VPS Hosting MurahWebsite Ini Dalam Perlindungan Allah SWT

Pelanggaran Hak Cipta Yang Harus Anda Waspadai Di Youtube

Halo juragan… Anda seorang Mitra Youtube? Anda mencari uang adsense di youtube? Silakan teman-teman baca pengalaman saya berikut ini.

Jika anda bermain adsense di blog, maka kita harus mematuhi kebijakan program yang diterapkan untuk adsense blog. Namun bagaimanapun juga, terkadang kita masih saja tersandung pelanggaran kebijakan meskipun kita telah berhati-hati.

Begitu juga dengan bermain adsense di youtube atau menjadi mitra youtube. Kita harus mematuhi kebijakan-kebijakan yang diterapkan di adsense youtube. Jika kita tersandung pelanggaran disana, maka bisa saja kita terdepak dari mitra youtube. Sehingga youtube akan berhenti mengalirkan uang ke saku anda selamanya.

Apa saja pelanggaran-pelanggaran yang sering terjadi di youtube?

Banyak. Biasanya mitra melanggar pedoman komunitas youtube dan melanggar hak cipta. Kalau pedoman komunitas di youtube tentunya kita sudah tahu, misalnya kita tidak boleh mengupload video yang tidak pantas dilihat bersama keluarga dan sebagainya.

Namun untuk pelanggaran hak cipta, hal ini jarang kita ketahui dan kita sadari. Kita merasa membuat konten sendiri dengan kamera tanpa mengambil klip dari video milik orang lain, tetapi bisa saja kita terkena teguran hak cipta yang berakibat memperburuk reputasi akun kita di youtube. Bahkan bisa saja kita dibanned dari youtube.

Apa pelanggaran hak cipta yang jarang kita sadari?

Misalnya, kita merekam suatu kejadian unik atau momment langka, lalu kita upload di youtube. Tetapi di dalam video rekaman kita tersebut terdengar potongan lagu berhak cipta yang berasal dari momment yang kita rekam. Maka hal ini akan membuat kita terkena teguran hak cipta.

Dan masalah seperti ini baru saja saya alami. Saya mendapat teguran hak cipta karena saya baru saja mengupload rekaman karnaval peringatan HUT RI, dimana disitu terdapat pawai orang-orang berjoget ria dengan iringan musik lagu india berhak cipta. Padahal musik tersebut hanya sepotong saja, sekitar 20 detik, namun sistem google mendeteksi ada potongan konten audio berhak cipta milik orang lain.

Akibatnya? Saya terkena teguran hak cipta. Dalam hal ini, pemilik hak cipta menggunakan Content ID untuk mengidentifikasi dan melacak karyanya yang diambil oleh orang lain. Jadi seketika itu di video saya terdapat iklan adsense milik orang lain serta ada pemberitahuan teguran hak cipta disampinga, dan akhirnya saya hapus saja.

Namun beruntung akun saya tidak terdepak dari mitra youtube karena si pemilik hak cipta mengijinkan karyanya digunakan orang lain dengan syarat ia menitipkan iklan adsense di video miliknya. Akan tetapi bagaimanapun juga kejadian ini telah menjadi catatan buruk bagi akun saya di google meskipun saya sama sekali tidak bermaksud melanggar karya orang lain.

^^ Nah, dengan pengalaman saya di atas teman-teman tentunya bisa memetik pelajaran. Salam sukses dengan youtube anda semoga video anda terus mengalirkan uang ke kantong anda tanpa henti. Jangan lupa baca juga Cara Video Unik Youtube Mendapat Jutaan Tayangan Dengan Cepat.

36 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *