VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Pengertian Artikel Berkualitas Dan Cara Membuatnya

Halo juragan… Seperti kata Jack Herrick, pendiri WikiHow, satu artikel berkualitas akan lebih baik daripada seratus artikel yang biasa-biasa saja. Dan menurut saya itu tepat sekali. Selain memberikan manfaat yang bagus bagi pengguna, artikel berkualitas akan memiliki peringkat yang baik di search engine.

Bagaimana cara membuat artikel berkualitas?
Sebelum kita mulai menulis artikel yang berkualitas di blog, kita harus tahu dulu 3 hal.

* Apa pengertian artikel berkualitas
* Seperti apa ciri-ciri artikel berkualitas
* Siapa yang menilai artikel berkualitas

1. Artikel berkualitas adalah artikel yang kaya informasi dan bermanfaat bagi pembaca.

2. Ciri-ciri artikel berkualitas adalah artikel yang bagus dalam penyajian dan mudah dipahami pembaca.

3. Yang menilai artikel berkualitas adalah pembaca, mesin pencari dan diri kita sendiri.

Penjelasan;

Sebaik-baiknya anda membuat konten berkualitas tetapi jika pembaca sulit memahami, maka akan hilang nilai kualitasnya. Karena pembaca tidak mendapatkan manfaat apa-apa dari tulisan anda, kecuali mereka hanya akan mendapatkan bingung saja. Sebaliknya jika anda menulis artikel yang biasa-biasa saja tetapi pembaca bisa mendapatkan sesuatu yang positif dari tulisan anda, maka akan muncul nilai kualitasnya.

Ketika pertama kali pembaca melihat konten anda, mereka sedang mencari sesuatu dan belum mendapatkan manfaat apa-apa dari tulisan anda. Namun setelah mereka selesai membaca konten anda, maka mereka merasa mendapatkan suatu pelajaran atau masukan yang menyenangkan. Itu berarti artikel anda berkualitas.

Artikel berklualitas itu relatif. Tergantung siapa yang membaca. Jika yang membaca itu adalah anak SD, maka artikel kita akan dianggap berkualitas. Namun jika pembacanya adalah anak SMA, maka artikel kita akan dianggap biasa-biasa saja. Akan tetap jika pembacanya adalah orang yang memiliki ilmu pengetahuan lebih tinggi dari kita, maka artikel kita akan dianggap tidak berkualitas.

Sekarang pertanyaannya adalah;

Bagaimana agar artikel kita dianggap berkualitas oleh semua kalangan?

Caranya sederhana saja. Hindari ejaan yang salah, atur kalimat yang benar dan susun alur cerita yang mudah dipahami dari awal hingga akhir. Berikan sentuhan yang menghibur pada tulisan anda dan hindari hal-hal yang membuat pembaca bosan.

Apapun yang anda ceritakan jika anda pandai dalam menata kalimat dan pintar dalam menyusun alur cerita, maka tulisan anda akan memberikan manfaat yang menyenangkan bagi pembaca. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi siapapun untuk mencela tulisan anda. Itulah artikel berkualitas yang sebenarnya.

Siapapun bisa menciptakan artikel berkualitas asalkan mau belajar, termasuk anda. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa baca juga Tips Menulis Artikel Berkualitas di Blog Paling Mudah.

58 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *