VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Strategi Terkini Membangun Backlink SEO yang Mumpuni

Dalam membangun SEO, Anda perlu membuat backlink. Sejumlah riset dan survey dari lembaga – lembaga yang kredibel menunjukkan bahwa backlink masih memiliki peran penting dalam SEO.

Pertanyaannya bagaimana membangun backlink yang benar dan tepat?

Sudah bukan rahasia bahwa banyak orang membangun backlink dengan menggebu-gebu, namun hasilnya bukan trafik, malahan kena pinalti dari Google.

Jadi yang perlu dilakukan adalah bagaimana menanam backlink berkualitas. Bukan yang spammy.

Ada beberapa hal bisa dilakukan:

#1 Backlink Terbaik itu yang Natural

Kenapa mesin pencari suka backlink natural ? karena jika munculnya manipulasi, dibuat – buat, fungsi backlink sebagai indikasi bahwa itu adalah situs yang layak untuk ditampilkan, menjadi sisa – sia.

Jadi, paling penting adalah bagaimana membangun secara alamiah. Artinya, backlink memang – memang benar – benar diberikan oleh webmaster karena menganggap artikel atau konten yang Anda buat di blog atau situs memang layak dibagikan kepada orang lain.

Ada yang usia blog masih muda kemudian membuat backlink secara agresif sehingga dalam waktu singkat jumlah backlinknya meningkatk sangat tajam.

Apakah ini natural ? Jelas tidak. Bagaimana mungkin web yang masih seumur jagung dengan konten yang masih baru, membuat banyak orang membagi – bagi konten tersebut.

#2 Fokus Konten

Terkait dengan poin #1, konten menjadi faktor utama. Karena tanpa konten yang baik, bagaimana mungkin orang ingin membaginya lewat backlink.

Konten yang menarik akan membuat orang tertarik, merasa informasi yang kita berikan menarik, dan akhirnya membagi – bagikan kepada orang lain.

Ini adalah salah satu contoh situs, yang menggunakan pengalaman dari para pelanggannya, kemudian dituliskan ke dalam blog, sehingga memberikan konten yang menarik. Ini bisa jadi bahan referensi.

#3 Hindari Backlink Spam

Salah cara backlink yang paling umum dilakukan adalah blogwalking kemudian  menaruh comment yang disertai link ke situs. Cara ini mudah dan bisa dilakukan dengan cepat.

Tapi, jangan berlebihan. Karena blog comment yang terlampau banyak dalam waktu singkat justru memberikan sinyal buruk.

Selain itu, sejumlah pakar SEO sudah mendegradasi nilai backlink dari comment. Nilainya sudah rendah sekali. Sekarang blog comment sebagai sarana membuat backlink sudah mulai banyak ditinggalkan.

Blogwalking itu sesuatu yang bagus. Itu bagian dari silaturahmi antar blogger. Tetapi, jika blogwalking tujuannya semata mencari backlink, sehingga komentar – komentar yang ditinggalkan menjadi tidak relevan, itu justru malah menimbulkan efek negatif ke blog atau situs kita.

Kesimpulan

Jika ada yang bilang bahwa backlink tidak penting lagi dalam SEO, itu pernyataan yang perlu lebih diluruskan. Yang benar bahwa backlink spammy memang tidak punya nilai atau bahkan merusak, namun backlink berkualitas justru makin penting dan dicari dalam membangun SEO.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *