VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Tanda Sebuah Website Mengalami Penurunan Kinerja

Setiap blog atau website setidaknya dalam satu waktu memerlukan analisis dan mungkin memerlukan beberapa perbaikan untuk tampil sebagaimana mestinya. Untungnya, terdapat beberapa tanda-tanda khas yang dapat menunjukan kesulitan dalam sebuah website yang kesulitan mengalami perkembangan. Semua hal tersebut bisa diperbaiki atau ditingkatkan dalam rangka memberikan dorongan terhadap situs agar memberikan hasil yang lebih baik. Berikut ini adalah tanda peringatan jika website mengalami penurunan kinerja.

Kurangnya nilai konversi

Ketika sedang mengevaluasi sebuah website atau blog, terdapat sejumlah tingkat konversi berbeda yang dapat diterapkan. Tentu saja, masing-masing harus berdasarkan konteks tujuan dari situs anda dan apa yang ingin dicapai sehingga anda dapat menentukan nilai konversi apa yang paling relevan bagi anda.

Beberapa contoh nilai konversi :

  • Pengunjung ke arah penjualan
  • Pengunjung ke arah pelanggan
  • Pengunjung ke arah download
  • Pengunjung mendaftar newsletter
  • Pengunjung yang melakukan komunikasi melalui contact form
  • Klik melalui iklan

Jika tingkat konversi situs anda saat ini mulai ditinggalkan oleh pengunjung sebaiknya anda perlu membuat beberapa penyesuaian terhadap situs untuk meningkatkan kinerja website anda. Agar efektif memperbaiki masalah ini anda harus mengidentifikasi penyebab tingkat konversi yang menurun tersebut. misalnya, jika blog anda semakin banyak pengunjung namun tidak ada yang berlangganan, mungkin anda bisa mencoba beberapa trik berikut : mengubah lokasi link berlangganan RSS ke lokasi yang lebih menonjol, langganan menawarkan email selain RSS, tawaran feed secara penuh atau bukan hanya kutipan, termasuk pesan singkat sebelum atau setelah posting untuk mengajak berlangganan, atau secara fokus membuat konten yang sangat menarik minat pengunjung anda.

Kurangnya traffic dari search engine, penurunan traffic search engine, atau penurunan peringkat

Search engine atau mesin pencari adalah sumber kehidupan bagi banyak situs yang sukses, sementara sebuah traffic search engine sangat sulit untuk dibangun. Jika anda merasa kesulitan dan merasa lelah dalam membangun traffic dari mesin pencari, mungkin anda perlu mengevaluasi SEO. Jika anda secara konsisten bekerja untuk meningkatkan situs atau menambahkan konten baru, umumnya traffic pada mesin pencari akan ikut meningkat. Namun jika anda melihat peringkat di situs mesin pencari malah mengalami penurunan, ini menandakan bahwa situs anda harus mengalami perbaikan.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, anda mungkin perlu membuat beberapa perubahan mendasar untuk coding situs, membuat halaman baru yang mengoptimalkan keyword dalam perncarian kata tertentu, membangun beberapa link, atau anda mungkin harus memulainya kembali dari awal untuk mendesain ulang situs agar lebih ramah di mesin pencari.

Bounce rate yang tinggi, rendahnya tampilan halaman per visitor, dan kurangnya pengunjung yang kembali

Semua masalah ini adalah tanda-tanda bahwa sebuah situs kurang bagus dalam mempertahankan pengunjung. Banyak para blogger berusaha keras untuk menurunkan tingkat bouncing per-halaman pada situs mereka, namun hal tersebut kembali lagi terhadap spesifikasi konten yang ditampilkan pada situs mereka dan sumber lalu lintas yang digunakan. Jika anda mendapatkan persentase yang tinggi pengunjung dari sosial media, biasanya angka ini kurang efektif dibandingkan dengan pengunjung yang datang dari sumber lain. Misalnya, pengunjung dari situs lain yang merekomendasikan blog anda biasanya nilai bounce rate dari pengunjung ini akan kecil.

Tidak ada strategi untuk menarik pengunjung kembali

Mendapatkan pengunjung untuk datang kembali secara teratur jarang terjadi dengan sendirinya. Sebuah perencanaan diperlukan dalam rangka untuk mengembangkan website dengan konten berkulitas sehingga membuat pengunjung ingin kembali dalam beberapa hari atau beberapa minggu kemudian. Terdapat sejumlah metode yang potensial, seperti menu blog, update berita, game, kontes berhadiah, tool gratis dan sumber daya. Pikirkan tentang situs yang anda kunjungi secara teratur, apa yang membuat anda terus datang kembali?

Persentase yang tinggi dari traffic satu sumber

Terlepas dari mana pengunjung anda berasal (Google, Sosial media, PPC, dll), keragaman diperlukan untuk keamanan. Jika anda mendapatkan persentase yang sangat tinggi untuk pengunjung anda dari Google, perubahan sistem algoritma atau penalti yang tak terduga bisa menjadi masalah yang serius. Dengan keragaman sumber traffic yang lebih banyak, dampaknya akan lebih baik dan anda akan mendapatkan keuntungan dari keamanan yang lebih besar.

Lalu lintas hanya dari satu search engine

Selain melihat sumber lalu lintas anda secara keseluruhan, jika persentase yang sangat tinggi dari lalu lintas pencarian anda datang hanya dari satu mesin pencari, anda bisa mendapat keuntungan dari beberapa perbaikan dengan mesin pencari lainnya. Karena Google memiliki lebih banyak pencarian setiap hari dari semua mesin pencari yang lainnya, hal ini tidak aneh jika sebagian besar lalu lintas pencarian anda datang dari Google. Akan tetapi idealnya terlihat lebih baik jika ada beberapa pengunjung yang datang dari Yahoo, MSN, dan beberapa search engine yang lain.

Persentase yang sangat rendah dari lalu lintas langsung

Hal ini tidak berlaku jika situs anda baru, anda harus bisa mendapatkan pengunjung yang datang berulang kali secara langsung menuju ke situs anda, dibandingkan dengan pengunjung yang datang melalui mesin pencari, link atau website lain. Kurangnya lalu lintas secara langsung, ini menandakan situs anda kurang menarik atau kurang berkesan ketika pengunjung datang saat terakhir kalinya. Mereka yang datang langsung ke situs anda akan mencari sesuatu yang spesifik dan memungkinkan mereka akan menjadi tamu yang setia, sehingga menjadikannya tipe pengunjung yang berkualitas.

Shopping carts yang ditinggalkan

Situs e-Commerce yang sukses akan terus melacak dan memantau berapa banyak mereka kehilangan pembelian dari shopping carts yang ditinggalkan sebelum melakukan pembayaran yang sebenarnya. Tentu saja hal ini sangat berpengaruh pada tingkat pendapatan. Nilai atau angka ini akan menjadi indikator yang baik untuk menganalisa sagala sesuatu yang tidak beres pada situs anda.

Tidak ada keterlibatan pengunjung

Sebuah situs atau website yang baik akan selalu memiliki beberapa metode untuk menarik keterlibatan pengunjung. Tentu saja, strategi yang anda terapkan harus memiliki tujuan terhadap apa yang ingin anda capai dengan melibatkan pengunjung anda. Akan tetapi harus adanya nilai atau sesuatu yang signifikan dari situs yang membuat pengunjung memperhatikan dan mengingat ketika berkunjung ke situs anda.

Tidak adanya manfaat yang dilihat

Banyak perusahaan membangun website karena itu adalah hal yang harus dilakukan, tetapi mereka akan terus bepikir bagaimana untuk meningkatkan bisnis mereka melalui website. Jika anda banyak menghabiskan waktu dan uang untuk membangun sebuah website, maka anda harus memiliki tujuan yang spesifik tentang fungsi website tersebut. mungkin anda bertujuan untuk menjual produk atau layanan, menampilkan portofolio, membangun brand atau merek anda atau menggunakannya sebagai fungsi utama dalam pemasaran bisnis anda.

Banyak pertanyaan dari pengunjung yang tidak ditangani di website

Mungkin anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan dari pengunjung website anda dan mungkin juga beberapa pertanyaan tersebut tidak ditangani dengan baik. Kebanyakan website memiliki halaman tanya jawab, dan website yang efektif akan sering menjawab setiap pertanyaan dari pengunjung tanpa menggunakan email. Luangkan waktu sejenak untuk mengevaluasi pertanyaan yang anda dapatkan sehingga anda dapat menjalin komunikasi yang baik dengan pengunjung website anda.

Sekarang apakah pendapat anda, metode apa yang anda gunakan untuk mengukur kinerja sebuah website?

15 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *