VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

TANJUNG ADALAH

Tanjung memiliki dua definisi, yang pertama adalah sebutan untuk daratan yang menjorok atau menonjol ke laut dan yang kedua adalah nama sebuah pohon, yaitu pohon tanjung.

Definisi pertama;

Tanjung adalah sebutan untuk bagian dari wilayah daratan yang berbentuk memanjang dan menjorok ke wilayah lautan. Tanjung banyak ditemui di sekitar pantai, terutama di pulau-pulau kecil atau pulau besar yang berada di wilayah kepulauan. Namun tanjung juga ada yang besar. Tanjung yang besar disebut semenanjung, misalnya tanjung harapan dan semenanjung malaka.

Gambar Tanjung (dalam lingkaran merah)

Apapun bisa disebut tanjung jika merupakan bagian dari daratan yang berbentuk memanjang dan menjorok ke laut. Sedangkan bagian dari lautan yang menjorok ke wilayah daratan disebut teluk. Teluk merupakan kebalikan dari tanjung.

Definisi kedua;

Tanjung adalah nama sebuah pohon, yaitu pohon tanjung (Mimusops elengi). Pohon tanjung merupakan sebuah tanaman yang terdiri dari batang yang keras dan banyak bercabang yang memiliki daun kecil-kecil berwarna hijau daun serta memiliki buah kecil-kecil yang terkumpul dalam onggokan. Buah dari pohon tanjung ini disebut buah tanjung. Pohon tanjung ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 20 meter.

Gambar Buah Tanjung

Pohon tanjung diketahui berasal dari India, Burma dan Srilangka yang masuk ke Indonesia sejak berabad-abad yang silam. Daun pohon tanjung serta buah tanjung diketahui berkhasiat bagi kesehatan sehingga banyak dijadikan sebagai bahan ramuan obat-obatan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *