VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Sudahkah Anda Mencoba Iklan Adsense Baliho 970×250?

Halo juragan… Google adsense meluncurkan dua unit iklan baru lagi pada tanggal 3 juni 2014, yaitu unit Potret (Portrait) ukuran 300×1050 dan unit Reklame (Baliho) dengan ukuran 970×250 pixel. Wow!!

Sebelum dua unit iklan super jumbo ini diluncurkan, beberapa bulan sebelumnya google baru saja meluncurkan dua unit iklan juga, yaitu unit iklan Khusus (customized ad) dan unit iklan Responsive yang hanya diperuntukkan bagi website dengan desain responsive.

Saya sendiri mengetahui unit baliho dan potret ini setelah diberitahu oleh mas +Z .u. L melalui forum Indonesia Adsense Publisher Disacussion (IAPD) yang menanyakan bagaimana kinerja iklan terbaru google adsense (CTR-nya).

Mendengar ada sesuatu yang baru tentu saja saya langsung meluncur ke akun adsense dan mengambil kode iklan gaya terbaru tersebut untuk segera melakukan percobaan. Saya tahu biasanya unit iklan terbaru memiliki kinerja lebih efektif jika dibandingkan unit iklan gaya lama yang sudah membosankan.

Oleh karena itu setiap ada sesuatu yang baru di adsense saya langsung menerapkan secepatnya agar bisa ikut menikmati keuntungan di awal musim. Jika sudah berlangsung lama, unit iklan baru sudah tidak efektif lagi dan biasanya google akan mengeluarkan gaya baru lagi.

Unit iklan terbaru akan memberikan tampilan baru yang unik di mata pengguna. Seperti yang telah saya jelaskan pada posting sebelumnya tentang Cara Meningkatkan CTR Adsense Dengan Warna Iklan Unik, bahwa tampilan iklan yang baru akan terlihat unik dan pasti akan menghasilkan CTR tinggi atau jumlah klik yang lebih banyak daripada iklan-iklan gaya lama yang sudah tidak asing bagi pengguna.

Bagaimana kinerja unit baliho/reklame 970×250?

Menurut hasil percobaan saya sejak kemarin, iklan baliho ini memiliki kinerja yang efektif dan sangat optimal di masa-masa sekarang ini. Tapi saya tidak tahu lagi bagaimana kedepannya. Unit baliho bisa menghasilkan 5 dollar dalam sepagi.

Bagaimana tidak?! Unit iklan gambar ukuran 970×250 yang tampil di blog bisa mencetak uang $0,50 dalam sekali klik. Jika sehari iklan baliho yang bertype gambar 970×250 mendapat 20 klik saja maka $10 atau 120 ribu rupiah masuk ke kantong anda hanya dalam sehari. Belum lagi klik dari iklan-iklan lainnya di blog anda.

Tapi sayangnya persediaan iklan gambar 970×250 untuk baliho masih terbatas, sehingga yang lebih sering tampil adalah unit 300×250 dan iklan teks. Namun setidaknya bagi publisher yang telah mencoba unit super jumbo ini bisa menikmati keuntungan di awal musim.

( i ) Unit iklan baliho ini hanya bisa dicoba di blog yang memiliki lebar 970 px. Sedangkan mayoritas publisher lebih suka menggunakan template yang lebarnya hanya 900 px saja sehingga tidak bisa mencoba unit baliho yang sangat pintar mencari uang ini.

Unit baliho ini disarankan oleh google untuk ditempatkan di atas postingan atau tepatnya dibawah header alias dibawah menu. Dan itu adalah penempatan iklan paling strategis dan sangat cocok untuk unit iklan besar seperti baliho. Pengguna akan terpana beberapa detik pada saat pandangan petama. Agar pengguna tidak mengira iklan adalah menu, maka kita harus memberikan sedikit jarak antara iklan dan menu.

^^ Saya sejak awal sengaja memilih template Kompi Males karya mas +Adhy Suryadi ini karena memiliki lebar 970 yang bisa menampung iklan super lebar. Sebelum menggunakan template ini saya telah mengujinya di berbagai tools google adsense bahwa template ini sangat efektif untuk adsense. Mulai dari desain yang rapi, huruf yang serasi dengan font google ads, maupun dalam kemudahan perayapan adsense membaca isi laman. Saya menemukan template ini setelah lebih dari 6 bulan saya mencari-cari template paling cocok untuk adsense.

Selama menggunakan template ini tidak pernah terjadi kesalahan perayapan adsense sehingga google bisa menargetkan iklannya kepada pengguna dengan tepat. Akhirnya penargetan kontekstual meningkat, artinya iklan semakin relevan dengan konten. Kemudian saya memodifikasi warna agar tampilan web dan iklan menjadi unik di mata pengguna. Dan ternyata tampilan web dan iklan yang unik bisa memproduksi klik yang optimal dan CTR meningkat jika dibandingkan ketika menggunakan template sebelumnya.

^_^ Saya tutup sampai disini dulu obrolan kita kali ini agar teman-teman tidak bosan membaca ocehan saya. Selamat mencoba iklan baliho dan semoga haslnya bisa membuat teman-teman tersenyum lebar. Jangan lupa baca juga Cara Mengelola Blog Dalam Jumlah Banyak Untuk Optimasi Adsense.

43 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.