VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Pengalaman Suka Duka Seorang Blogger Pemula

Sebagai pemula alias newbie saya berusaha keras untuk mencari tahu tentang seluk beluk dunia blogging. Awalnya saya mengetahui blog pada tahun akhir 2008, saat itu saya sedang kuliah semester 3 di salah satu universitas di kota tempat saya tinggal. Hal yang pertama yang saya lakukan mendaftar email yaitu via gmail dan juga yahoo.

Kemudian saya membaca beberapa artikel menarik, tentang bagaimana caranya membuat sebuah blog. Setelah menemukan artikel yang cocok, langsung saya praktekkan. Lahirlah blog sederhana saya saat itu, dengan nama artikel-tulisan (sudah saya hapus).

kisah seorang publisher adsense indonesia, kisah seorang internet merketer sukses

Tahun demi tahun berlalu namun blog tersebut hanya berisi tugas-tugas kuliah dan sangat jarang saya update. Tentunya hal ini bukan hal yang baik untuk seorang blogger pemula seperti saya. Alasan blognya jarang saya update karena kesibukan dan jadwal kuliah yang sangat padat membuat kejenuhan untuk update rutin setiap hari.

Rentang dari tahun 2008 sampai dengan akhir 2013 blog saya hanya berisi 60 artikel kesemuanya tugas kuliah saya publish ulang yang sebelumnya sudah saya tulis dengan baik dengan harapan orang dapat membantu orang lain. Sampai saat itu belum ada keinginan atau terbesit dalam pikiran untuk mencari tahu seluk beluk dunia blogging.

Kapan resolusi blogging terjadi, akhir 2013 memasuki 2014 saat studi kuliah saya memasuki tahap akhir walaupun tersendat di sana-sini, namun dengan keyakinan kuat, studi belajar saya selesai dalam kurun 2007-2014 (lama banget ya).

Kembali ke poin penting. Akhirnya awal tahun 2014 saya memutuskan untuk belajar tentang dunia blogging, banyak hal yang saya pelajari saat awal-awal menyukai dunia blogging.

Awalnya saya mempelajari apa itu template blogger, bagaimana instalasinya sampai pengeditannya. Kemudian secara bertahap saya belajar tentang membeli domain, juga cara mensetting ke blogspot dan platform wordpress. Hingga saat ini saya sudah memiliki 4 domain, dari 4 domain tersebut saya banyak belajar agar memudahkan rencana saya untuk blogging. Sampai titik ini saya belum pernah membaca tentang blogging bisa menghasilkan sekelumit uang atau make money from blogging.

Saat itu saya sering kekurangan waktu tidur. Kadang-kadang waktu tidur saya hanya sekitar 4 jam sehari, ini didasari keinginan kuat saya untuk mengetahui lebih lanjut tentang dunia blogging. Pertengahan tahun 2014 saya memutuskan untuk mendalami lebih lanjut, tentang bagaimana melalui blogging kita bisa passive income.

Banyak pencarian yang saya telusuri di mesin pencari google, namun ternyata oh ternyata saya kesasar ke sebuah blog yaitu “juragan cipir”. Saya sangat sering membaca yang empunya blog bisa mengambil gajian setiap bulan hanya melalui blognya tersebut. Juragan cipir merupakan salah satu dari blog favorit saya untuk memperdalami dunia internet marketing, satunya lagi blog milik blogger Indonesia juga.

Setelah pengetahun saya cukup, saya memberitahukan beberapa teman saya tentang dunia blogging. Namun, sungguh amazing, saya sering mendapat ejekan dari beberapa orang. Pernah suatu hari mereka mengatakan blogging menghasilkan uang itu impossible (tidak mungking), kalaupun bisa kamu hanya membuang-buang waktu, hidupmu hanya dengan mengejar penghasilan dari internet yang mustahil.

Bagi saya pribadi itu hanya sekedar pemacu semangat untuk menekuni dunia blogging. Pernah juga ada yang mengatakan kepada saya, apa yang saya omongin seperti “ta*ik” (maaf bahasa kurang sopan), tidak ada gunanya, buang-buang waktu. Dan masih banyak perkataan dan nada-nada sinis yang saya dapatkan saat mencerita tentang dunia blogging dan make money. Setelah sering  mendapat perlakuan tersebut, sekarang saya sudah berhenti sharing tentang dunia blogging dan make money blogging kepada orang lain secara langsung, hal ini tidak berlaku sesama blogger pastinya.

Karena perlakuan tersebut sempat memberikan rasa pesimistis, dengan segala keterbatasan yang saya miliki. Sampai sekarang hanya 3 orang penyemangat untuk selalu blogging yaitu (orang tua, adik kecil dan adik lainnya). Dari perkataan mereka, kalau bisa memberi manfaat untuk orang banyak di lanjutkan saja, masalah dapat uangnya atau tidak sudah di atur sama yang di Atas. Yang penting mendapatkan pahala.

Akhirnya saya memutuskan untuk menekuni dunia blogging, sebagai blogger pemula saya memulainya akhir tahun 2014 dimana saya memutuskan membuat blog berisi tips seputar dunia blogging, google adsense, bisnis online dan juga kesehatan sebagai minat saya.

Sebagai catatan dan penutup, jadikan hinaan orang sebagai pemacu, penyemangat untuk diri sendiri buktikan anda bisa, jangan pernah kembali kepada mereka, dan berbagi kepada yang membutuhkan. Terimakasih telah membaca sekecelumit kisah sedih saya sebagai blogger. Silahkan anda menanggapinya. Salam sahabat blogger.

kontributor

Penulis : Mujiburrahman
(Terverifikasi)
Address : Desa Gampong Pineung, Kota Banda Aceh, Provinsi Nangroe Aceh Darussalam
Facebook Muzzi Rahman
Google++Mu Zibur
TwitterMujib69
Website www.helozi.com

Ingin Berbagi Pengalaman Unik Anda di Internet? Kirimkan di Blog Juragan Cipir

26 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *