VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Pengertian Dan Sejarah Lahirnya Google Doodle

Halo juragan… Doodles atau yang biasa kita kenal dengan “Google Doodle” adalah logo google yang dibuat oleh tim Doodler untuk ditampilkan di halaman beranda google dalam rangka merayakan hari-hari besar tertentu atau hari lahirnya tokoh-tokoh tertentu di dunia.

Logo doodle ini hanya muncul di pada hari-hari tertentu saja bersamaan dengan hari perayaan tersebut dan biasanya tampil diberanda google selama 24 jam. Biasanya logo doodle mulai ditampilkan selepas jam 12 malam dini hari menjelang hari besar tersebut dan berakhir pada tengah malam besoknya ketika berganti hari.

* Doodle artinya menyenangkan, mengejutkan, dan terkadang perubahan spontan yang dibuat dengan menggunakan logo google untuk merayakan liburan, peringatan, serta kehidupan seniman terkenal, pelopor, ilmuwan, dan tokoh-tokoh penting lainnya.

Dari mana ide doodle berasal? 

* Pada tahun 1998, konsep doodle itu lahir ketika pendiri google, Larry Page dan Sergey Brin bermain dengan logo perusahaan untuk menunjukkan kepada pengguna google bahwa mereka sedang pergi menghadiri festival Burning Man di gurun Nevada.

Mereka memberikan pesan tanda berupa tongkat yang diletakkan di belakang kata “OO” yang ada di dalam kata “Google”, dan revisi logo ini dimaksudkan sebagai pesan lucu untuk pengguna google bahwa bos google saat ini sedang “pergi keluar kantor.”

* Sementara itu, logo doodle pertama relatif sederhana. Ide dekorasi logo perusahaan dimaksudkan dalam rangka untuk merayakan lahirnya peristiwa penting.

Dua tahun kemudian pada tahun 2000, Larry Page dan Sergey Brin meminta kepada webmaster yang sekarang ini, Dennis Hwang yang pada saat itu magang, untuk membuat doodle pada perayaan Bastille Day atau hari bastil.

Hal ini disambut dengan baik oleh para pengguna google. Dennis akhirnya diangkat sebagai kepala Google Doodler dan akhirnya aktivitas corat-coret mulai muncul lebih sering lagi serta tampil lebih teratur pada halaman beranda google.

* Pada awalnya, sebagian besar corat-coret ini lebih sering ditujukan untuk merayakan hari libur, namun kini mereka menyoroti aneka ragam peristiwa, mulai peringatan Ulang Tahun John James Audubon sampai Ice Cream Sundae.

Seiring berjalannya waktu, permintaan corat-coret telah meningkat di AS dan internasional. Hal ini membuat doodle sekarang ini menjadi sebuah tanggung jawab tersendiri bagi tim illlustrator berbakat (yang disebut doodlers) dan para insinyur.

Bagi mereka, membuat corat-coret telah menjadi upaya kelompok untuk memeriahkan beranda google dan membawa senyum ke wajah pengguna google di seluruh dunia.

Berapa banyak logo Doodle yang telah diterbitkan?

Tim Doodler telah menciptakan lebih dari 1000 logo doodle untuk halaman google di seluruh dunia.

Siapa yang memilih, apa yang akan dibuat corat-coret, dan bagaimana memutuskan acara mana yang akan menerima doodle?

Sekelompok Googler secara teratur berkumpul untuk melakukan brainstorming dan memutuskan acara mana yang akan dirayakan dengan doodle. Ide-ide untuk corat-coret ini berasal dari berbagai sumber, termasuk Googler dan pengguna google.

Proses seleksi logo doodle bertujuan untuk merayakan peringatan dan acara menarik yang mencerminkan kepribadian dan cinta terhadap inovasi google. [Referensi: Google Doodles)

17 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *