VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Pengalaman Belajar Membuat Artikel Berkualitas, Perlahan Tapi Pasti !

Hallo sobat juragan cipir semuanya. Kali ini saya akan berbagai pengalaman kepada teman-teman semuanya terkait tentang: “Belajar membuat artikel berkualitas”. Awalnya dulu waktu pertama kali ngeblog mungkin teman-teman dan saya sendiri pernah merasakan bagaimana sulitnya merangkai kata-kata menjadi sebuah kalimat yang efektif dan mudah dipahami oleh orang lain. Ujung dari ketidakpahaman dan kurangnya pengetahuan seputar dunia blogging terkadang membuat kita sulit berkembang. Namun tak perlu khawatir, sebab seiring dengan kemauan yang tinggi dan proses belajar yang terus-menerus maka ketidaktahuan kita akan bangkit menjadi sesuatu yang mudah diketahui.

Ngomong-ngomong tentang belajar membuat artikel berkualitas ternyata perlu tahap yang terus-menerus dan berkesinambungan. Selain itu, butuh kesabaran, ketekunan dan selalu berlatih untuk membuat kalimat-kalimat yang panjang dengan tingkat analisis yang tinggi.

Berikut ini cara saya belajar membuat artikel berkualitas, meskipun masih tahap amatir tapi saya pribadi masih terus belajar dan dengan senang hati mendapat saran dari teman semuanya.

Banyak Membaca dari Google, Koran, Majalah, Jurnal Ilmiah Ataupun Buku

Banyak informasi yang disajikan di dunia maya, apapun yang ingin kita cari kemudian diketikan di search google kemungkinan besar akan diperoleh beberapa sajian informasi menarik. Saya sendiri terkadang masih sering membaca tulisan-tulisan orang lain, sesama blogger, dan beberapa forum diskusi online seputar blog dan lainnya. Buku, koran, majalah, maupun jurnal ilmiah juga penting dibaca dan menjadi sumber referensi ketika kita menulis. Koran dan majalah, serta buku juga menyajikan tulisan bermanfaat dengan paragraf yang panjang-panjang,tentu hal ini akan memberi motivasi kita untuk bisa membuat karya tulisan yang panjang-panjang juga, kalau orang lain bisa melakukan itu kenapa kita tidak?

Banyak Berlatih, Orang Lain Bisa Buat Artikel Panjang Kenapa Kita Enggak?

Dulu waktu pertama kali membuat blog, menulis 300 – 500 kata saja sudah kerepotan dan membutuhkan oksigen dan waktu bermenit-menit, namun seiring dengan berjalannya waktu saya pribadi semakin senang menulis artikel yang panjang-panjang (inilah senjata saya untuk bersaing dengan artikel lain yang lebih dulu hits :D), artikel dibahas secara detail, dibutuhkan pengunjung dan pembahasannya lengkap !. Kenapa begitu? Sebab dari pengalaman saya sendiri, artikel yang dibuat secara lengkap, relevan dengan judul, padat, dibuat sesuai kaidah EYD Bahasa Indonesia yang baik dan benar tentu akan mudah ditemukan di halaman-halaman awal pencarian Google, dan alhasil pengunjung secara bertahap tapi pasti semakin ramai yang berkunjung ke blog kita, wow senang bukan artikel yang dengan susah payah kita ciptakan mampu dibaca oleh orang banyak dan bermanfaat? Dan inilah yang saya rasakan hari ini :D. Selain itu, dengan menulis artikel panjang kita akan semakin menjiwai apa yang kita tulis di blog sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain. Selain itu, kemampuan menulis yang rutin dan terus diasa secara bertahap, justu akan menemukan siapakah diri kita sebenarnya, dan tentu hal ini akan berdampak bagi kemahiran kita dalam mengetahui pola kerja apa yang harus diterapkan pada blog yang dimiliki agar berkembang secara pesat, perlahan tapi pasti !

Prinsip saya adalah, wajib membuat artikel original dengan panjang +1.000 kata atau bahkan lebih yang sering saya dokumentasikan pada website saya di: guruilmuan.blogspot.co,id. Di webblog saya inilah saya sering menulis berbagai macam unek-unek serta apa saja hasil pertanian yang ada di sekitar tempat tinggal saya. Terkadang saya juga harus direpotkan dengan menjadi seorang fotografer yang mondar-mandir mencari gambar original seputar tentang pertanian, atau bahkan mewawancarai orang-orang kampung yang sukses dalam dunia pertanian. Dari sinilah saya menemukan titik temu, sebuah niche blog (topik) yang super power memberikan saya pengetahuan dan pengalaman baru yang menyenangkan. Bagaimana dengan Anda?

Membuat Draft Judul-Judul Postingan di Blog

Saya selalu membuat setidaknya 2 -3 judul-judul postingan secara mendadak apabila dibenak otak saya ingin menuliskan sesuatu hal tapi waktunya belum cukup, lalu saya simpan dan dikoleksi pada folder “Draft blog”. Maka, Di folder daraft tersebut banyak judul-judul blog yang sudah ada, tapi isi/kontennya belum ada, akan tetapi jika kita suatu saat ada keinginan atau waktu luang maka secara perlahan kita cicil untuk mengisi konten di judul-judul yang ada pada draft tersebut. Maka akibatnya adalah dengan banyaknya judul-judul yang kita buat, maka ini akan memberi ruang motivasi untuk kita segera mengerjakannya. Dan saat ini, saya lebih senang “ngeblog” dengan sebelumnya mencari ide tentang judul apakah yang akan saya posting untuk hari esok? lalu judul-judul tersebut untuk sementara waktu saya arsipkan pada folder draft sebelum saya isi konten yang diinginkan.

Membuat Kerangka tulisan

Hal terpenting lainnya untuk belajar membuat artikel berkualitas adalah membuat kerangka tulisan. Kerangka tulisan mulai dari topik dan tema apa yang hendak kita sajikan sampai penguasaan materi dan penarikan kesimpulan. Seiring dengan latihan menulis yang terus-menerus, saya yakin Anda dapat membuat kerangka tulisan yang menarik, relevan, dan disukai pengunjung.

Jika Bosan, Cari Motivasi dari Penulis Lain

Saya termasuk orang yang mudah bosanan. Sudah ada ini pengen ada itu, dan seterusnya. Dan hal ini juga terbawa ketika saya sedang menulis. Kadang ketika bosan menulis, saya selingi dengan membaca-baca forum yang mengulas tentang penulisan artikel dan sebagainya, atau sekedar menengok blog juragancipir,hehe. Saya juga suka sekali dengan blog mbak juragancipir.com, seorang ibu rumah tangga tapi hobi nulis di blog yang jujur saya sendiri tidak menemukan seorang ibu-ibu yang nongkrongnya dengan anak muda seperti kita-kita ini 😀

rp_Foto-Gue-Tuk-Wisuda-200x300.jpg

Oke demikian tulisan singkat saya tentang: “belajar membuat artikel berkualitas, perlahan tapi pasti“. Any time, insya Allah saya akan menulis kembali di blog mbak Indri ini tentang: ” 5 Orang Motivator Ngeblog Saya Saat Ini”, kira-kira siapakah mereka-mereka itu?

Jangan lupa baca juga ulasan saya tentang: Kiat Memperbaiki KUALITAS KONTEN Pada Sebuah Blog/Website Untuk Menjadi BESAR

5 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *