VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Perbedaan Jenis Visitor Dalam Pengoptimalan Adsense

Halo juragan… Publisher google adsense harus mengetahui siapakah pengunjung blog anda dan siapakah yang berpotensi meng-klik iklan di blog atau website anda. Tentunya hal ini sangat penting bagi pengoptimalan pendapatan atau penghasilan adsense anda. Paling tidak bisa kita gunakan sebagai pedoman dalam menentukan niche blog untuk memaksimalkan earning adsense.Berdasarkan pengalaman pribadi saya selama mengelola beberapa blog, jika blog kita memiliki niche yang berbeda maka jenis pengunjung atau visitor juga berbeda. Setiap jenis pengunjung memiliki potensi yang berbeda dalam menghasilkan jumlah klik perharinya. Serta setiap klik juga memiliki BPK yang berbeda pula.

Dalam hal ini saya membedakan visitor blog dalam dua jenis;

1. Pertama adalah pengunjung dari kalangan blogger
Pengunjung sesama blogger merupakan komunitas terbesar di internet. Sehingga jika kita membuat niche blog tentang perblogingan maka visitor akan melimpah. Namun semuanya tidak ada yang mau nge-klik iklan, kecuali hanya sedikit saja.

Para blogger sudah kebal melihat iklan adsense, mereka tidak tertarik sama sekali dengan iklan. Melirik saja tidak, tetapi hanya tersenyum saja jika ada iklan adsense nampang di depannya 🙂 . Meskipun blog kita memiliki trafik yang cukup serta penempatan iklan yang strategis dan juga format iklan yang potensial, namun jumlah klik perharinya sangat jauh di bawah normal.

2. Kedua adalah pengunjung umum atau non blogger
Pengunjung umum juga tidak kalah banyaknya dari pengunjung blogger. Namun jika kita membuat niche blog untuk pengguna umum, trafik blog tidak setinggi niche blogger. Akan tetapi jumlah klik perharinya lebih mudah didapat dari pengunjung umum, meskipun jumlah visitor blog perharinya tidak terlalu banyak.

Pengunjung umum mudah meng-klik iklan yang kita serasikan dengan blog. Mungkin hal itu dikarenakan mereka jujur dan polos dalam memahami fakta di depan mata. Apa yang menarik bagi mereka akan di-kliknya. Setelah nge-klik iklan mereka akan menavigasi situs pengiklan sampai beberapa pageview. Hal inilah yang membuat klik dari pengunjung umum memiliki BPK/CPC yang tinggi.

* Jadi selain menghasilkan jumlah klik yang banyak, nilai BPK-nya juga tinggi jika pengunjungnya adalah pengguna umum. Dua keuntungan bagi blog yang menargetkan visitornya kepada pengunjung umum.

Sebagai perbandingan
Blog dengan pengunjung umum bertrafik hanya 50 uv perhari bisa mendapat 5-10 klik dengan nilai BPK $1.00 – $2.00.

Blog dengan pengunjung blogger bertrafik 200 uv perhari hanya bisa mendapat 2-5 klik dengan nilai BPK $0,05 – $0,20.

Kesimpulan;
Blog dengan pengunjung yang berasal dari pengguna umum lebih berpotensi meng-klik iklan serta menghasilkan BPK lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengunjung yang berasal dari sesama blogger.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Berikutnya>> Iklan Adsense Masih Test Bisa Muncul di Blog

6 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.