Pedoman Cara Penempatan Iklan Adsense Terbaik

Halo juragan… Jika anda seorang publisher google adsense, sebaiknya anda menyimak tips trik berikut ini agar kita bisa memaksimalkan/ mengoptimalkan pendapatan atau penghasilan/ earning adsense. Jika anda pembaca non publisher juga boleh menyimak untuk menambah wawasan, siapa tahu anda nanti membutuhkannya.Berdasarkan cara pengguna membaca artikel di blog kita, iklan di sebelah kiri (baik di sidebar maupun di area postingan) akan lebih efektif jika dibandingkan dengan iklan di sebelah kanan. Karena bagian kiri merupakan fokus utama dalam aktivitas membaca.

Mengapa?
Coba perhatikan ketika anda sedang membaca sebuah blog atau website. Saat kita memulai membaca, mata kita akan mencari titik fokus pertama pada awal kalimat yang terletak di sebelah kiri paling atas. Kemudian berjalan ke kanan hingga jatuh pada baris kedua, dan seterusnya. Setelah selesai paragraf pertama, maka kita akan mulai menemukan irama membaca yang sebenarnya.

Pada saat seperti itu, mata pengguna akan mulai terpaku di sebelah kiri. Kemudian melirik ke kanan untuk membaca kalimat berikutnya hingga jatuh pada baris berikutnya lagi. Dan begitu seterusnya.

Jadi, tumpuan mata pengguna akan bersandar di artikel sebelah kiri, sedangkan artikel di sebelah kanan hanya akan mendapat lirikan saja. Nah, hal inilah yang membuat iklan di sebelah kiri lebih dekat dengan fokus perhatian pengguna jika dibandingkan iklan di sebelah kanan, sehingga lebih efektif untuk di klik.

Apakah hanya iklan di sebelah kiri saja yang efektif?
Tidak. Ada juga iklan yang lebih efektif di sebelah kanan daripada di sebelah kiri. Ada tumpuan lain yang menjadi perhatian mata pengguna. Coba perhatikan kedua gambar di bawah ini.

Kedua gambar ini adalah posisi penempatan iklan adsense terbaik yang telah diuji static dalam berbagai studi kasus oleh google.

    GAMBAR 1

    GAMBAR 2

[image by google]

Pertanyaannya adalah;

* Mengapa iklan di area artikel pada gambar nomor 2 ditempatkan di sebelah kanan? Mengapa tidak ditempatkan di sebelah kiri saja seperti pada gambar nomor 1.

* Bisakah anda menangkap maksud dari kedua gambar di atas ini? Pertanyaan ini akan terjawab jika anda memahami pentingnya peranan navigasi di sidebar pada sebuah website.

Navigasi blog atau website merupakan “area panas” yang menjadi salah satu pusat perhatian pengguna selama mereka berada di situs anda. Pengguna akan mencari navigasi setelah mereka membaca sebagian maupun membaca keseluruhan artikel di halaman anda. Pengguna yang tadinya hanya mencari satu informasi di mesin pencari akhirnya akan mendapat banyak informasi karena adanya navigasi di blog anda. Artikel yang tadinya tidak dicari oleh pengguna akhirnya akan mereka baca karena terlihat di navigasi.

Oleh karena itulah google menyarankan agar iklan anda yang ada di samping artikel sebaiknya ditempelkan di dekat navigasi di sidebar sebelah kanan seperti pada gambar nomor 2. Meskipun menurut anda mungkin iklan di sebelah kiri lebih efektif, namun navigasi merupakan area panas yang menjadi perhatian pengguna selama mereka berada di rumah anda. Iklan yang berdampingan dengan navigasi di sidebar kanan akan lebih efektif jika dibandingkan dengan iklan di sebelah kiri yang jauh dari navigasi.

Namun, antara iklan dan navigasi adalah dua bagian terpisah yang harus mudah dibedakan oleh pengguna, dan itu merupakan kebijakan penempatan iklan di program adsense. Jika pengguna mengira bahwa iklan tersebut adalah bagian dari navigasi karena penempatan anda yang menyesatkan, maka google akan mengambil tindakan tegas dengan menonaktifkan situs dan bahkan akun adsense anda.

Selain di dekat navigasi, penempatan iklan terbaik adalah di bawah postingan jika situs anda berbasis artikel. Iklan di bawah postingan akan menyala di hadapan mata pengguna ketika mereka selesai membaca artikel. Ketika selesai membaca, pengguna akan berpikir sejenak dan bertanya dalam hati tentang artikel mana lagi yang ingin mereka baca. Pada saat seperti itu, iklan dibawah artikel akan menjawab pertanyaan mereka.

Kesimpulan:
Masing-masing blog atau website memiliki metode penempatan iklan terbaik berdasarkan tata letak desain mereka. Dan yang terpenting adalah kita bisa memahami dimana tempat di situs kita yang paling strategis dan efektif bagi iklan kita, serta tidak mengganggu dan membingungkan atau menghalang-halangi pengguna selama berada di blog kita. Dengan menawarkan navigasi yang jelas, pengguna bisa menikmati informasi di blog kita, dan kita bisa mengharapkan apa yang kita inginkan dari mereka. Sehingga keduanya bisa saling memberi manfaat.

Demikian informasi kali ini yang dapat saya bagikan. Tips pedoman penempatan iklan paling efektif di atas mungkin bisa menambah pemahaman bagi kita semua, dan tentunya agar memudahkan kita untuk menaikkan pendapatan google adsense. Semoga bermanfaat.

Berikutnya>> Cara Memaksimalkan Pendapatan Adsense Dengan Ekstensifikasi Blog

Bagikan:
55 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.