blog anda. Nama domain seperti yahoo, facebook, google, kaskus dan lain-lain merupakan contoh nama domain yang unik, singkat dan mudah diingat. Tak heran jika nama domain tersebut kemudian cukup terkenal di dunia internet.

6. Penggunaan tanda hubung

Ada beberapa kekurangan serta kelebihan menggunakan tanda hubung dalam nama domain.

Kekurangan nya:

A. Sulit diingat oleh pengunjung.

Misal nama domain anda Bisnis-Online .com,maka kebanyakan pengguna akan menyangka alamat website anda adalah Bisnisonline.com dan apabila hal tersebut terjadi maka mereka justru akan diarahkan ke website saingan anda.

B. Tidak efektif dalam promosi

Ketika teman anda mempromosikan website anda) Bisnis-Online.com) kepada orang lain, mungkin teman anda tersebut akan berkata, “Eh, coba deh kunjungi website Bisnis Online.com…” Orang lain tersebut akan mengingatnya dan kemudian mengetikkan alamat “BisnisOnline.com” di browser dan hasilnya orang itu akan diarahkan ke website saingan anda.

C. Terlalu capek dan lebih sulit untuk mengetikkan karakter tambahannya.

Kelebihan nya:

A. Mesin pengindeks dapat membedakan keyword anda dengan lebih baik sehingga website anda akan menjadi lebih menonjol dalam hasil pencarian untuk kata kunci tersebut.

7. Menggunakan kata tambahan untuk nama domain anda
Apabila nama domain yang mengandung keyword yang anda bidik telah dimiliki oleh orang lain, maka tidak menjadi masalah apabila anda menambahkan kata-kata tertentu pada nama domain anda atau anda juga dapat mengubah susunan keyword pada nama domain yang anda inginkan.

Misal: Bisnisonlineterbaru.com, Bisnisonlineterdasyat.com, dan lain sebagainya.

Dengan menerapkan beberapa tips optimasi nama domain diatas diharapkan dapat membantu blog anda menjadi lebih seo friendly sehingga blog anda dapat dengan mudah memenangkan persaingan di halaman hasil pencarian search engine. Ingat, kesuksesan anda dalam berbisnis internet dimulai dari pemilihan nama domain yang tepat.

Jangan lupa simak juga Cara Kerja Search Engine Google

Penulis : Bernos Sidayan

Bernos Sidayan

15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.