VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Perjalanan Wisata ke Pulau Dewata Bali Yang Tak Terlupakan

Kali ini saya hendak membahas perjalanan wisata ke bali. Mengapa wisata? ya karena ini saya pergi dengan istri serta rombongan bakpia tempat isteri saya bekerja. Kebetulan bos bakpia itu selalu memberi bonus kepada seluruh karyawannya yang berjumlah 300 an orang dengan perjalanan wisata.

Karena ini rombongan besar sejumlah 600 orang (karyawan plus 1 orang, misalkan suami plus istri), maka rombongan dibagi 4 kloter. Kebetulan isteri saya mendapat giliran kloter ketiga. Dan setiap kloter ada 2 bus yang diberangkatkan.

pariwisata bali, rekreasi bali, tempat wisata, pantai bali
Wisata Pulau Dewata – Bali (Foto: Tanah Lot)

Asyik… dikasih tour gratis ditambah uang saku 600 rb. Siapa lagi yang tidak mau? ๐Ÿ˜€ . Bagi istri saya, inilah perjalanan pertamanya ke pulau bali. Kalau saya sudah beberapa kali, karena saya punya tante yang menikah dengan orang banyuwangi.

Otomatis kalau berlibur ke banyuwangi pastinya saya langsung meluncur ke bali. Mengapa bali begitu mempesona saya? ya karena bali adalah satu-satunya daerah yang adat budayanya jadi satu dengan agama hindu. Hukum adat sangat berlaku di sana. Makanya ada semacam joke, kalau ada kasus pencurian motor, biasanya pelakunya adalah orang luar bali.

travel tourism, perjalanan laut, pelabuhan kapal, pelabuhan ketapang
Berpose di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

Singkat cerita rombongan bus kami sudah sampai ke pelabuhan ketapang banyuwangi. Rombongan pun masuk ke dalam kapal ferri untuk menyeberang menuju pelabuhan gili manuk, Bali. Perjalanan biasanya ditempuh selama 1 jam.

kapal penumpang, kapal barang, pelabuhan banyuwangi
Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi

Obyek wisata yang pertama kali kami kunjungi adalah tanah lot, letaknya di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, KabupatenTabanan, sekitar 30 menit ke arah barat laut dari Kuta.

pura tanah lot, pura bali, pura luhur penataran, taman tabanan
Pura Luhur Penataran di Tanah Lot

pantai tanah lot, wisata tanah lot, pemandangan tanah lot
Indahnya panorama pantai di Tanah Lot

Numpang narsis di depan Pura Tanah Lot

Kemudian rombongan berwisata ke tanjung benua. Salah satu wisata favoritnya adalah pulau penyu, yaitu tempat penangkaran penyu hijau. Tapi di pulau penyu tidak cuma penyu saja yang ada. Ada juga iguana, kelelawar dan binatang lainnya.

Menyaksikan hewan-hewan di penangkaran di teluk Penyu

Wow…!! Penyu ini jinak sekali…

Oh ya.. kalau mengunjungi pulau dewata, janganlah lupa mengunjungi Garuda Wisnu Kencana.

patung nusa dua, patung garuda wisnu, patung badung bali
Patung Garuda Wisnu Kencana di Nusa Dua, Badung

Garuda wisnu kencana adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung.

taman garuda wisnu, taman wisata, taman nusa dua, taman badung
Taman Wisata Garuda Wisnu Kencana di Nusa Dua, Badung

Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.

Rombongan pun bermalam di sebuah hotel di Denpasar bali. Keesokan harinya, rombongan berangkat menuju tujuan wisata lainnya, yaitu pura tirtha empul. Tak lupa sewaktu di hotel, saya berpose dengan seorang wanita berpakaian adat bali.

hotel horison, hotel bali, hotel denpasar, hotel gianyar
Berpose sama cewek Bali yang cantix di depan hotel Horison, ehemm…

Pura tirtha empul terletak di wilayah desa Manukaya, KecamatanTampak siring, Kabupaten Gianyar. Mengenai nama pura ini kemungkinan besar diambil dari nama mata air yang terdapat di dalam pura ini yang bernamaTirtha Empul seperti yang telah disebutkan di atas.

pura gianyar, pura tirtha empul, pura hindu bali
Mata air di Pura Tirtha Empul, Gianyar

taman pura gianyar, taman tirtha empul, gianyar bali
Taman Wisata di Pura Tirtha Empul, Gianyar

prasasti tirtha empul, prasasti gianyar bali
Prasasti Pura Tirtha Empul, Gianyar, Bali

ritual hindu, pura ritual, pura sembahyang, pura bali
Seorang wanita Bali sedang sembahyang di Pura Tirtha Empul, Gianyar

Secara etimologi bahwa Tirta Empul artinya air yang menyembur keluar dari tanah. MakaTirta Empul artinya adalah air suci yang menyembur keluar dari tanah.

Semula rombongan mau melanjutkan ke pantai sanur tapi dikarenakan ada badai maka terpaksa dibatalkan. Kemudian rombongan melanjutkan ke sangeh.

pura sangeh bali
Salah satu bangunan di Pura Bukit Sari di desa Sangeh

patung raksasa, patung di sangeh, patung pura bukit sari
Patung raksasa di salah satu sudut Pura Bukit Sari di desa Sangeh, 

Sangeh terkenal karena ini merupakan sebuah desa di mana monyet-monyet (beruk) berkeliaran dengan bebas dan dikeramatkan oleh penduduk setempat di sebuah hutan. Di tengah hutan ada pula sebuah pura yang bernama Pura Bukit Sari.

Singkat cerita kunjungan terakhir adalah di joger, dilanjutkan ke Bedugul yang terletak di terletak di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Ini adalah kunjungan ke tempat pariwisata terakhir di pulau bali setelah selama 3 hari ada di pulau dewata.

Salah satu sudut di Joger, Bali

pantai bedugul, pantai tabanan, pemandangan pantai bali
Indahnya pemandangan pantai Bedugul di Tabanan, Bali

Sebenarnya banyak lagi obyek wisata di pulau dewata yang luar biasa mempesona dan tidak bisa diceritakan satu demi satu. Berhubung batereinya low bat jadi tidak bisa diceritakan ๐Ÿ˜€  Karena lebih menarik kan kalau tulisan disertai dengan gambar obyek wisatanya.

Tak lupa saya juga berpose dengan mbak kadek, pemandu wisata selama ada di pulau dewata. Rombongan meninggalkan bali dengan sejuta kenangan.

pemandu wisata bali, tourist guide, bali guide, bali tourist
Senangnya berpose bersama mbak Kadek, pemandu wisata di Pulau Dewata

Bali… suatu saat nanti saya akan kembali…

Penulis : Risman Aji Darmawan
(Terverifikasi)

Address : Desa Kasihan, Kab. Bantul, Jogjakarta

Facebook : Risman Aji Darmawan

Google+ : +Risman Aji

10 Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *