VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Strategi Aneh Membuat Artikel Tutorial

Membuat artikel tutorial mungkin bisa dibilang gampang-gampang-susah. Dikatakan susah, karena kebanyakan tutorial menuntut adanya gambar sebagai pelengkap untuk memperjelas maksud dari proses kerja suatu tutorial yang sedang dibahas. Sebaliknya dengan adanya gambar, malah akan semakin mudah menceritakan maksud dan tujuan yang ingin disampaikan.

Adakalanya sebuah tutorial juga dituntut untuk dapat disampaikan secara singkat padat dan jelas, yang mungkin berarti tidak akan memenuhi kriteria sebagai artikel yang SEO.

Walaupun saya tidak tahu-menahu tentang SEO, tapi katanya sebuah artikel disebut SEO friendly jika artikel tersebut mengandung minimal 300 kata atau lebih. Bahkan di beberapa daerah, ada yang meyebutkan angka 1000 kata untuk mendapatkan predikat artikel SEO fiendly sehingga mudah nongkrong di halaman pertama google.

Contoh Kasus
Bagaimana kalau kita sedang membahas cara membuat roti bakar. Yang langkah-langkahnya sangat singkat padat dan jelas dan jikapun dijadikan artikel hasilnya akan seperti ini.

CARA Membuat Roti Bakar
Bahan
– Roti

Cara membuat
– Bakar

Selesai.

cara membuat roti bakar

Sangat simpel sekali bukan, bahkan satu paragraf pun tidak mencukupi. Apakah tulisan sekelumit tersebut dapat ditemukan robot search engine dengan mudah? Bagaimana cara mengembangkan tutorial yang sesingkat itu agar dapat memenuhi salah satu syarat artikel yang SEO friendly.

Gampang saja, Anda hanya perlu menambahkan paragraf pelengkap, seperti Latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, hipotesis, kata pengantar, abstrak, kesimpulan dan saran. Dijamin artikel yang sebelumnya hanya berisi beberapa kata tersebut akan menjadi sangat panjang dengan penambahan cerita Anda yang ngelantur kesana-kesitu.

Cerita saja latar belakang kenapa anda tiba-tiba kepikiran untuk membuat roti bakar tersebut. Sebenarnya ide cara membuat roti bakar tersebut saya dapatkan dari status mas Fandi Guritno yang merupakan salah seorang moderator di forum IAPD. Di forum tersebut beliau membagikan tips yang sungguh mencengangkan dan tidak pernah terpikirkan oleh master chef manapun tentang cara membuat Roti Bakar.

Selanjutnya, cerita bagaimana kesan dan pesan anda setelah membuat dan merasakan roti bakar yang anda ciptakan. Dan ceritakan semuanya yang ingin anda ceritakan, dari harga roti, aroma roti sebelum di bakar, suasana saat membakar roti, merk kayu bakar yang Anda pakai dan sebagainya. Dijamin artikel Anda akan panjang sepanjang rel sepur.

Pertanyaannya.
“kalau begitu, apakah pengunjung tidak bosan membacanya?” PASTI bosan!
“berarti gak akan ada yang baca donk?” maybe yes, mungkin juga tidak..
“Terus buat apa bikin artikel panjang-panjang kalau gak ada yang baca?” Yaa untuk robot SE mungkin.
“hlah?” hloh.

Begini strateginya….
Artikel panjang dikhususkan untuk memancing robot google ataupun robot search engine lainya agar dapat segera mengendus keberadaan tulisan anda. Dengan artikel yang panjang, sudah barang tentu akan sangat banyak sekali kata kunci yang terjaring. Tapi pastikan artikel panjang yang anda buat berupa tulisan yang benar-benar bisa dibaca (human friendly), dan bukan kumpulan kata kunci yang di jejer menjadi satu tanpa makna.

Selanjutnya, Untuk memudahkan pengunjung menemukan inti dari tulisan anda, beri tanda yang mencolok dan mudah ditangkap oleh indera manusia seperti huruf tebal atau miring, huruf berwarna atau tanda lainnya untuk membedakan antara paragraf pelengkap dan bahasan inti pada tulisan Anda.

Dengan begitu orang yang sedang mencari informasi di blog Anda akan dengan mudah menemukan apa yang mereka cari tanpa harus membaca keseluruhan artikel yang dipaparkan. Kalaupun para pengunjung ingin membaca keseluruhannya juga tidak mengapa karena memang masih berkaitan dengan inti persoalan. Karena ada sebagian orang yang hobi membaca dan ada pula yang ingin langsung ke topik bahasan.

Anda dapat meletakan Inti bahasan pada awal ataupun bagian tengah artikel. Tapi sebaiknya Anda meletakannya pada bagian awal artikel agar pengunjung blog anda tidak merasa tertipu dan kecewa telah mengunjungi blog Anda.

Jadi dengan begini, bisa dikatakan “sekali melempar pancing, dua tiga pulau terlampaui”. Sekali membuat artikel, Robot kena pengunjung unik pun dapat.

Yakinlah bahwa pengunjung blog anda adalah orang yang berpendidikan dan mahir membaca. Mereka pasti tahu, dan dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari dan inti pembahasan dari tulisan yang anda buat. Dengan strategi yang tepat tentunya.

Sama halnya sebuah buku, seberapa sering anda membaca halaman kata pengantar dari sebuah buku? Pada kenyataanya hampir semua buku menyertakan halaman kata pengantar di lembar awal.

Sebenarnya artikel tutorial termasuk golongan artikel yang kaya konten, karena pada umumnya dalam sebuah artikel tutorial terdapat kombinasi gambar dan teks yang memadai. Jadi, tanpa strategi yang aneh bin nyeleneh pun, artikel tutorial akan sangat mudah ditemukan jika disampaikan dengan baik dan benar.
Bagaimana menurut Anda?

Demikianlah sedikit cerita fiktif tentang strategi aneh membuat artikel tutorial dan sekiranya dapat bermanfaat bagi pengunjung blog juragan cipir. Setelah Anda mengetahui salah satu cara membuat artikel tutorial, selanjutnya Anda perlu mengetahui hal-hal yang bisa membuat blog bertrafik tinggi.

18 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *