VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Pertama Kali Menggunakan Sertifikat SSL Pakai HTTPS, Sedikit Bingung Tapi Senang

Halo sahabat setia blog juragan cipir… ijinkan saya bercerita sedikit. Ini adalah pengalaman pertama blog juragan cipir menggunakan sertifikat SSL yang akhirnya alamat protokol HTTP di blog ini berubah menjadi HTTPS.

Sebelumnya jauh-jauh hari saya sangat ingin memiliki sertifikat SSL untuk blog ini. tapi saya tidak tahu harus beli dimana dan bagaimana cara membayarnya. Tujuannya adalah untuk mengenskripsi sambungan pada blog ini agar lebih aman, apalagi blog ini diupdate oleh orang banyak. Dengan menggunakan HTTPS maka URL blog akan terenskripsi dan menjadi sambungan pribadi yang aman.

sertifikat-ssl

Suatu hari tim metroworldhost yang menghosting blog ini menawarkan kepada saya untuk memberikan sertifikat SSL untuk blog ini jika saya mau. Maka tentu saja saya mau, karena itu sudah lama saya cari. Dan kini saya mengucapkan banyak terima kasih atas pemberian sertifikat ssl serta hosting maupun segala bentuk support yang diberikan oleh metroworldhost kepada blog ini.

Apa pengalaman pertama saya menggunakan sertifikat ssl? Ternyata ada sedikit kerumitan dalam mengaplikasikan ssl ke website, padahal sebenarnya mudah bagi orang yang sudah tahu caranya. Hanya saja karena hal itu pertama kali, maka saya sedikit bingung.

Sedikit untuk teman-teman ketahui, ada beberapa permasalahan yang terkadang timbul pada https ketika kita belum tahu cara menggunakannya. Beruntung tim support dari metroworldhost langsung memberikan panduan melalui email ketika melihat tampilan “https” pada blog ini tidak bisa tampil sempurna alias tidak berwarna hijau. Akhirnya langsung saja saya ikuti petunjuk dari metroworlhost dan hasilnya kini blog juragan cipir telah memiliki alamat protokol https berwarna hijau, dan bukannya http lagi.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut kita harus memasukkan script tertentu ke file htaccess serta menginstal plugin pendukung https, sehingga https akan berwarna hijau pertanda sambungan aman. Bukannya berwarna putih, kuning atau merah yang menunjukkan sambungan tidak aman.

ssl-https

Bagaimana dampak terhadap trafik?

Pada awalnya saya mengira trafik turun setelah menggunakan ssl karena saya melihat di histats hanya ada sedikit pengunjung online. Tapi ternyata histats tersebut sudah tidak akurat lagi karena saya baru saja menghapus beberapa script di histats. Dan setelah saya periksa di google analytics, ternyata trafik normal, bahkan sepertinya malah naik. Semoga itu adalah dampak dari menggunakan https. Mungkin bisa saja kenaikan trafik terjadi jika semua browser menganggapnya sebagai sambungan aman bagi pengguna.

Demikian sekilas cerita dari saya buat teman-teman dan semoga menambah manfaat. Jika ada pertanyaan terkait https silakan ditanyakan di kolom komentar. Tapi jika pertanyaanya banyak dan panjang silakan ditanyakan di forum. Jangan lupa simak juga Website Multisite, Memahami Seluk Beluknya.

32 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.